Bermodal Konsep

Banyak yang mengatakan bahwa hidup semakin sulit. Jika sudah demikian, apakah yang bisa dilakukan? Jika berpangku tangan, tentulah tidak akan ada pemasukan yang artinya keluarga akan kelaparan. Jika bekerja, tetapi pekerjaan apa yang bisa dilakukan? Berbisnislah! Melakukan bisnis adalah salah satu jalan untuk memperoleh penghasilan. Lalu, bila ada pertanyaan, “aku bisa berbisnis apa? Sedangkan aku tidak punya modal.” Hindari berhutang, karena ada jalan lain!

Karunia kecerdasan pikiran yang diberikan Tuhan, bisa kita pakai dengan sebaik-baiknya. Sehingga, tanpa kita mengeluarkan modal berbentuk uang pun, kita bisa menggeluti dunia bisnis. Mulailah dengan konsep. Berikut adalah langkah sederhana yang bisa diikuti :

Langkah 1: Buatlah konsep.

Kita perlu menulis sebuah konsep bisnis dan memikirkan konsep tersebut matang-matang. Buatlah semacam skema, mulai dari penggunaan modal awal (keuangan), cara menjalankan bisnis, hingga keuntungan dan kerugian yang mungkin ada. Buatlah sebaik mungkin lalu melangkah ke tahap ke-2.

Langkah 2: Gapai rekan bisnis.

Konsep yang telah kita buat kemudian ditawarkan kepada pemilik modal, bisa jadi sahabat atau kenalan. Pemilik modal di sini berperan sebagai rekan kerja (partner bisnis), bukan bos. Ini yang perlu ditekankan sejak awal, artinya kita memiliki level yang sama dengannya. Kita juga bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis.

Langkah 3: Tingkatkan soft skills.

Sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan soft sklills, seperti kemampuan berkomunikasi, sikap bertanggung jawab, jujur dan percaya diri dalam berbisnis.

Contoh kecil konsep bisnis yang bisa ditawarkan misalnya bisnis di bidang Event Organizer (EO). Konsep yang kita miliki, digabung dengan modal dari rekan bisnis, dengan demikian kita dapat menjalankan bisnis tersebut. Tentu saja kita juga harus punya kemampuan atau pengetahuan dasar dalam hal mengorganisir acara, agar bisnis bisa berkembang dengan baik.

Menjalankan bisnis bukanlah sebuah hal yang mustahil. Dengan bermodalkan sebuah konsep, kita dapat menggeluti bisnis. Kesungguhanlah yang kemudian dapat mengantar kita pada kesuksesan.

Postingan ini diikutkan GiveAway DUTA BUKU supported by Indscript Creative dan Yes24.com

About these ads

21 thoughts on “Bermodal Konsep

  1. Banyak orang meraih sukses tanpa bermodalkan uang, tapi seperti yang Kakaakin sebutkan, mereka mempunyai konsep yang jelas dan terencana, sehingga apa yang awalnya seperti mimpi berwujud menjadi nyata.
    Semoga sukses di kontes, Kak.

  2. bener banget mbak Akin, makanya suka gerah klo ada orang yg udah merengkel ribut gak punya modal u/ memulai satu usaha.

    semoga sukses di kontes ini ya mbak

  3. Hampira dalam setiap pekerjaan, konsep adalah modal utama.
    Tapi dalam prakteknya, banyak yang melakukan sesuatu tanpa konsep.
    Bisa ditebak hasilnya, pasti nggak memuaskan.
    Kalaupun berhasil, biasanya karena faktor keberuntungan saja dan nggak bisa dijadikan pengalaman…
    Dan kebanyakan orang juga kurang belajar dari pengalaman
    ================================
    Semoga menjadi salah satu pemenang Mbak…

  4. kata org yg sudah sukses menjalani duani bisnis, just do it. Don’t think the risk..krn jika tdk segera dimulai..yg ada malah kpikirna takut gagal mulu..#kayak saya ini …:(

  5. jangan lupa baca bismilah dulu sebelum memulai bisnis, dan tentu saja seperti kata pakde. “keep on the right track”

    sukses Giveawaynya Kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s