Anak SMA: Jualan

Anak SMA jualan? Mengapa tidak.😀

Pendidikan kewirausahaan sudah diajarkan sejak bangku sekolah. Tak ketinggalan di SMA-ku dulu. Ada kegiatan masak-memasak, sablon, menjahit, dll. Setiap tahunnya, kami diwajibkan mengikuti acara bazaar sekolah dalam rangka ulang tahun SMA kami. Setiap kelas diberi lokasi untuk membuat stan masing-masing. Band sekolah tak ketinggalan beraksi di lapangan.

Kami boleh menjual apa saja, namun sebagian besar yang dijual adalah makanan. Bagi yang sempat, bisa membuat sendiri makanan yang akan dijual. Aku ingat pernah suatu ketika aku dan teman-teman cewek di kelasku membuat sendiri puding lapis busa. Lalu kami menjualnya di stan. Inilah saatnya anak SMA jualan.

Anak SMASebuah foto yang diambil saat bazaar SMA N 1 Samarinda antara tahun 1993-1996 (ternyata diriku terlihat item banget😀 )

Mungkin barang dagangan kami tidak semuanya laku terjual. Namun perasaan kami sangat senang, karena bisa berperan serta dalam acara sekolah. Dan yang terpenting adalah saat perayaan ulang tahun sekolah itu suasananya sangat meriah. kami bisa berkeliling untuk belanja di stan-stan lain. Para senior biasanya juga datang untuk mengobati kerinduan.

Anak SMA jualan? Bagus itu. Hitung-hitung untuk melatih siswa agar dapat mengenali dunia wirausaha.

Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger

41 thoughts on “Anak SMA: Jualan

  1. Anak usia SMA memang perlu disibukkan dengan berbagai kegiatan positif, agar energinya dapat tersalurkan dengan baik. Kekacauan yang sering ditimbulkan oleh anak usia SMA, menurut saya terjadi karena saluran energi mereka mampet, sehingga alih-alih mau melakukan kebaikan, tapi justru keburukan yg timbul..

    salam,
    http://www.hardivizon.com

  2. Dengan adanya kegiatan wirausaha di sekolah, yaa lulus sma harus sudah bisa mandiri! Banyak bisnis remaja yang tidak mengganggu masa kuliah bahkan berhasil membiayai kuliah nya sendiri!

  3. Jualan atau dagang adalah salah satu bentuk usaha yang dicontohkan Rasul, jadi ga masalah anak SMA jualan, apalagi sekarang anak SMA yang jualan itu sudah bukan anak SMA lagi.

  4. Kegiatan di SMA itu memang tiada duanya …
    Asik banget …

    Sayang kalau dipergunakan untuk mengerjakan sesuatu yang konyol dan tidak pada tempatnya … (menyesal kemudian tiada berguna)

    Salam saya Kak

  5. Anak SMA sekarang lagi di giatkan lagi, asyik..
    kalo semua anak SMA sudah terbiasa berkegiatan seperti ini, bakal ga sulit mikirin mau mencari kerja kemana selanjutnya.

  6. Penting itu untuk berlatih wirausaha, dulu pas saya masih SMA dan SMP paling seneng kalo ngadain acara bazaar gitu, hehehehe… saya masih inget sama temen2 jualan es buah dan makanan ringan yang dibuat sendiri oleh temen2😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s