Perbaikan Jalan

Perbaikan Jalan

“Entah bagaimana tanggung jawab para pemimpin kita di hadirat Allah kelak,” ucap emak pada suatu ketika.

“Memangnya ada apa, Mak?” tanyaku.

“Lihat saja, jalan-jalan banyak yang rusak. Berlubang di sana-sini. Orang yang mau lewat jadi susah.”

Aku termenung. Memang benar juga, jalan raya yang baik merupakan salah satu hak warga. Ternyata tidak semua pemimipin daerah bisa memberikannya. Banyak kerusakan terjadi di mana-mana, bahkan tak sedikit kecelakaan yang terjadi akibat lubang di jalanan.

Karakter jalan beraspal yang sering digenangi air memang jadi lebih mudah rusak. Terlebih bila saluran drainase-nya buruk. Inilah yang banyak terjadi di Kota Samarinda. Syukurlah, meskipun banyak yang mengeluhkan lambatnya penanganan oleh pemerintah, di beberapa ruas jalan sudah terlihat diperbaiki. Jalan yang rusak biasa dilapisi dengan aspal hotmix. Jalan yang rusak parah dilakukan pengecoran.

Beberapa ruas jalan di kampungku, Samarinda Seberang, juga sedang dilakukan pengecoran. Maklum saja, jalan-jalan di Samarinda Seberang ini acap kali dilalui oleh kendaraan besar semacam truk trailer dan kontainer dari pelabuhan barang menuju areal pergudangan di kota. Jadinya warga harus bersabar melalui jalan yang bergelombang sementara pengecoran dilakukan tahap demi tahap. Jangan ditanya lagi bagaimana lumpurnya yang selalu memercik ke sepeda motorku dan kendaraan lainnya.

Ada satu tanda tanya besar yang terlintas di benakku. Jalan raya di kampungku ini dicor, dengan sekalian melakukan pelebaran jalan ke samping. Lalu, mana paritnya? Mana gotnya? Mana saluran airnya? Tidak ada dibuat, Saudara-saudara! Pelebaran ini sudah sangat mepet hingga ke depan rumah warga. Semoga saja parit di pinggir jalan bukan sengaja tidak dibuat, namun hanya “belum” dibuat. Semoga…

Bagaimana dengan kota tempat tinggal Sahabat? Apakah juga banyak terdapat jalan rusak? Semoga segera diperbaiki ya…🙂

25 thoughts on “Perbaikan Jalan

  1. truk trailer dan kontainer …
    Ya kak … saya lihat sendiri … guede-guede …
    mangkanya jalannya jadi sering rusak

    Yang jelas di sekitar rumah kami … alhamdulillah … relatif baik … walau tidak mulus-mulus amat … tapi masih oke lah

    yang ada bukan lubang kak …
    tapi malah dibuat polisi tidur …🙂

    salam saya

  2. Kl dlu wktu di jawa byk bgttt jln lubang dibiarin aja,baru kl ada yang kecelakaan baru dibenerin…tapi kl di Batam,1 jalan diperbaiki semua diperbaiki mbk..aku aja sampe “heh,keren ya pemerintahannya”…kelihatan banget soalnya,dari ujung ke ujung perbaikan jalan…**maklum rumah diujung tmpat kerja diujung hehehe
    —haiyyah,kok panjang gini ya kak hehehe

    • Kasihan banget ya kalo sampe sering terjadi kecelakaan. Itu juga mungkin karena banyak warga yang mengeluh baru diperbaiki ya…
      Keren dong di Batam, pasti enak berkendara karena jalannya muluss🙂

  3. Gotnya dibikin nanti aja, kan proyek dan tendernnya lain lagi.
    Kalo di blitar sekarang justru sedang perbaikan saluran got sepanjang jalan utama, sekaligus perbaikan trotoar

  4. apa kabar mbaaa???…
    waktu masih jadi auditor, saya juga sering miris kalo meriksa jalan di Kaltim…
    itu di M Yamin sekarang lagi diperbaiki lagi yah mba?

    • Alhamdulillah apik ae🙂
      Dirimu tau banget kondisi orang2 di sini gimana…😦
      Itu foto beberapa waktu yang lalu, Muam. Sekarang alat itu (klo gk salah) bergerak di Jl. M. Noor. Tapi kok di Jl. Juanda dibiarkan belom kelar ya…?
      Oh iya, jalan di dekat puskesmasku juga lagi dibaikin. Syukurlah🙂

  5. Belum lagi pembuatan jalan sering tidak koordinasi dengan instansi lain. Nanti jln sudah rapi, dibongkar lagi utk galian kabel atau lainnya. Malah jadi semrawut.

    Saluran air ditutup aspal jadi tidak bisa membersihkan dr sampah, jadi pada mampet deh😦

  6. Hihi jadi ingat kata Sujiwo Tejo, jalanan yang nggak dibenerin oleh pemerintah sama sadisnya kayak tawuran yang bisa bikin orang mati…
    Sama-sama mencelakakan, kalo jalan malah lebih banyak orang yang dicelakakan😀

  7. Semoga bisikan emak juga didengar pemimpin daerah, minggu ini melintasi jalur utama Kalbar juga diguncang dan diayun dalam mobil melaju di bubur lumpur dengan lobang2 menganga aaa…. Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s