Makan Durian di Kota Samarinda

Perlahan namun pasti, tukang durian mulai marak bermunculan di Kota Samarinda. Memang belum sebanyak jika sedang musim durian. Durian yang dijualpun masih didatangkan dari luar Kaltim, kebanyakan dari Sulawesi. Rasanya tak lengkap bila aku tidak membuat tulisan tentang durian, seperti tahun kemarin๐Ÿ˜€

Salah satu tempat di Kota Samarinda yang biasanya banyak penjual duriannya adalah di sepanjang tepi sungai mahakam (Tepian). Puluhan tukang durian yang berderet menarik minat pembeli untuk singgah, namun cenderung membuat macet karena banyaknya kendaraan yang parkir tak beraturan di pinggir jalan.

Kini tukang-tukang durian di tepi sungai mahakam itu mulai ditertibkan dan dilokalisir menjadi satu tempat, namun tetap di tepi sungai juga, tepatnya di ruas Jl. Slamet Riyadi di samping arena panjat tebing. Lokasi parkir juga disediakan di areal ini. Oiya, jika Sahabat pernah menyaksikan infotainment, Anang dan Ashanty kemarin sempat mampir untuk makan durian di tempat tersebut.:mrgreen:

Sedangkan pada bagian lain Kota Samarinda, ada juga tersebar tukang durian di ruas-ruas jalan tertentu. Yang cenderung selalu ada pada setiap penjual durian adalah tulisan ‘Rp 5000’ pada selembar karton atau plywood. Jangan TERTIPU! Tentu saja harga ini bukan dimaksudkan untuk harga setiap buah duriannya. Namun harga itu ternyata hanya untuk durian yang ukurannya kecil sekali, atau mungkin durian yang sudah layu.๐Ÿ˜€

Hari ini saat pulang kondangan, aku mampir membeli durian yang nggak jauh dari tempat undangan. Tempat penjual durian yang aku datangi ini hampir setiap hari aku lewati saat menuju tempat kerja. Namun baru berani mampir karena mumpung masih tanggal muda, hahaha…๐Ÿ˜†

Kata tukang durian: “Saya saja yang memilihkan, dijamin pasti bagus duriannya”๐Ÿ™‚

Sempat keder juga saat kutanya-tanya berapa harga durian yang dijual. Ada yang 3 atau 4 buah seharga Rp 100 ribu. Aku nggak berani menanyakan berapa harga durian yang besar banget. Aku yakin pasti mahhhall๐Ÿ˜€ Aku memilih durian yang lebih kecil, ternyata harganya Rp 50 ribu untuk 3 buah. Kucoba menawar, bahkan sudah memasang senyum yang lebih manis dibanding senyumku di foto badge peserta Kecubung 3 Warna, hanya berhasil sampai Rp 100 ribu untuk 9 buah durian yang berukuran tak seberapa itu. Tak mengapalah, menurutku sudah lumayan๐Ÿ™‚

Asyiiikk… Alhamdulillah… Akhirnya ada durian party lagi๐Ÿ˜€

36 thoughts on “Makan Durian di Kota Samarinda

  1. huwaa… Akin, bagi duriannya dong…๐Ÿ˜€
    susah cari durian disini, kalo ada malah rasanya hambar gak ada manis-manisnya๐Ÿ˜ฆ
    sebutir durian harganya paling murah aja 30 ribu, belum tentu manis huhuhu…

    Haduh, Mah… jangan sampai ketipu tukang duren lagi deh…

  2. Anag dan Ashanty ke Balipun makan durian, he..he… infotainment banget

    foto tukang durian kali ini tak bisa lagi ditukar dengan wajah gayus :D

    haha... ternyata memang hobi makan durian mereka. *jadi nggosip* :D
    Kali ini tampak punggung saja, Mbak :)

  3. jdi inget waktu itu…

    iklanya sama Rp 5000 per buah, ternyata utk durian kecil yg masih ijo dan belum wangi…

    dan yg bagus harganya ndak kira2…

    80-90 ribu…

    wah, ndak jadi beli…!!!

    Hehe… mendingan beli ayam bakar ya… bisa dimakan satu keluarga…๐Ÿ™‚

  4. durian… nyummy….
    the first time, sy pernah bareng teman pengen durian party di tempat jualannya lgsg. tapi setelah muter2 di pinggiran tepian kok gak nemu, akhirnya kami makan jagung rebus aja di sana.curiga direlokasi, tapi dimana blm tau. ternyata….sdkt lagi sbnrnya nemu, d tepian dkt arena bermain anak2..hmfft…
    skrg jadi kepengen lg…

    Iya tuh, di samping masjid karang asam…๐Ÿ™‚
    Gak ajak dirikuh sekalian, Ya?๐Ÿ˜€

  5. Kayaknya wuenak tuch makan durian tapi susah cara menghilang khan bau duriannya masih nempel aja di mulut..

    Ngapain dihilangin juga… sayang kan, sudah dibeli mahal-mahal… Hahaha…๐Ÿ˜†

  6. Nah, sampai rumah, dicoba, enakkah, Mbak?๐Ÿ™‚
    Saya hanya bisa bilang, jangan makan durian terlalu banyak, Mbak. MAksud saya jangan makan durian dalam sehari terlalu banyak. Nanti terjadi kayak sodara ayah saya, habis makan durian tiga buah (sendirian), beliau esoknya gak bisa bangun dari tidur. Lumpuh. Sementara sih…:mrgreen: Sekarang udah sehat, dan beliau kapok makan duren banyak2.๐Ÿ˜†

