Ngeblog adalah Sarana Belajar Menulis

Setelah hampir 3 tahun bergelut di dunia perblogan, barulah aku memahami benar makna ngeblog bagiku. Kurasakan baru beberapa bulan belakangan ini aku menemukan ‘passion‘-ku. Selain curhat masalah keseharian, atau berbagi tentang berbagai informasi yang kuketahui, ternyata aku bisa belajar menulis.

Mengapa harus memakan waktu selama 3 tahun? Kemarin-kemarin kemana saja?😀

Entah karena pikiran yang baru terbuka, atau memang selama ini belum menemukan sesuatu yang membuat hati tergerak. Mungkin ini hanya terjadi padaku, mungkin juga terjadi pada perempuan lain. Usiaku kini sudah jauh dari kata ABG, namun tak ada kata terlambat dalam hal belajar.

Fiksi. Akhirnya aku menemukan keberanian untuk bergelut dalam dunia kepenulisan fiksi. Meskipun masih dalam tahap awal, namun itu merupakan sebuah prestasi bagiku. Mengingat dulunya tak ada atau hanya satu dua karya utuh yang pernah kubuat.

Ngeblog membuatku menemukan blogger-blogger lain yang memiliki ‘passion‘ yang sama denganku. Bukan hanya satu dua, namun banyak. Aku belajar banyak dari mereka. Ada lagi, beberapa blog kerap mengadakan semacam lomba kepenulisan yang bisa kuikuti sebagai ajang pembelajaran.

Lagi-lagi aku terheran-heran pada diri sendiri, seolah-olah aku baru tahu tentang keberadaan situs atau blog yang menginformasikan adanya kesempatan untuk bersaing dalam hal menulis. Apakah karena selama ini aku terlalu terlena dengan drama Korea yang menyita perhatian dan waktuku? Aku sangat bersyukur, kini minatku telah bergeser dari drama Korea ke kegiatan tulis menulis.

Sahabat-sahabat penggemar dunia kepenulisan yang banyak dijumpai di dunia perblogan, menjadi sahabat yang menemani, membimbing atau mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan. Rasanya menjadi seorang blogger adalah salah satu hal yang patut amat sangat kusyukuri dalam hidupku.

______________________

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Ngeblog di Mata Perempuan yang diselenggarakan oleh EmakBlogger.

56 thoughts on “Ngeblog adalah Sarana Belajar Menulis

  1. udah 3 tahun ngeblog tapi masih belum kepikiran sampe kesana mbak.. heehehe.. yang pasti sih sekarang ngeblog untuk hobby dan berbagi informasi sekaligus menjadi catatan yang kelak pasti akan tersenyum jika dibaca ulang mungkin dalam waktu 10-15 tahun ke depan..😀

  2. wow, sering ikut lomba yah mbak? saya tahun 2008 kenal blogspot, pernah juga ikut lomba sebanyak 4 kali dan tak pernah menang,hehe..tp nggak apa apa, yang penting tanpa disadari saya belajar banyak dari ngeblog dan hasil yang bru bisa saya dapatkan dari menulis diblog adalah tulisan pernah terbit dikoran harian lokal 4 kali dan tabloid 1 kali, klo tidak pernah latihan nulis diblog, mungkin hal tsb tak kan pernah terwujud, tulisan bisa masuk koran.

    Trus, sisi positif yang saya dapatkan, selain banyak teman, dari kegiatan ngeblog secara tidak langsung juga diajarkan cara mencari peluang pasar yang include dalam keywoard untuk kepentingan bisnis dan dapat recehan dari ngeblog, hehee jadi ngelantur, salam kenal aja mbak, sepertinya kita teman sejawat.

  3. Dengan ngeblog kita belajar pendewasaan diri, karena kita hidup bukan sendiri, masih ada orang lain di sekita kita yang lebih dari diri kita, sukses mbak..kali ini saya diem aja karena ngak bisa ikutan heee

  4. yaah.. (meski telat & ga bisa ngikut lombanya), saya tetap bersyukur, bahwa dengan nge-blog saya mendapat banyak sekali manfaat. bukan sekadar perintang waktu, tetapi juga ajang mengekspresikan diri

    ==> menulis = proses terapi jiwa, so ngeblog = proses terapi jiwa (juga) <==

    SUKSES untuk GA-nya, Mbak:mrgreen:

  5. Selain untuk mendokumenkan peristiwa yg kita alami, ngeblog memang bisa jadi sarana belajar yg cukup efektif.
    Semoga kita tak pernah berhenti, selama masih ada kemampuan.
    Salam Mbak…

  6. kita patut bangga menjadi blogger mom, tentunya dari para ibu lah kasih sayang hadir, dan jika menyandingkan pesan melalui tulisan, itu akan menjadi kekuatan yang lebih dahsyat. gutlak kontesnya ya Ka

  7. Numpang promosi ya mas…

    http://www.clixsense.com/?3540903

    Clixsense.com merupakan salah satu bisnis online yang membayar membernya untuk melakukan klik pada iklan yang disediakan. Banyak PTC yang scam namun untuk yang satu ini merupakan situs PTC yang legit alias terbukti membayar.
    Daftar gratis, gag rugi untuk di coba.
    Bagi yang ingin mendaftar silahkan klik link nya dan daftar. Terima kasih atas perhatiannya ..

  8. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Akin…

    Salut ya, sudah 3 tahun. Malah senang bisa punya teman blogger seperti mbak dan tentu sekali banyak belajar dari cara fikir mbak yang semakin mantap gaya tulisnya.

    Blog memberi inspirasi buat kita untuk semakin matang berfikir dan semakin mahir menulis malah mendewasakan kita dengan ide-ide yang berkembang dari cernaan kata teman blogger yang hadir ke blog kita.

    Semoga sukses dalam kontesnya EmakBlogger.😀

  9. Semoga dari pergeseran larut dalam drama korea menjadi gemar menulis dapat memberikan hasil
    suatu saat nanti tulisan-tulisan tersebut dapat menjadi naskah sebuah drama yang panjang dan menarik

  10. Bagi saya, ngeblog merupakan sarana menulis yang lebih umum. Maklum pekerjaanku menuntut tulisan berbau analisis, sehingga saat awal ngeblog rasanya sulit sekali…bahkan tulisan yang paling ringanpun katanya masih terlalu analisis.

    Sebetulnya ada beberapa teman yang ngajak bikin buku, tapi saya belum pede, apalagi bukunya serius, artinya harus banyak daftar pustakanya. Kalau soal fiksi, saya menyadari, saya tak berbakat untuk soal yang satu ini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s