Love Your Parents

Sumber

Love your parent (before it’s too late….)

Saat abah meninggal di Ramadhan 11 yang lalu, banyak sesal mengganjal. Meski memang ‘innalillah’ telah terucap, ternyata tidak semudah itu melapangkan dada. Aku yakin dengan pasti, saat itu aku tak menangisi bahwa aku sudah tidak punya abah lagi, tetapi… sesal itu adalah mengapa selama ini aku belum berbuat apa-apa untuk beliau… mengapa aku begitu lalai dalam menjaga beliau (yang saat itu sedang sakit)… mengapa aku tidak rutin mengukur tekan darah beliau… mengapa aku tidak memotongkan kuku beliau… mengapa… mengapa….

Lagi, di 15 Ramadhan ini, seorang anak terbalut sesal. Serupa dengan rasaku 11 tahun yang lalu itu. Aku, sebisa mungkin menemaninya sendu, untuk kemudian mendukungnya bangkit. Di setahun kebersamaan kami ini, mungkin hanya itu yang dapat kuperbuat. Dan aku berharap daftar ‘mengapa’-nya dan sesalnya tidak sepanjang daftarku dulu.

Dan Kalian, para anak yang memiliki orangtua, cintailah Orangtua kalian (sebelum semuanya terlambat). Manjakanlah mereka dan berbaktilah hingga penuh, agar saat ‘tiba masanya’, daftar sesal kalian tidak sepanjang daftar kami.

Namun… seseorang berucap :

Bakti anak pada orangtua bisa terus berlanjut, meski orangtua sudah meninggal. Ucapkan do’a di setiap sholat: Robbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama robbayani shoghiro…. dan tetap jalin tali silaturrahim dengan sahabat-sahabat beliau.

Mengenang : Abah dan Abah mertua yang telah wafat

10 thoughts on “Love Your Parents

  1. Innalillahi, semoga yang ditinggalkan bisa sabar ya, mba. Insya Allah ada pahala yang tak terputus untuk orang tua asal anaknya beramal shalih. *hugs*

Leave a Reply

