Nasi Gulung Rendang Ayam Kemarin

Rendang merupakan salah satu makanan yang sudah dikenal secara luas di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Rasa bumbunya yang begitu khas, berpadu dengan rasa pedas, akan selalu menjadi pilihan. Kini sudah semakin banyak yang mengolah bahan makanan selain daging, dengan menggunakan bumbu rendang. Sebut saja jengkol bumbu rendang yang banyak disukai.

Kini aku ingin menyajikan sebuah resep praktis, bahkan sangat praktis, dengan menggunakan bumbu rendang. Bahan-bahan yang digunakan pun sederhana. Aku menggunakan bahan yang ada di rumah. Saat kuintip kulkas, aku punya dada 1 ekor ayam yang sudah digoreng, sisa kemarin. Aku juga masih punya stok nori. Aku langsung punya ide akan membuat apa. Sepertinya, menggulung-gulung nasi a la sushi Jepang, akan terasa enak.

Bahan-bahan

Bahan-bahan

NASI GULUNG RENDANG AYAM KEMARIN

Bahan-bahan:

1 buah dada ayam goreng sisa kemarin, disuir-suir (dari 1 ekor ayam)
1/2 bungkus bumbu rendang kemasan
Nasi putih secukupnya
Beberapa lembar nori (rumput laut Jepang)

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu rendang hingga harum
  • Masukkan suiran ayam, aduk hingga rata
  • Siapkan selembar nori, letakkan nasi di atasnya, ratakan
  • Letakkan ayam bumbu rendang di atas nasi secukupnya
  • Gulung perlahan, sambil dipadatkan.
  • Potong-potong, nasi gulung siap untuk dihidangkan.
Cara membuat Nasi Gulung

Cara membuat Nasi Gulung

Keterangan: Bila tidak memiliki nori, dapat menggunakan telur dadar tipis.

Inilah penampakan Nasi Gulung Rendang Ayam Kemarin…

Nasi Gulung Rendang Ayam Kemarin

Nasi Gulung Rendang Ayam Kemarin

Rasa rendang dan nasi memang berpadu dengan sangat baik. Lalu adanya nori, memberi sensasi yang berbeda pada makanan yang bentuknya hanya sekali ‘hap’ ini. Sepintas akan terasa seperti sedang makan nasi rendang pada umumnya, dengan ditambah tekstur kenyal nori dengan rasa rumput laut yang khas. Semuanya bisa berpadu dengan baik. Penampilan makanan yang keren dan serupa sushi, namun tetap bercita rasa lokal yang bumbunya ‘nendang banget’. Pas di lidah orang Indonesia.

Oh iya, dada ayam merupakan bagian yang kurang kusukai karena dagingnya yang terlalu tebal. Menurutku, akan sangat pas bila dimasak dengan cara seperti di atas. Resep di atas juga sesuai bila menggunakan jenis daging yang lain, seperti ikan, udang, bahkan tahu atau tempe. Jadi jangan ragu bila mempunyai sisa makanan kemarin, karena masih bisa didaur ulang dengan cara yang keren.

30 thoughts on “Nasi Gulung Rendang Ayam Kemarin

  1. waduh, sapi berpadu dengan ayam, berenang di nasi beralaskan rumput laut jepang, btw kenapa harus ada kata ‘kemarin’ di belakangnya? konotasinya jadi gimana gitu🙂

  2. Mo ngemeng apa org gue gak pernah ngrasain! Masa’ mo bilang kayaknya enak, deh? Masa’ gitu? Kecuali gue udah pernah dibikinin, pasti gue komentar! Hehe..

  3. ” INDOBOCLUB ”
    Bisnis Online Paling booming saat ini..
    Hasil Karya anak bangsa sendiri
    Terbukti paling Booming,Karna Hanya dalam 145 Hari,
    Member telah lebih dari 182.487 Orang.
    bagi Anda yang ingin Mengetahui lebih jauh tentang bisnis ini
    bisa klik dsni : http://ibc-bisnisonline.blogspot.com/
    atau hub no saya Jika anda ingin bertanya tentang bisnis ini :
    ( 087878611702 Rizal )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s