Antrian Jelang Lebaran

Suasana jelang lebaran di Kota Samarinda sudah sangat terasa sibuknya. Antrian ini dan itu, semakin panjang saja. Kemacetan atau kepadatan kendaraan terlihat di sana-sini. Kesibukan di berbagai tempat jejualan semakin meningkat. Para sale hunter biasanya turut menyumbang kesesakan di tempat-tempat belanja. Sepertinya sebagian wajah kota bergeliat dalam menyambut lebaran ini.

Bicara soal antrian, ada beberapa antrian yang tertangkap mataku, yang biasanya terjadi jelang lebaran di kotaku. Antrian-antrian tersebut antara lain:

1. Antrian Penggilingan

IMG_20150713_082502

Beberapa hari ini aku kerap melihat kerumunan warga di depan sebuah kios di salah satu ruas jalan yang kulewati setiap berangkat kerja. Pastinya ini bukan lapak batu akik ya. Kios tersebut adalah tempat penggilingan daging (sapi, ayam dan ikan). Sudah bisa ditebak, menu apa yang akan mereka sajikan di rumah saat lebaran nanti, pasti tidak jauh-jauh dari bakso. Biasanya warga hanya perlu membawa daging yang akan digiling, sedangkan bahan lain seperti tepung tapioka dan bumbu penyedap sudah disediakan oleh kios ini. Ukuran bulatan pun disesuaikan dengan keinginan pemilik daging. Setelah selesai diproses, warga hanya perlu membayar jasa penggilingan.

2. Antrian Pangkas Rambut

Saat lebaran, sudah menjadi kelaziman untuk tampil rapi dan bersih. Para lelaki ramai mengunjungi pemangkas rambut. Kuperhatikan bisnis yang satu ini lumayan marak di kotaku, karena konsumennya tak pernah sedikit. Memang sih, biasanya memotong rambut bisa dilakukan oleh teman di rumah. Dengan keahlian sedikit, cress cress… rambut jadi rapi setelah meminta tolong teman untuk memotongkan. Namun ternyata memotong rambut di tempat pemangkas rambut itu ada sensasi yang berbeda. Ini menurut pengakuan Pak Suami yang punya tukang cukur langganan. Hanya dengan Rp10.000, rambutnya dipangkas rapi, sekaligus layanan plus-plus berupa pemijatan di leher dan bahu. Kukira inilah yang menjadi alasan para lelaki mengantri di tempat pemangkas rambut.

3. Antrian Cuci Motor

What? Cuci motor pakai antri juga? Rupanya saat lebaran orang-orang ingin tampil all out (ini apa artinya ya? Hehe…). Bukan hanya rambut yang rapi, atau baju yang baru, tetapi tunggangan juga harus kinclong, apalagi nanti bakal dipakai berkunjung ke rumah sanak saudara. Karena jelang lebaran terlalu sibuk, sehingga tidak punya waktu untuk mencuci motor sendiri. Jadinya tempat pencucian motor diserbu untuk menghilangkan kotoran di sepeda motor.

4. Antrian Toko Kue/Cake Lebaran

Ini sih berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu. Biasanya pas lebaran inginnya menyajikan yang spesial selain kue kering, misalnya cake, black forest, bolu, tart, brownies, atau sejenisnya. Beberapa toko kue ternama menjadi pilihan tempat untuk memesan kue. Pesannya sudah jauh-jauh hari, untuk kemudian diambil pada H-1. Ada toko kue yang menerapkan nomor antrian agar pemesan bisa berbaris teratur saat akan mengambil pesanannya, ada pula yang tidak. Biasanya antri di toko kue hampir selalu masuk dalam ‘to do list‘-ku setiap jelang lebaran. Insya Allah tahun ini aku ingin mencoba membuat sendiri saja. (Supaya lebih irit juga😀 )

Itulah beberapa antrian yang ada saat jelang lebaran di Samarinda. Bagaimana di kota Sahabat sekalian, apakah banyak antrian juga?

10 thoughts on “Antrian Jelang Lebaran

  1. Antrian-antrian itu terjadi karena satu tujuan, yakni menyambut Idul Fitri dengan suka cita dan dalam suasana penuh kegembiraan..🙂

    Selamat Idul Fitri ya Akin..
    Maafkan atas semua salah dan khilaf

  2. Kalau di Samarinda saja baanyak antrian, anda bisa bayangkan di Pulau Jawa yang penduduknya super padat. Kemacetan mudik menguras stamina dan pikiran luar biasa, bayangkan !!! untuk jarak yang biasa ditempuh dalam 8 jam, pada hari menjelang lebaran bisa memakan waktu 19 jam lebih !!! sungguh menyiksa.
    Terima kasih anda telah berbagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s