Anak Ayam

Pertanyaan: Ada berapa ekor anak ayam pada gambar diatas?😀

Saat berkunjung ke blog The Green Pensieve, aku membaca tulisan yang berjudul Keluarga dan Kekeluargaan. Pada gambar  yang ditampilkan, menunjukkan seekor induk kucing yang sedang membiarkan anak-anaknya makan makanan yang diberikan oleh Mbak Thia. 

Aku jadi teringat sebuah gambar yang pernah kuambil beberapa waktu lalu, saat berada di halaman samping. Waktu itu aku sedang memberi makan ayam-ayam peliharaan omku. Tampak sang induk memanggil-manggil anak-anaknya sambil mematuk-matuk wadah makanan. Kemudian mereka makan bersama.

Mungkin ada perbedaan antara kucing dan ayam. Kucing membiarkan anak-anaknya makan terlebih dahulu, entah apakah perutnya lapar atau tidak. Sedangkan induk ayam memanggil-manggil anaknya agar mereka dapat makan bersama. Pada dasarnya, kedua induk tersebut sama, melakukan yang terbaik untuk anak-anak mereka.

Dalam kehidupan manusia, ada hal yang pernah kudengar dan membuatku merasa sedih. Pernah suatu ketika, ada orang tua  yang menyembunyikan makanan lezat dalam lemari, sehingga anak-anaknya tak dapat turut menikmati. Bahkan ada yang pergi makan diluar hanya berdua, suami dan istri saja. Sang anak tak diajak, pun tak dibelikan oleh-oleh.

Betapa beragamnya sikap manusia. Ada yang begitu sayang kepada anak-anaknya sehingga rela makan makanan sisa, sedangkan anaknya diberikan makanan terbaik. Namun tak jarang pula yang begitu pelit terhadap anak-anaknya. Setiap hari anak hanya diberikan mi instant yang sangat kurang kandungan gizinya. Orang tua gemuk dan anaknya kurus-kurus.

Semoga kita semua bisa lebih bijak dalam menjalani kehidupan sebagai manusia. Jangan sampai kecintaan kepada anak, kalah dengan kecintaan kucing/ayam terhadap anak-anak mereka.

Selamat berakhir pekan, Sahabat.

Diriku masih harus bertugas pada Minggu sore ini.:mrgreen:

45 thoughts on “Anak Ayam

  1. alhamdulillah, orang tau dhe selalu memberikan yang terbaik untuk dhe kak.. selalu memberikan makanan2 yang hmmm yummy.. itulah kenapa ibu dhe selalu ngeluh kalo ngeliat dhe kurus gini, takut ntar ada orang yang bilang kalo dhe kayak tidak pernah dimakan saja.. hahahahaa, padahal emang dasarnya kurus.. yaa mo gimana lagi, udah makan banyak juga tetep aja kurus..😀

  2. iya sih mba…
    cuma kalo dikeluarga saya pasti selalu didahulukan untuk orang tua, misalnya ada makanan, bapak saya belum pulang..pasti disisihkan dulu untuk beliau, baru kemudian anak-anaknya yang makan..:)

  3. Ada sepuluh anak ayam yaa?? kecuali kalo yang ayam kecil itu udah beranak juga. hehehe,

    wah saya kurus.. brarti kurang makan ya?.😛

    kalah sama ayaam. hahaha

  4. wah…kalo aku dulu suka ngasih makan merpati…suasananya sma akrabnya deh, ku panggil dg suara jagung yang menggema di kaleng biskuit, duuhh…kangen beternak😦

  5. akyuuuu protessss…
    gak semua lhoo yang ortunya gemuk dan anaknya kurus itu makannya dibedain. hehe
    seperti fathan azizah kurus2 begitu doyan sekali makan, seharian bisa 6porsi.
    tapi kak apa mungkin cacingan yak… .hiyyy oh no

  6. Yah orang tua yg menyembunyikan makanan enak dari anak-anaknya atau malah pergi berdua saja untuk menikmati makanan enak sementara anak-anak ditinggalkan “ngeces”, menurutku ada sesuatu yg “sakit” pada orang tua seperti itu. Kecuali mereka melakukannya demi menjaga keseharan anak-anak, misalnya anak2 yg sudah kelewat gemuk, makanan memang harus dibatasi