    Alhamdulillah enak-enak, Sop. Syukurlah, ucapan tukang durian itu bener banget๐Ÿ˜€
    Hehe… memang sih, gak boleh berlebihan๐Ÿ˜€

  7. Durian ???
    Arrgghhh …
    No Thank You …

    Entah kenapa saya kurang suka durian …
    (trainer payah nih … nggak tau buah yang enak …)

    salam saya Kak

    Hehe… memang gak semua orang menyukai buah yang terlalu harum ini…๐Ÿ™‚

  8. setiap pulang ke bangka, aku selalu ga kebagian musim durian…huhuhuuuu….padahal emak punya pohonnya
    beli di bandung? mahhaaalll
    pengen yang gratisan aja..
    jadi…minta dong kakaakin

    Haha… hayuk ke Samarinda, Mbak…๐Ÿ™‚
    Durian yang saya beli enak2 loh๐Ÿ˜€

  9. Salam persohiblogan
    Daku kembali menyapamu kawan
    Kembali ke dunia yang penuh persahabatan ini
    Rindu rasanya
    Ada puisi anget untukmu, sobat๐Ÿ™‚

    Wah, kalo saya makan duren gak berani banyak
    Paling dikiiit๐Ÿ˜€

    Hehe… memang sih, bisa bikin pusing…๐Ÿ™‚
    ini juga makannya barengan dengan anggota keluarga yang lain๐Ÿ™‚

  10. Kalo kami, 3 buah yang diikat itu namanya telajah.
    Taon lalu di Palopo durian murah, habis panen raya. banyak banget sih. Yang gede tu bisa 2 telajah 50 ribu, besarnya hampir sama dengan kepala ane.
    Sekarang, deh … mahalnya sama dengan di Samarinda.
    Hmmm … Kayaknya durian sini yang dibawa ke sana. Iya?
    Salam hangat, dari sebuah tempat paling indah di dunia.:mrgreen:

    Bener tuh, kata penjualnya memang durian dari Sulawesi…๐Ÿ™‚

  11. Aduh saya suka banget sama durian tapi sekarang harganya mahal banget..
    Kirimin dong..๐Ÿ™‚

    Hehe… mending gak usah makan durian ya, dari pada beli mahal2…๐Ÿ™‚

  12. di tempat saya 20 ribu bisa dapat 3 buah durian yang cukup besar..
    Kalo musimnya:mrgreen:

    Itu dia… kalo lagi banjir durian sih memang lebih murah…๐Ÿ™‚

  13. Kak Akin, bagi durinannya dong, kakak….di Pekalongan kabarnya petani durian lagi gagal panen. Jadi tak ada semerbak wangi durian tahun ini. huhuhu…..

    Sayang banget ya… Semoga tahun depan bakalan berhasil deh panennya…๐Ÿ™‚

  14. wow durian… saya sering diberi sama wali murid,jadi g pernah beli…. namun sayang saya g suka terpaksa istri dan anakku yang kebagian tuk menghabiskannya

    Wah, asyiikk banget…๐Ÿ™‚
    Saya mau juga kalo dikirimin๐Ÿ˜€

  15. Kata temen saya kalau di Bengkulu dan beberapa daerah di Sumatra harga duriannya cuma seribu/buahnya, gmn ga ngiler???makanya biar harga jualnya tinggi dibuat lempok atau sambal yg menggunakan durian (lg lupa nama sambalnya), kalau pake duitnya Kakaakin 100rb bisa beli banyak bgt ga usah nawar hrg lg dah๐Ÿ™‚

    Wah, kasihan banget ya penjual duriannya. Bagus juga ya bila ada cara tuk meningkatkan nilai jual durian…๐Ÿ™‚

  16. Waaaaah, sampe ngeborong begitu, mbak…๐Ÿ˜›
    Buat pecinta durian, saat-saat pesta itu pasti momen yang ditunggu banget ya!

    Suami saya kayaknya termasuk orang yang dengan senang hati ikut pesta ini deh๐Ÿ˜‰

    Loh, trus Mbak Ir gak suka durian nih…??๐Ÿ™‚

  17. Duriannya menggiurkan,, yang digantung dimotor, benar2 udah pilihan sepertinya Kin๐Ÿ™‚

    Alhamdulillah, pilihan tukang duriannya memang gak salah…๐Ÿ™‚

  18. waduh mbak bikin kepengen aja. sebagai orang sumatera, buah ini menjadi favorit saya. semenjak tinggal di jogja dan sekarang di surabaya jadi agak jarang makan duren. kenapa? yang pertama, pasti harganya mahal untuk anak kost. yang kedua, disini kalo beli yang di pinggir2 jalan rasanya belum tentu enak. jadi mending kalo beli duren montong di swalayan.๐Ÿ˜€

    Durian monthong memang enak banget… tapi gak kuat harganya…๐Ÿ™‚

  19. wahh lg musim durian ya kak…aku juga doyan tapi ngga mau terlalu banyak..suka pusing soale..

    Ditempatku juga udah banyak yg jual durian…tp belum berani beli karena beberapa kali beli dapat yg mentah terus…..kayaknya emang mending beli di swalayan biar mahal tapi rasanya mantaff

    Alhamdulillah saya nemu tukang durian yang baik. Pilihannya memang benar2 terpilih..๐Ÿ™‚

Leave a Reply

