[Blog Review] Blog Ijo

Blog Ijo adalah judul blog personal milik Mas Aprie, salah seorang blogger Samarinda. Bila melirik nama domainnya, apurie.blogspot.com, terlihat bahwa Mas Aprie ini penyuka atau pemerhati hal-hal berbau Jepang. Namun mengenai pemilihan judul Blog Ijo, tidak disebutkan alasan pemilihan nama tersebut, selain dugaan bahwa pemilik blog adalah penggemar warna hijau.

Sebagai pemilik blog, Mas Aprie memperkenalkan dirinya dengan baik pada halaman ‘Tentang Saya‘. “Bukan artis di dunia maya, bukan tweep yang punya banyak followers, bukan pula seleb blog. Hanya blogger layaknya blogger pada umumnya,” demikian tulis Mas Aprie. Sebuah penegasan yang cukup sederhana mengenai keberadaan dirinya di dunia maya.

Lalu Mas Apri juga menetapkan peranannya dalam bersikap sebagai blogger pada umumnya, yaitu berbagi hal-hal yang berkaitan dengan hobi. Seperti yang juga termuat pada halaman pengenalan dirinya, “Suka travelling, suka fotografi dan akhirnya menuliskannya di blog gado-gado ini. Blog yang tidak memiliki tema khusus, campur-campur, serba ada, semua yang patut untuk dibagi dan diceritakan.”

tampilan Blog Ijo

tampilan Blog Ijo

Tentang tampilan Blog Ijo.

Sesuai dengan judulnya, Blog ijo memiliki latar hijau lumut. Dengan tampilan sederhana dan menyegarkan, tanpa banyak banner iklan. Template yang digunakan memberikan kesempatan bagi pemilik blog untuk bereksplorasi mengolah kode-kode HTML hingga mencapai tampilan yang diinginkan.

Sementara itu pada bagian header dibiarkan saja berwarna hitam, dengan tulisan ‘Blog Ijo” berwarna putih. Kesan sederhana memang didapat, namun terlihat kosong. Terlebih tidak ada sub judul yang menjelaskan apa isi blog tersebut. Namun tampilan header ini terbantu oleh deretan judul halaman yang blog yang ada pada bagian bawah header. Halaman blog tersebut antara lain Peta Wisata dan Tips Fotografi yang berisi kumpulan link menuju tulisan dengan tema yang sesuai.

Kolom sidebar Blog Ijo berada di sisi kanan dan bawah. Sidebar blog ini boleh dibilang sangat efektif. Dengan widget yang digunakan tidak berlebihan. Bila pengunjung memerlukan suatu informasi dari Blog Ijo, bisa menggunakan Search Box, tanpa perlu widget ‘awan tag’ atau ‘kategori tulisan’. Namun bila yang dicari ada kaitannya dengan wisata dan foto grafi, maka bisa langsung meng-klik halaman blog pada bawah header.

Melalui widgetpopular post’, kita juga dapat melihat tulisan mana yang paling banyak dibaca di Blog Ijo. Sementara itu usia blog juga bisa dilihat dari widgetBlog Archive’ yang  menunjukkan saat pertama kali Mas Aprie menulis di blognya, yaitu tahun 2007. Rupanya Mas Aprie sudah cukup lama menggeluti dunia perblogan, mencapai 6 tahun. Bagi sebagian orang, usia seperti itu boleh dibilang sudah sepuh.

Tampilan sidebar bawah

Tampilan sidebar bawah

Setiap blogger memiliki pertimbangan masing-masing mengenai manfaat penggunaan sidebar di bagian bawah blog. Ada yang menganggap kurang terlihat, namun ada juga yang menganggapnya tepat untuk widget yang cukup lebar dibanding bila ditempatkan di sidebar  atas. Pada Blog Ijo ada 2 widget yang ditempatkan pada bagian bawah, yaitu ‘Follower blog’ dan ‘Networked blog’. Kedua tampilan widget ini mirip, karena itu sebaiknya pilih salah satu saja.

Hal-hal culun yang biasa ditemui pada blogger pemula, saat Blog Ijo masih benar-benar hijau, hanyalah tampilan badan tulisan yang utuh pada halaman depan (home), karena tidak digunakannya icon ‘read more’. Mungkin masih belum tau, karena masih baru. Namun, sekarang tentu saja sudah paham cara menampilkan blog dengan rapi.

Tentang Kinerja Blog

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mengenai kinerja blog, antara lain dapat dilihat dari kecepatan loading suatu blog, Pagerank (PR) dan Alexa rank. Ada beberapa pilihan untuk mengetahui kecepatan loading sebuah blog. Salah satunya adalah iwebtool.com, pada bagian Website Speed Test, yang bisa memuat dan membandingkan kecepatan beberapa blog sekaligus (hingga 10 blog).

Blog Ijo, berbanding dengan try2bcoolnsmart

Blog Ijo, berbanding dengan try2bcoolnsmart

Hasil tes menunjukkan kecepatan Blog Ijo lebih baik dibanding blog satunya, yaitu dengan Load Time 0,09 detik. Saat menggunakan tool lain, mungkin saja didapat hasil yang berbeda.

