Pendadaran Adalah…

Tahapan akhir yang harus dilalui oleh mahasiswa sebelum kelulusan adalah ujian pendadaran. Saat aku kuliah diploma III dulu tidak ada pendadaran, jadi ujian ini lumayan membuatku berdebar-debar juga. Ingin rasanya cepat lulus, karena aku sudah tertinggal dari teman-teman seangkatan. Mereka sudah duluan wisuda di Bulan Desember yang lalu. Ini nih efek lambat revisi dan terlalu banyak termenung di depan laptop.😀

Apa sih ujian pendadaran itu?

Saat gugling, aku menemukan di sini dituliskan bahwa “Pendadaran adalah ujian lisan yang dilakukan untuk mengevaluasi skripsi. Ujian pendadaran terdiri dari ujian skripsi dan ujian komprehensif“. Wuih… kalau komprehensif, artinya harus belajar banyak hal-hal di luar skripsi.

Jadwalku untuk maju ujian sidang adalah Selasa kemarin, tanggal 12 Januari 2016. Yang kulakukan sebelum maju adalah sibuk di dapur, nyiapin jar cake dan chicken katsu untuk dosen penguji. Saat maju ujian jadi lebih besar pasrahnya, karena sebelumnya aku tidak fokus belajar. Daaan… saat pelaksanaan, agak menyesal juga, karena aku tidak dapat menjawab dengan mulus beberapa pertanyaan dosen terkait jurusan yang kuambil.

Tapi ya sudahlah. Yang terpenting adalah apa yang diumumkan oleh dosen sesudah ujian pendadaran. Dosen Pembimbing 1 mengucapkan:

“Ibu Mariatul Kibtiah kami nyatakan lulus, dengan revisi.”

Alhamdulillah, walaupun masih ada masukan dosen yang harus ditambahkan pada skripsiku, aku sudah sangat bersyukur karena proses ini telah (hampir) menemui ujungnya. *ngelap air mata dan ingus

Satu hal yang kusimpulkan dari proses kuliahku dari awal hingga akhir, kalau pengen cepat lulus, mesti rajin. Kalau skripsi cuma dipandangi, gak akan kelar. Mesti dikerjain! Dan kalau bisa sih jangan sampai tergoda oleh deramah koreah. *nundukmalu

8 thoughts on “Pendadaran Adalah…

  1. selamat ya mbak, kelar deh satu tugas berat hehehe….
    Iya, jaman saya kuliah di jogja dulu, istilahnya juga pendadaran.
    Jaman kuliah di bandung, istilahnya sidang
    sekarang di malang, saya nemu istilah ujian kompre

Leave a Reply

