Wow, Bebek Pedas! Beri Aku Air Panas!

Saat membuat tulisan ini, aku membutuhkan sehelai tisu untuk mengelap sudut bibir karena sudah mulai terbit air liur. Rasa pedas gurih itu mulai menari-nari dalam mulut. Terlebih lagi sambil melihat penampakan Bebek Judes, serasa ingin segera terbang ke kota-kota di mana terdapat cabang Restoran Bebek Judes, untuk menjajal Si Bebek Juara Pedas.

Bebek JudesSalah satu hidangan Bebek Judes

Hei, siapa yang punya ide memberi nama Bebek Perawan? Jadi semakin penasaran saja dengan menu andalan Bebek Judes ini. Terlebih lagi terdapat aneka jenis hidangan bebek, antara lain bebek gejrot, bebek goreng, bebek bakar, bebek sambal ijo dan bebek balado. Penikmat bebek juga dimanjakan dengan berbagai pilihan sambel, antara lain sambal judes, sambal terasi dan sambal mangga. Jadi ingin mencicipi semuanya.😀

Awalnya aku tidak terbiasa makan hidangan yang terbuat dari bebek. Di kotaku, Samarinda, banyak terdapat warung-warung tenda yang salah satu menunya adalah bebek goreng. Pernah aku mencicipi bebek goreng yang dijual, dan ternyata … aku harus ‘bertempur’ dengan si bebek. Untung saja tambalan gigiku tak sampai copot gara-gara mengunyah bebek. Daging yang alot, bumbu yang standar, sambal yang biasa saja, membuatku jera memakan bebek.

Hingga dua tahun lalu ketika aku ke daerah Jawa Timur, aku diperkenalkan sepupuku pada hidangan bebek yang tidak perlu bertempur saat menikmatinya. Aku terkagum-kagum, ternyata bebek bisa diolah seenak dan seempuk itu. Selama beberapa hari di sana, kami berkelana ke beberapa tempat yang menyajikan hidangan bebek. Mulai dari yang berupa rumah makan, hingga warung-warung tenda pinggiran. Aku jadi ketagihan makan bebek. Bukan hanya karena daging empuknya, tetapi juga karena sambalnya yang nendang banget! Aku yang awalnya tidak terlalu tahan pedas, jadi selalu minta bebek pedas melulu. Karena aku punya triknya. Apakah itu?

Hingga kini, aku sering berburu bebek di kotaku. Mencari bebek yang benar-benar nikmat rasanya, empuk dagingnya dan nendang sambalnya. Sambal menjadi pertimbangan penting juga, karena percuma saja makan bebek yang dagingnya enak bila ternyata sambalnya kurang berkesan.

Bebek sambal korekBebek sambal korek

Aku menyimpulkan untuk sajian bebek di kotaku, bebek dengan sambal korek-lah yang lebih berasa pedasnya. Sayangnya saat aku kembali ke rumah makan itu, aku kurang beruntung karena mendapat bebek yang alot.😦

Memakan bebek pedas memang bikin ketagihan, membuat kita mau dan mau lagi. Rasa pedas yang membakar mulut malah menjadi sensasi yang menyenangkan. Kebanyakan orang malah meminum es saat mulut terasa pedas, hal ini hanya akan meningkatkan rasa pedas. Padahal ada trik saat menikmati hidangan pedas, agar lidah tidak terasa seperti terbakar, yaitu dengan minum air panas, bukan hangat. Biasanya aku memesan air putih panas atau teh panas setiap kali makan bebek pedas.

Tetapi aku belum menemukan hidangan bebek di kotaku yang dari penampilannya saja sudah membuat kita sangat menginginkannya, seperti bebek judes di bawah ini.

Bebek Judes-1Salah satu hidangan di Resto Bebek Judes

Lagi-lagi aku mengelap sudut bibir dengan tisu, karena air liur hampir menitik melihat penampakan si bebek judes 😀 Ah, rasanya aku ingin benar-benar menjajal kemampuanku dalam menyantap hidangan pedas di Restoran Bebek Judes. Dan nanti insya Allah aku tak akan lupa untuk memesan air putih panas atau teh panas untuk tombo pedes.😀

“Tulisan Ini Diikutsertakan Pada Giveaway Sensasi Makan Bebek Pedas”

26 thoughts on “Wow, Bebek Pedas! Beri Aku Air Panas!

  1. wahahaha saya sudah pernah merasakan bebek judes itu, di sini tinggal koprol langsung sampai.
    Ngomong-ngomong, makan bebek itu sebenernya gimana? yang dimaksud enak itu bebeknya atau sambelnya xixixixi

    • ikutan koprol ke bebek judes dong, Bang Mandor😀
      Kalo menurut saya sih bebek enak itu harus merupakan kombinasi 3 hal : tekstur bebek yang empuk, bumbu yang meresap dan sambel yang nendang😀

  2. Salah satu ciri khas artikel kontes yang bersponsor adalah mengulang sebuah atau kunci terlalu banyak, inflansi. Inilah yang disebut keyword stuffing yang amat tidak disukai oleh Google.
    Bebek memang enak tapi jangan berlebihan menyantapnya
    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