  7. hmm, bisa dijadikan pelajaran yah tingkah laku mereka, yg bisa diambil ya rasa akurnya, rasa sayangnya ibu ke anak2nya, 2 poin itu saya rasa udah mewakili semua himah, hohoo

    hmm, semoga selalu lebih baik😉

  8. Betul kak …
    banyak saya masih melihat …
    Bagian makanan yang paling enak untuk Bapaknya …
    sementara bagian lain yang kurang enak dagingnya untuk anak-anaknya …

    semoga kita semua bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak (termasuk dalam hal makanan)

    salam saya Kak

  9. waah jaga sampe malem nggak Kak? besok libur dong dirimu? hihihi…😀

    iyah betul…Allah memberi contoh kepada manusia lewat makhlukNya yg lain ya… pelajaran yg berharga ya Kak bagi orang yg memperhatikan..😀

  10. Jadi inget supir kantor dulu, setiap diajak makan enak pasti ga mau, kalau dipaksa makannya pun ogah2an, ketika saya tanya kenapa bersikap begitu, rupanya setiap melihat makanan yang enak2 itu, katanya dia teringat sama anak istri di kampung, yang entah makan entah tidak, karena gaji yg dia kirim ‘kan pas2an.
    ah, terharu saya mendengarnya, betapa mulia hati bapak ini, padahal tidak dapat dipungkiri banyak juga orang tua yang boro2 inget sama anaknya kalau makan enak diluar
    dalam hal ini, termasuk lho bapak2 yang mentingin beli rokok ketimbang beli lauk bergizi untuk anaknya dirumah hiks ….

  11. waa.. jadi ingat mama yang selalu ngasih makanan terbaik yang beliau punya😦
    kalau anaknya masih suka perhitungans ama mamanya😦 *nunjuk diri sendiri*

  12. Suka deh sama postingan kaakin yang ini

    Kalo gw, suami, anak, nyokap, semua amkan makanan yang sama, di tempat yang sama. Kadang ajah waktunya berbeda karena misalnya gw sebagai emak2 menyusui pengen makan duluan sedangkan Ayah Double Zee tar dulu coz belom laper🙂

  13. Ada 10 ekor anak dan 1 induknya, bener nggak, Kak?😀
    Orang tua saya alhamdulillah perpaduan ayam dan kucing. Tiap waktu makan, kami keenam anaknya dipanggil untuk makan bareng dan dipersilakan makan duluan, habis itu baru kedua orang tua saya.
    Sesuatu yang sekarang sedang saya tiru untuk anak saya ^_^

  14. Iya ya Ka, kadang ada yg begitu, yg enak bin lezat disimpan untuk orang tua, anak2 ya seadanya aj hiks hiks. Untunglah di keluarga ga gitu, makanya subur makmur nih hihihihihi

  15. Ayam aja bisa cinta kayak gitu sama anaknya mosok kita gak bisa lebih ayam hehe,,tapi Kak yang namanya makan bareng itu asyik lo, meski gak ada lauknya, saya sudah 5 thun lebih makan bareng sama teman² pesantren, meski gak berlauk tapi enak poul…

  16. basic instinct ortu biasanya akan mengutamakan kesejahteraan dan kecukupan anak-anaknya dulu..Ibu saya akan bangun lebih cepat dari seisi rumah, tidur paling terlambat. Kemudian makan setelah anak-anaknya cukup…great story..g’luck ya

  17. Saya pernah baca berita, ada anak yang gizi buruk akibat tidak pernah makan makanan bernutrisi, padahal orang tuany bukan orang yang kekurangan.

  18. semoga saja kebiasaan mendahulukan makanan yg terenak bergizi hanya utk si bapak saja, sudah gak ada lagi sekarang ya Kak

    jadi, anak2 juga ikut merasakan lezatnya masakan ibunya sekaligus mendapat gizi yang terbaik 🙂
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s