Pak Tani

image

Pak Tani biasanya merupakan panggilan untuk petani. Namun Pak Tani yang satu ini beda. Aku melihatnya di salah satu stan Kaltim Expo yang baru saja usai beberapa hari yang lalu, yaitu stan BP POM. Pak Tani ini berada di antara display produk yang dilarang beredar di pasaran.

Sering kali aku mendengar ’Pak Tani’ disebut-sebut, misalnya saat ada orang yang menderita sakit gigi, biasanya ada yang menyarankan mengkonsumsi Pak Tani. Memang Pak Tani ini adalah merek obat pereda nyeri yang banyak ditemui di pasaran. Di pojok kemasannya bertuliskan ’JAMU’ dan di bagian belakang tertera komposisinya yang terdiri dari bahan-bahan alami. Ada yang bilang, Pak Tani ini ’cespleng’, setelah diminum langsung sembuh.

“Wajar saja rasa nyeri langsung hilang, karena Pak Tani ini mengandung bahan kimia obat, yaitu antalgin,” papar seorang petugas penjaga stan pameran, yang merupakan pegawai dari BP POM. Aku tahu bahwa antalgin merupakan salah satu obat jenis ’analgetik’ yang bersifat pereda nyeri.

Petugas tersebut melanjutkan bahwa tulisan nomor ijin yang tertera di kemasan ’Pak Tani’ adalah fiktif, dan kandungannya juga tidak sesuai dengan yang ada di kemasan.

“Masyarakat mengira akan aman-aman saja meminum obat tersebut, karena ada lebel ’JAMU’-nya. Padahal bahan yang dikandung bisa saja membahayakan ginjal bila digunakan terus menerus,” lanjutnya lagi.

Aku manggut-manggut mendengar penjelasan itu. Dan kita tahu, sangat banyak ’JAMU’ yang dijual di pasaran yang konon katanya sangat manjur untuk mengobati penyakit ini itu. Kita patut waspada, karena bisa saja terkandung bahan kimia obat di dalamnya.

6 thoughts on “Pak Tani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s