Ayo Memilih!

Pemilu tinggal menghitung hari, namun tak sedikit pemilih yang galau. Siapa yang akan dicoblos saat berada di bilik suara pada tanggal 9 April 2014 nanti? Saking galaunya, sampai-sampai ada yang memutuskan untuk tidak memilih, alias golput.

“Aku endak mau milih, Mbak,” ucap seorang teman.
“Loh, kenapa?” tanyaku.
“Hiii, caleg-calegnya itu …,” ucapnya sambil bergidik. “Pokoknya nanti aku tetap ke TPS. Tapi surat suaranya nanti kucoblos semua, supaya nggak sah.”

Percakapan di atas hanyalah salah satu fakta mengenai keengganan pemilih untuk memilih caleg peserta pemilu. Bila jumlah golput semakin meningkat, tidak menutup kemungkinan hanya akan ada sekitar separuh jumlah pemilih yang mencoblos. Maka hal ini memberi keuntungan bagi caleg yang figurnya dinilai buruk.

Loh, kok golput malahan bisa menguntungkan para caleg itu? Hal ini pada awalnya juga kupertanyakan. Setelah mendapatkan informasi, akhirnya aku paham. Bila jumlah pemilih berkurang karena banyak yang golput, maka membuka peluang caleg yang dianggap kurang kompeten malah terpilih. Sayang sekali bila ternyata kita melewatkan kesempatan untuk memilih caleg yang benar-benar kompeten.

Nah, mumpung masih ada waktu, bagaimana bila di sisa 3 hari jelang pemilu legislatif kita mencoba mengenali siapa yang akan kita pilih? Bagaimana cara memilihnya?

Panduan mudahnya adalah pilih seseorang yang sesuai dengan harapan kita, bisa diawali dengan eliminasi atau pengerucutan. Contohnya, bila kita adalah pencinta alam dan lingkungan, kita eliminasi caleg yang saat kampanye memasang foto di pohon. Atau misalnya kita adalah pendukung gerakan anti pertambangan, maka kita bisa mengeliminasi caleg (atau teman-temannya) yang bergerak di bidang pertambangan. Kita juga dapat mengeliminasi caleg yang melakukan praktik money politic.

Dari hasil eliminasi, kita akan memperoleh daftar pendek caleg, sehingga lebih memudahkan kita untuk memilih. Atau bila kita merasa kinerja seorang wakil rakyat hasil pemilu yang lalu kurang baik, maka bila orang itu mencalonkan diri kembali kali ini, lebih baik tidak usah dipilih saja.

Semoga pemilu kali ini berjalan lancar dan dapat membawa Indonesia kepada perubahan yang lebih baik.

Jangan lupa memilih ya ….🙂

6 thoughts on “Ayo Memilih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s