Selebrasi

Hari ini banyak ruas jalan di Kota Samarinda yang penuh sesak. Saat siang aku lewat berkendara, aku harus bersabar berada di antara asap yang memerihkan mata dan menyesakkan dada. Penyebab utamanya padatnya jalan raya adalah banyaknya penjual jagung di pinggir jalan.

Momen akhir tahun ini sepertinya mereka manfaatkan untuk menjual jagung dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari hari biasa, demi mendapat keuntungan lebih. Para pembeli lebih tidak tahu diri lagi aneh lagi. Membeli jagung, tanpa menepikan kendaraan dengan baik, sehingga cukup menghalangi kendaraan lain. Alhasil, kemacetan di mana-mana, dengan kepadatan yang menyamai jelang hari raya.

Malam ini setengah cemas aku berdiam di dalam rumah. Sementara suara kembang api di luar rumah sudah jedar-jeder sejak sehabis maghrib. Sering terdengar sisa dari kembang api itu terjatuh ke atap rumahku. Aku khawatir akan terjadi kebakaran, karena sebagian besar atap rumahku dan rumah tetangga terbuat dari kayu sirap. Tetapi sepertinya tak ada yang peduli.

Banyak yang terlihat menikmati euforia malam ini. Bahkan kembang api dengan suara yang -menurutku- super dahsyat terdengar berulang kali. Sepertinya banyak orang yang rela membeli kembang api dengan harga yang tentunya tidak murah, dan dalam jumlah yang banyak.

Sebenarnya aku tadi berdoa, meminta agar hujan turun, supaya tidak ramai orang menyalakan kembang api. Dan memang ada gerimis membasahi malam. Namun ternyata tak menyurutkan semangat orang-orang tuk membakar kembang api.

Inilah selebrasi, yang bila ditanya kepada mereka, bisa jadi mereka sendiri tak paham maknanya.

Inilah selebrasi, yang kemudian dipertanyakan kepatutannya.

Note: ditulis di bawah keriuhan kembang api 

13 thoughts on “Selebrasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s