Halalan Toyyiban

“Mbak, di resto ini pakai ang ciu nggak?” tanyaku perlahan pada seorang pelayan di restoran yang cukup sering kudatangi. Usai berbelanja barang bulanan bersama tante, kami memutuskan untuk makan siang di restoran yang ada di depan supermarket.

Pemberitaan yang merebak mengenai restoran franchise yang ‘itu‘, belakangan ini membuatku cemas, karena aku juga sering makan di situ. Aku jadi khawatir dengan restoran franchise yang kudatangi ini, apakah sama pula dengan yang ‘itu’. Memang sudah ada penyangkalan dari pihak manajemen restoran itu, terkait pemberitaan miring yang beredar. Namun yang kemudian yang membuatku tercengang adalah jawaban yang kuterima dari pelayan berseragam hitam-hitam itu.

“Iya, Mbak. Semua masakan di sini pakai ang ciu,” sahutnya sambil menatap lekat wajahku dan tanteku secara bergantian.

Oh em ji… Aku jadi lunglai.😥

Biasanya, setiap kali ke resto ini, aku selalu memesan bihun goreng spesial. Menurutku rasanya memang enak, ternyata karena memakai bahan yang diharamkan itu. Aku lalu menatap nanar buku menu yang ada di tanganku. Kususuri daftar makanan yang tertera di situ.

“Kalau ayam rica-rica, pakai ang ciu nggak, Mbak?” tanyaku.

“Pakai juga.”

Aku lanjut menatap buku menu dan akhirnya menemukan satu makanan yang sepertinya tidak memerlukan ang ciu. “Kalau ayam goreng lalapan, pakai ang ciu nggak, Mbak?”

“Nggak,” sahut pelayan itu sambil tersenyum.

Akhirnya aku dan tante memutuskan memesan dua porsi ayam goreng lalapan dan es campur khas restoran itu.

Menurutku, bagi setiap muslim/ah, ada baiknya memperhatikan makanan yang akan masuk ke dalam perutnya. Berarti, kita perlu berhati-hati bila membeli makan di luar. Tak perlu gusar untuk menanyakan penggunaan bahan yang tidak halal dalam masakan yang dijual. Atau lebih baik lagi bila kita makan di tempat yang menjamin ke-halal-an masakan yang dijualnya.

Mari kita pilih makanan yang halal dan toyyib. Halalan toyyiban.😉

21 thoughts on “Halalan Toyyiban

  1. hmmm ya selama ini, saya gak peduli saking sudah terbiasanya, padahal ternyata banyak lrestoran yang biasa saya kunjungi belum dapat sertifikat halal MUI (seperti pada list MUI). Belum pasti haram sih, tapi ya tetap meragukan dan harus waspada🙂

  2. Resto yg logo nya ungu bkn mbak? Tu slh 1 fav ku lho.. Super super kget wkt dgr brta tu. Indonesia yg mostly muslim penduduk nya hanya punya aturan ketat ya soal ni. Skr cuma bisa lbh ati2 lg mkn dluar

  3. Wah, kudu ati2 ya Mbak intinya..
    Duh, jadi was-was. Mending masak sendiri aja wes Mbak di rumah.
    Kalo makan di luar kan kita nggak tau proses memasaknya juga
    Serem ah..

  4. kalow saya lebih kepada memilih resto2 yang dah bersertifikat Halal MUI kak, meskipun gak saklek2 amat, setidaknya sebelum masuk ke resto/warung tersebut mesti kudu harus ngeliat tulisan “Halal” karena menurut saya yang sangat awam ini, setidaknya si pemilik sudah menyatakan kalo warungnya halal, jadi kalowpun dia bohong ya itu “dosa”nya dia😀

  5. biasanya kalo saya mendengar ada rumah makan yang seperti itu, meskipun ada beberapa makanan yang nggak makai, saya jadi berpikir bagaimana dengan peralatan yang digunakan untuk memasak, apakah dibuat tersendiri atau jangan-jangan alatnya sama. Jadi, darpada ragu mending enggak aja sekalian

  6. angciu itu mengandung sjenis alkhohol ya mbaa,,,,hiksss ngeri pisan. Baru tahu nih mba baca artikel ini. Untung saja aku beli yang di kaki lima pinggir jalan. Chinese food ala wong Jowo..hehehee. Slm sukses untuk blognya deh mba🙂

  7. kalau ada menu yang halal dan yang tidak/diragukan kehalalannya dalam satu penjual, bagaimana yakin kalao bahan yang tidak halal tercampur ya? melalui penggoreng misalnya? bingung juga deh…

Leave a Reply

