Buah Kuranji

Buah Kuranji

Apakah ada yang mengenali buah di atas?

Namanya adalah buah kuranji atau ada pula yang menyebutnya asam kuranji. Saat melihat buah ini di sebuah warung penjual buah di daerah Kalimantan Selatan, liurku hampir menitik karena membayangkan rasanya yang asam. Setelah sekian lama tidak menikmati buah ini, akhirnya aku memutuskan untuk membelinya. Bentuk buahnya kecil dengan kulit berwatna hitam. Saat dikupas (kupas kulitnya seperti makan kacang kulit), akan terlihat daging buahnya yang berwarna oranye dan bertekstur seperti beludru. Rasanya … hmm … kecuuut. Memang tidak sekecut asam jawa, dan tidak ada sensasi manis sama sekali pada buah ini, tetapi cukup ‘nendang’ buat pencinta rasa asam yang menyegarkan. Hehe …

Dulu buah kuranji adalah salah satu buah kesukaanku. Waktu aku kecil, musim buah ini bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Setiap malam saat sholat tarawih, aku dan teman-teman malah sibuk mengemil buah kuranji. Sampah pun bertebaran di dalam dan luar masjid. Pengurus masjid tak sanggup lagi mengendalikan para jamaah yang memakan buah ini. Akhirnya disediakanlah kardus-kardus di sela-sela shaf sholat, agar sampah tidak berhamburan. Kebiasaan menyampah di masjid pun menghilang seiring dengan usainya musim buah kuranji.

Awalnya kukira buah ini adalah buah khas Kalimantan, tetapi saat aku membawa buah ini ke kantor, ternyata banyak temanku yang berasal dari daerah lain juga mengenalinya. Teman yang dari Jawa dan Sumatera mengatakan biasanya buah ini dijual dalam keadaan sudah dikupas.

Sekarang buah kuranji sudah jarang ditemukan. Ada yanng mengatakan bahwa buah ini berasal dari hutan. Saat hutan sudah banyak yang gundul, buah ini pun semakin berkurang. Namun aku pernah melihat buah ini dijual di supermarket dalam kemasan kotak mika dan kulitnya masih utuh. Seingatku harganya lumayan mahal.

Semoga buah kuranji ini tidak menjadi semakin langka, agar di masa mendatang anak cucu kita bisa menikmatinya bukan hanya dari tulisan di blog saja.

68 thoughts on “Buah Kuranji

    • Pas saya tanya lagi ke teman saya yang dari jawa, ternyata beliau rasa-rasa pernah ngelihat doang buahnya. Hehe … *nepok jidat

  1. aku taunya nama daerah Kuranji di Bekasi, Kin,
    ternyata itu dari nama buah, baru tau, makasih cerita kuranjinya ini Kin, nambah ilmu satu lagi. Aku baru lihat buahnya di blog ini.

  2. Di tempatku namanya buah keranji.. Dulu waktu SD aku sering makan buah ini yg di jual di warung kecil dekat sejolah.. Rasanya agak asam manis kecut.. Kini aku tak pernah lg liat buah ini.. Eh ternyata msh ada ya..belum punah… terpikir juga sih utk melestarikan buah ini…

  3. buah kuranji ini memang banyak ditemukan di nusantara…, dan buahnya sebenarnya masih banyak…..bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional….cuma penjualnya bisa dihitung dengan jari..karena penikmat buah kuranji ini juga sudah mulai berkurang….keep happy blogging always…salam dari Makassar🙂

  4. Saya lupa namanya …
    Tapi sepertinya saya pernah bersentuhan dengan Buah Ini …
    dan mainan kita adalah … buah kita akan kita adu … dengan buah punya teman …
    siapa yang “krak” dulu an … itu yang kalah … hadiahnya … Buahnya buat kita … hahaha

    kecil-kecil sudah taruhan …

    salam saya Kak
    (22/8 : 10)

  5. Aku mau jual nieh buah asam kuranji nya di daerah saya baru panen ada sekitar 1 ton, bagi yang berminat Call: 087771268882(Ajat). trimksh

Leave a Reply

