Sarung Samarinda

Perhatikanlah model di bawah ini.

Modelnya tampak gagah, bukan? *uhuk

Fokus adalah pada sarung yang dikenakan oleh Pakdhe. Sebuah sarung dengan motif khas yang menarik. Sarung tersebut adalah sarung Samarinda.

Sarung Samarinda merupakan kerajinan yang dihasilkan oleh warga di sekitar Gang Pertenunan, Kelurahan Mesjid, Samarinda, Kalimantan Timur. Hanya berjarak beberapa ratus meter dari rumahku. Kemasyhuran sarung Samarinda juga sampai ke kalangan pejabat tinggi negara, termasuk Sukarno-Hatta. Pemilik showroom yang kukunjungi mengatakan bahwa ada motif tertentu yang paling disukai oleh Pak Hatta. Sampai-sampai motif tersebut diberi nama ‘belang Hatta’.

Sarung Samarinda dengan ‘belang Hatta’. Gambar dari sini.

Kalau yang ini, motif sari pengantin😀 Gambar pinjam disini.

Sebenarnya ada banyak motif sarung Samarinda dengan warna yang beragam. Namun yang paling kusuka aadalh kedua motof diatas🙂

Sarung Samarinda ini ada yang terbuat dari sutra cina dan ada pula yang bukan dari sutra. Biasanya ditenun dengan menggunakan alat tenun yang terbuat dari kayu dengan ukuran yang besar dan ada pula yang berukuran kecil.

Ini disebut alat tenun ‘bola-bola’ (rumah-rumah). Gambar dari sini.

Sebenarnya sarung Samarinda ini sangat digemari oleh masyarakat. Namun kini telah banyak bermunculan sarung Samarinda tiruan yang bukan asli buatan pengrajin yang ada di daerahku. Tentu saja sarung tiruan tersebut dibuat oleh mesin. Karena itu, setiap kali membeli sarung Samarinda sebagai hadiah untuk para sahabat, aku selalu langsung membelinya di showroom pengrajin yang berada di luar Gang Pertenunan yang insya Allah terjamin keaslian sarungnya😀

Menurutku sarung juga merupakan pakaian nasional, artinya hampir seluruh daerah di Indonesia mengenal sarung. Hanya motif dan (mungkin) bahan tenunan yang berbeda-beda. Setauku, hampir setiap keluarga di kampungku memiliki minimal sehelai sarung Samarinda, meskipun bukan yang sutra. Disamping harga sarung berbahan sutra yang cukup mahal, sutra juga tidak dapat digunakan untuk sholat.

Selain untuk sholat, penggunaan sarung biasanya mencakup banyak hal. Misalnya pada acara khusus seperti prosesi akad nikah di kampungku, umumnya mempelai pria mengenakan sarung Samarinda. Apakah wanita juga mengenakan sarung ini? Ya. Biasanya sarung digunakan untuk mengganti bagian bawah mukena (rok). Sarung diikat kuat-kuat, supaya nantinya tidak lepas saat melakukan gerakan sholat😀

Waktu aku kecil dulu, bagian bawah mukena selalu menggunakan sarung🙂 Gambar pinjam disini.

Untuk masalah harga, sarung Samarinda yang terbuat dari sutra asli seharga minimal Rp 2o0 rb. Mahal banget kan. Lagi pula, perawatannya lumayan sulit. Karena itu aku lebih memilih yang lebih murah, bukan sutra dan perawatannya jauh lebih mudah🙂

Dan ini bagian pentingnya…

Aku masih punya 3 lembar kain sarung Samarinda. Apakah Sahabat tertarik untuk memilikinya? Atau ingin tampil gagah seperti model pada foto pertama diatas? Yuk, silakan nantikan pengumuman pada postinganku selanjutnya (insya Allah)😀

44 thoughts on “Sarung Samarinda

  1. ciyeeeh.. pakdhe pake sarung samarinda juga toh?. Iya loh, sarung samarinda tuh emang kalo yang aselinya mahal.. tapi bukannya kalo dari sutera nggak boleh dipake sama cowok ya?.

    waah mauuu- mauuuu sarung samarindanya.. hahaha.. *berikrar pada diri sendiri untuk lebih sering bewe*

  2. mau…………. mau………….. dong Kak
    (langsung daftar jadi kandidat sambil berdoa mudah2an dpt sarung ini dr Kakaakin) 🙂
    sarung samarinda ini memang sangat okeh🙂
    dan, ternyata ada macam2 motif dgn ciri khas sendiri2 ya Kak
    kalau di ranah minang sarung biasanya dinamakan juga kain pelekat Kak
    salam

  3. Mauuuuu…
    kmrn ci Aa beli sarung (yg katanya) samarinda Ka, tapi motifnya ga sama kek yg dipajang disini, buat dikasih ke para Ayah saat lebaran nanti😀

  4. Sarung samarinda memang sangat terkenal Kak …
    saking terkenalnya sampai banyak tiruannya

    saya tidak tau yang saya punya itu yang tiruan atau yang asli …

    Nanti kalau saya ke Samarinda, saya pengen minta ditunjukin Kakaakin yang asli aahhh …

    Thanks Kak

  5. haduuuh mbaaaa…tau gitu saya nanya sama kakaakin nih…
    baru aja saya beli Sarung Samarinda di Citra Niaga, merek MKS…
    lumayan buat oleh-oleh…
    tapi yang paling terkenal dari sarung samarinda itu wanginya mba kalo digosok-gosok :bener gak yah?:

    btw, pakdhe gagah yah pake sarungnya…

  6. Saya sekeluarga mengucapkan selamat atas Milad Kakaakin.
    Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan karunia-NYA kepada Kaka, panjang umur,sehat,sejahtera dan bahagia lahir batin yang ditopang oleh keimanan dan ketaqwaan yang kokoh-kuat.
    Semoga janur kuning segera berkibar melambai-lambai di depan rumah. Amiin

  7. Saya barusan pesan sama keluarga sarung samarinda 2 lembar harganya w bh skitar 250 keatas cuma saya heran juga apakh asli atw tidk karena d.bungkusnya hanya ada potocopyan cara merawat, kata kluarga saya dia beli d daerah citra niaga, ada kh Ɣªňƍ tiruan, bgaimana cranya membedakan Ɣªňƍ asli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s