Berkenalan dengan Habib Think

Berawal dari keisengan, namun aku kemudian tertarik. Ini adalah mengenai giveaway yang diadakan oleh Habib Asyrafy yang informasinya kudapatkan di Grup Warung Blogger di FB.

Sebelum masuk ke tugas giveaway, aku ingin membahas tentang definisi giveaway, atau yang biasa disingkat GA, menurut versi Habib,

“Give Away dalam defenisiku sendiri adalah lomba yang diadakan seorang blogger dimana peserta juga seorang blogger, dalam lomba itu para peserta harus menulis review tentang blog yang dimiliki si blogger pembuat lomba dan tentu saja pemenangnya akan diberi pemberian kecil dari kocek si pengada lomba sendiri. Hadiah yang diberikan biasanya tidak terlalu besar tapi sebuah pemberian akan terasa begitu berharga apalagi dengan suasana hangat sesama komunitas blogger yang terus menyuarakan kebenaran dan isi hati dengan jujur.”

Setahuku, belum pernah ada yang medefinisikan dengan pasti apa sebenarnya makna GA. Ini menurut pengalamanku pribadi. Saat seorang blogger memutuskan mengadakan semacam lomba di blognya, maka ia akan memutuskan untuk memberi nama apa pada event tersebut. Apakah berupa kontes, kuis, atau giveaway? Dari pemahaman yang berkembang (sependek pengetahuanku), ‘kontes’ mewakili sesuatu yang lebih besar dan boleh dibilang hadiahnya lumayan menggiurkan. Kuis biasanya lebih ringan dan waktunya (deadline) lebih pendek. Sedangkan giveaway itu berada di antara keduanya.

Event yang diadakan oleh blogger ini bisa bermacam-macam bentuk/caranya. Bukan melulu menulis review blog, tapi bisa tema apa saja. Biasanya peserta diminta untuk menulis cerita tentang berbagai hal, tergantung inginnya si penyelenggara. Contoh giveaway yang pernah kuadakan antara lain “Berbagi Cerita Tentang Sarung” dan “Cerita di Balik Aroma”. Tulisan tersebut biasanya wajib ditulis di blog, namun ada juga penyelenggara yang membolehkan peserta menulis di notes Facebook-nya.

Nah, tentang hadiah (biasanya ada yang menyebutnya ‘tali asih’), selain dari kocek pribadi, penyelenggara juga bisa mendapatkan sponsor. Biasanya ada rekan blogger lain yang urun tali asih, bisa berupa buku, atau produk-produk online shop miliknya.

Tentang Blog Habibasyrafy

Blog personal ini berisi tulisan-tulisan keren. Label tulisan terbanyak adalah pada bagian “Islam”. Aku membuka beberapa tulisan Habib dan kunilai tulisannya enak dibaca, renyah, serasa ingin kukunyah. Bahasanya ringan dan tak ada kesan menggurui. Pembaca diajak merenung. Seperti tulisan yang berjudul “Berjilbab Fashion atau Agama?” yang berisi ilustrasi cerita bahwa kini ada hal lain yang mendasari alasan seorang muslimah untuk mengenakan jilbab, yaitu karena “FASHION” bukan karena kewajiban dalam agama. Kekhawatiran terbesar Habib (dan orang-orang yang peduli) adalah bagaimana bila kemudian trend fashion berubah, apakah kemudian para muslimah menggantungkan jilbabnya demi fashion? Semoga hal ini takkan terjadi.

Tampilan blog Habib cukup nyaman dipandang dengan header biru dan latar tulisan berwarna putih. Beberapa halaman terletak di atas header dan langsung saja kuklik halaman “Tentang Saya” agar bisa lebih memahami sang empunya blog yang rupanya penggemar matematika. Kolom sidebar berada di sisi kanan. Adanya widget “Catatan Populer” membantu pembaca yang baru berkunjung agar lebih mudah memilih tulisan yang ingin dibaca.

Tidak banyak widget yang terpasang pada blog ini. Tak ada widget Alexa ataupun pagerank (PR). Saat kucek dengan menggunakan seomastering.com, PR-nya masih no data dan ranking Alexa berada pada level 2 jutaan.

Habib termasuk blogger yang cukup aktif. Tulisannya tidak muncul tiap hari, tetapi dalam sehari ia bisa memuat beberapa tulisan. Hanya ada sedikit komentar pada setiap tulisan. Mengapa demikian? Bisa jadi karena masih kurangnya promosi yang dilakukan, termasuk blogwalking. Atau bisa juga karena kolom komentar yang kurang bersahabat. Habib memilih menggunakan Disqus yang agak jarang dipilih oleh blogger. Sebagaimana kita ketahui, seorang blogger berkomentar pada blog dengan cara meninggalkan jejak berupa komentar serta link blognya. Hal ini untuk membantu promosi blog komentator juga. Sedangkan pada kolom Disqus, tidak ada pilihan berkomentar dengan menggunakan link blog, yang ada hanya pilihan berkomentar melalui beberapa social media.

Akhirul kalam, aku berharap semoga Habib terus semangat menulis dan tak lupa mempromosikan tulisannya juga, agar semakan banyak orang yang bisa membaca hasil dari pemikirannya. Karena tulisan-tulisan Habib sangat pantas untuk dibaca berbagai kalangan. Seperti yang kutulis di atas, bahasanya ringan dan tak ada kesan menggurui.

Tulisan ini disertakan pada Give Away Habib Think

14 thoughts on “Berkenalan dengan Habib Think

  1. ini saya baru coba mba… GA pertama saya…😀
    mudah2an sih gak buruk2 amat hasilnya. ikutan dong mba. tapi GA saya jauh dari definisi di atas.🙂

  2. Iya.. disqus gak bisa pasang link.. kita kan juga mau dapat kunjungan balik.. hehehe… saran juga nih untuk beliau. Kalu masih pengen pake plugin comment system mending pakai intensedebate.. mirip disqus, tapi bisa numpang link..:mrgreen:

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb…Kakaakin

    Ramadhan membasuh hati yang berjelaga
    Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya
    Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga
    Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

    Selamat Hari Raya Aidill Fitri 1 Syawal 1434 H
    Maaf Zahir dan bathin & Minal Aidin Wal Faidzin
    Taqabalallahu minnaa wa minkum

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s