[Belajar] Jadi Editor

Credit

Seorang rekan kerjaku sedang mengerjakan proyek novel keduanya. NOVEL KEDUA! Meskipun masih diterbitkan secara indie, dia sudah merangkai puluhan ribu kata menjadi sebuah cerita. Sedangkan aku …. Belum selangkahpun aku memulai proyek novelku😦

“Ayo, segera bikin. Mulai nulis deh,” ucapnya memberi semangat padaku. Namun, lagi-lagi aku melempem.

Novel kedua rekanku ini masih ada kaitannya dengan yang pertama. Sebenarnya aku belum baca novel pertamanya.

Suatu hari, ia menunjukkan hardcopy dari novelnya. “Sudah jadi,” katanya. Sepertinya siap untuk ditawarkan ke penerbit mayor. (Belakangan ia memutuskan untuk menerbitkannya secara indie).

Saat kuintip, ada beberapa bagian yang tidak pas. Contohnya pada dialog, ada spasi di antara akhir kalimat dengan tanda tanya/tanda seru.

Contoh: “Apakah kau baik-baik saja ?” —> yang benar, “Apakah kau baik-baik saja?”

Lalu dengan nekad, aku menawarkan diri untuk menjadi editor. Kubilang nekad, karena aku tak punya pengalaman, maupun ilmu editing. Alhamdulillah, dengan gugling dan tanya sana-sini, aku melaksanakan pengeditan. Ini kuanggap sebagai ajang belajar bagiku. Banyak ilmu baru yang kutemukan dalam proses editing.

Dari sini, aku jadi paham bahwa jadi editor itu tidaklah mudah. Sangat tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan, karena kita ingin menghasilkan buku  yang bagus.

Apakah Sahabat ingin mencoba jadi editor?😀

27 thoughts on “[Belajar] Jadi Editor

  1. Saya juga pernah pengen jadi editor Kak. Kayaknya gampang gitu.. dan enaknya lagi, saya jadi orang pertama yang membaca novel itu sebelum jadi sebuah buku.
    Dan setelah saya pikir-pikir lagi ternyata jadi editor itu gak gampang, setidaknya saya harus menguasai tata ejaan bahasa indonesia dengan baik dan benar.

  2. Untuk 1 posting saja, saya mengeditnya sampai 5-6 kali…
    Saya belum pernah berhasil bikin posting yang sekali jadi.
    Selain penulisan, saya bahkan sering merombak total.
    Tapi saya belum sanggup mengedit tulisan orang.
    Belum cukup sabar Mbak😀

  3. mbak, aku penulis pemula nih. Aku udah baca beberapa tulisan mbak…It’s amazing. Mohon bantuan tips nya dunk agar karya kita bisa di publish…paling nggak di surat kabar lah…Thanks bantuannya…

Leave a Reply

