Lomba Beduk Sahur Samarinda Seberang

Iseng mencoba meng-upload video di youtube, sekaligus aku ingin berbagi keriuhan lomba beduk sahur di kampungku, Samarinda Seberang, Ramadhan lalu. Ada dua kali pelaksanaan lomba beduk sahur dalam waktu yang berdekatan, yaitu pada Jum’at malam (2/8/13) yang diadakan oleh ‘Si Kuning’, dan Senin malam (5/8/13) yang diadakan oleh Pengurus Masjid Shirathal Mustaqiem. Yang sempat kurekam adalah lomba beduk sahur yang kedua.

Senin malam itu aku ditarik oleh keponakan yang ingin menyaksikan ramainya lomba beduk sahur. Saat acara pembukaan, ada pesta kembang api yang katanya memakan biaya puluhan juta rupiah. Aku dan keponakan duduk di dekat panggung kehormatan sambil mengunyah kentang ulir. Saat grup peserta lomba sudah mulai berparade, aku beralih ke depan rumahku untuk mencari posisi yang lebih nyaman.

Video pertama ini adalah peserta dengan penampilan sederhana. Grup ini mengenakan pakaian tradisional dengan sarung Samarinda. Alat musiknya juga standar, berupa galon, jerigen, lempengan besi dan tangki petromaks.😀

Video kedua menunjukkan variasi lain dari beduk sahur. Ada banyak peserta lain yang juga berpenampilan heboh seperti peserta yang ada pada video di bawah ini. Alat yang digunakan lebih besar, berupa drum besar dan pernak-pernik lainnya. Suara yang dihasilkan jadi lebih nyaring dan heboh!

Pada lomba beduk sahur yang kedua ini diikuti oleh lebih dari 100 grup. Selain kembang api, hal spektakuler lainnya di malam lomba beduk sahur itu adalah bahwa setiap peserta mendapatkan THR masing-masing sejumlah Rp 250.000. Super sekali, bukan?! Tentu saja tidak menggunakan kas masjid, karena ada dermawan yang menyumbang untuk kegiatan lomba ini. Wow!

Bagaimana dengan acara beduk sahur di daerah Sahabat?

13 thoughts on “Lomba Beduk Sahur Samarinda Seberang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s