Coretan Penyemangat

Pernahkah Sahabat memiliki catatan atau coretan yang ditempel di dinding kamar sebagai penyemangat? Seingatku, aku hampir tak pernah membuat coretan seperti itu. Sejak SMA hingga bekerja, aku tinggal di rumah tante, sehingga aku sungkan untuk melubangi dinding rumah beliau dengan paku untuk menggantung whiteboard. Kini aku juga tidak memiliki kamar yang benar-benar personal.

Aku sempat merasa iri saat membaca novel Ayat-ayat Cinta karya Kang Abik. Tokoh Fahri yang dikisahkan memiliki impian-impian yang ditulis di atas kertas yang lalu ditempel di dinding. Tulisan itu menjadi penyemangat. Kala merasa lelah dengan perjuangannya saat kuliah, ia lalu memandang tulisan itu agar semangatnya kembali tersulut. Rasanya aku ingin pula memiliki coretan penyemangat seperti itu.

Saat aku menginap di rumah kakak, aku tidur di kamar keponakanku yang kini kuliah di jurusan Teknik Sipil. Aku melihat banyak tempelan di dinding kamarnya, dengan menggunakan kertas post it note. Beberapa kertas diberi warna dengan menggunakan pensil warna. Aku suka melihatnya. Beberapa kertas berisi tulisan yang berkaitan dengan tugas kuliahnya, dan kertas lain berisi quotes atau kalimat-kalimat penyemangat. Menurutku cara ini kreatif sekali, karena membuat tempelan di dinding tanpa merusak dinding. Kertas-kertas itu langsung ditempel di dinding tanpa memakai papan apapun. Ternyata tempelan ini cukup bisa bertahan lama, namun juga bisa kita lepas dengan mudah bila tulisannya tidak diperlukan lagi.

Post it note

Aku tertarik dengan coretan pada kertas oranye yang tertempel di pojok kiri bawah. Bunyinya adalah seperti ini,

Keep Smile
Keep Fighting
Praying to Allah SWT
Don’t give up
Graduate
Job
Family

Perkuliahan yang kuyakin tidak mudah, sepertinya membuat keponakanku menyemangati dirinya sendiri. Tetap tersenyum, terus berusaha, berdo’a kepada Allah Ta’ala, jangan menyerah, lulus, kerja, keluarga. Tulisan itu mengandung penyemangat untuk apa yang dihadapi sekarang, ditambah dengan tujuan jangka panjangnya dengan urutan yang sudah jelas: lulus; kerja; keluarga. Menurutku bila urutan itu tertukarpun tak masalah, karena sama baiknya.😀

Lalu, si tante yang satu ini (maksudnya: aku) meski tak punya dinding kamar untuk ditempeli coretan penyemangat, aku masih punya dinding facebook tempat menuangkan uneg-uneg, blog yang bisa kucoreti tulisan penyemangat. Hebatnya lagi di blog juga termuat kata-kata semangat dari rekan-rekan blogger atau pengunjung blog melalui komentar yang ditinggalkan.

Cumungud Qaqa:mrgreen:

30 thoughts on “Coretan Penyemangat

  1. Ah bener juga Kak …
    Blog itu seperti tempelan-tempelan post it …
    yang kadang bisa menjadi pengingat
    yang kadang bisa menjadi penyemangat

    yang kadang bisa juga untuk menjadi … alat jualan …

    Salam saya Kak

  2. Kya aku jman kuliah mbak, beli sterofoam Trs nenpelin sticky post dstu.. Sgla mcm mulai de tugas kuliah, deadlinenya skripsi, quote smp cita2..Mang bkin smangat si🙂
    Btw Met ultah mbak.. Barakallah.. Wish u all the Best (pelukjauh)

  3. Hai Mbak…
    Kita kan punya dinding ber-platform WordPress yang malah bisa menampung lebih panjang tulisan bahkan artikel penyemangat🙂
    Aduh, saya lho kadang suka nulis yang isinya sok nasehat padahal hanya buat nyemangatin diri sendiri, he he eh

    Keep on Sprit ya Mbak😉

Leave a Reply