Pagerank dan Alexa rankPada sidebar Blog Ijo ditempeli widget PR dan Alexa. Penyematan widget tersebut memang diperlukan. Pengunjung blog dapat segera menilai bagaimana pencapaian blog melalui angka-angka yang tertera. PR Blog Ijo adalah 3, yang menunjukkan bahwa blog tersebut memiliki posisi yang baik di dunia maya serta akan lebih mudah dalam mendatangkan cring-cring. Sementara Alexa rank-nya cukup gendut, yaitu 3.044.610. Angka ini menunjukkan aktifitas ngeblog si empunya yang bergerak perlahan, santai, alias slow saja, padahal usia blog sudah cukup lama. Dengan meningkatkan aktivitas ngeblog, maka angka Alexa akan bertambah ramping.

Tentang Isi Blog

Dalam rentang waktu di antara Bulan Juni 2007 hingga Juni 2013, tercatat 547 total tulisan pada Blog Ijo. Hal ini menandakan Mas Aprie agak jarang meng-update blognya. Bila dilihat jumlah postingan pertahunnya, tahun 2008 mencapai angka tertinggi dibanding tahun-tahun lainnya. Setelah itu terlihat semangat ngeblog Mas Aprie menurun. Mungkin karena terkendala kesibukan pekerjaan. Untuk tahun 2013, hingga tanggal 29 Juni, baru tercatat 39. Artinya hanya ada rata-rata 6,5 postingan dalam satu bulan.

Sesuai dengan yang disampaikan Mas Aprie pada halaman ‘Tentang Saya’, Blog Ijo berisi berbagai topik tulisan. Hal pertama yang ingin kukatakan adalah blog ini bernas, berisi. Tulisannya, mungkin tidak terlalu panjang dalam setiap postingan, namun selalu bermakna. Memang tidak terlalu terlihat transformasi tulisan antara masa-masa awal ngeblog, hingga sekarang. Ini menandakan kematangan yang sudah dimiliki pemilik blog sejak awal. Perubahannya hanya pada tema yang sering ditulis. Dulu, cukup sering menulis hal-hal yang berbau curhat, kini sudah jarang.

Mas Aprie adalah pemerhati Bahasa Indonesia. Karenanya ia membuat label halaman ‘Belajar Indonesia’ dan kerap membahas beberapa kata yang sedang ‘tren’ digunakan di Indonesia, seperti “ciyus”, dll. Selain dalam Bahasa Indonesia, beberapa postingan di Blog Ijo ditulis dalam Bahasa Inggris dan penggalan Bahasa Jepang.

Pada halaman ‘Peta Wisata’, Mas Aprie memanjakan pembaca blog dengan rangkuman link puluhan tulisan hasil oleh-olehnya bepergian. Ada tulisan tentang Samarinda- kota yang didiami Mas Aprie saat ini, Balikpapan, Manado, Solo, Semarang dan Jogja-sebagai tempat asalnya. Lalu ada pula tulisan tentang pengalaman Mas Aprie saat ke Malaysia dan Thailand, yang dilengkapi dengan tips travelling.

Demikian pula halaman ‘Tips Fotografi’, berisi link-link menuju tulisan di Blog Ijo yang sangat bermanfaat bagi penyuka fotografi. Misalnya mengenai cara “Mengoptimalkan Kamera Saku” dapat menjadi panduan bagi yang tidak/belum memiliki kamera DSLR.

Tentang Promosi

Mengaku bukan tweep yang memiliki banyak follower, namun aktivitas Mas Aprie terlihat sangat gencar di ranah social media seperti Facebook dan Twitter. Ini terlihat dari disematkannya widget twitter di sidebar Blog ijo. Berpuluh kali berkicau dalam sehari, merupakan langkah Mas Aprie dalam memantabkan personal branding. Tentu saja ini erat kaitannya dengan popularitas Blog Ijo yang juga turut dipromosikannya lewat lini masa. Tautan ke blog komunitas juga membantu promosi Blog Ijo, misalnya di isamarinda.net.

Adanya tombol share ke berbagai social media, juga membantu promosi Blog Ijo. Saat ada pembaca yang menyukai tulisan Mas Aprie, mereka bisa langsung berbagi tulisan tersebut dengan menekan tombol yang diinginkan (Faceboo atau Twitter).

Promosi lewat blogwalking sepertinya masih kurang dilakukan oleh Mas Aprie, atau mungkin lebih tepatnya kini agak jarang dilakukan. Bisa jadi karena kesibukan Mas Aprie. Hal ini berimbas pada minimnya jumlah komentar pada setiap postingan di Blog Ijo.

Tentang Kesimplan dan Saran

Blog Ijo adalah blog personal yang berisi tema campur-campur yang padat berisi. Konten blog yang bagus, sangatlah sayang bila tidak dipromosikan dengan maksimal. Promosi blog bisa dilakukan melalui social media atau blog walking. Selain itu ada pula satu cara yang juga efektif untuk mempromosikan blog, yaitu ikut serta kegiatan kuis, kontes blog atau giveaway, terlebih lagi bila bisa menjadi salah seorang pemenang. Blog beserta pemiliknya bisa meraih popularitas secara cepat.

Selain rajin promosi, menjaga konsistensi menulis juga menjadi hal penting dalam ngeblog. Hal ini penting untuk mengikat dan memikat pengunjung.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

12 thoughts on “[Blog Review] Blog Ijo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s