Cerita di Balik Selembar Kartu Keluarga

Sudah 2 pekan aku bekerja di tempat yang baru. Jenis pekerjaan yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Kali ini pekerjaanku berkaitan dengan jaminan kesehatan bagi warga kota. Benar-benar di belakang meja dan tak ada luka yang harus dijahit.๐Ÿ˜€

Salah satu persyaratan pembuatan kartu jaminan kesehatan adalah fotokopi Kartu Keluarga (KK). Tak jarang aku memperhatikan KK yang dibawa oleh warga. Selembar KK, bisa jadi menyimpan banyak cerita. Daftar yang berisi satu nama atau lebih itu menunjukkan sejarah sebuah keluarga. Anganku melayang, membayangkan cerita yang (mungkin saja) ada di balik kartu itu.

Misalnya, Salman Khan yang lahir di Makassar, menikah dengan Sumiati yang lahir di Medan. Anak pertama, Andi, lahir di Jakarta. Disusul dengan Anto, anak kedua yang lahir di Surabaya. Lalu Anti, anak ketiga lahir di Samarinda. Saat ini domisili keluarga Salman Khan di salah satu kelurahan yang ada di Kota Samarinda.

Bayangkan saja, bila kita adalah seorang penulis, mungkin kita bisa membuat sebuah novel berdasarkan data-data pada KK. Latar belakang keluarga Salman Khan dan Sumiati, bisa dibuat menarik. Pertemuan mereka berdua, mungkin merupakan kejadian yang unik, mengingat daerah asal mereka yang berjauhan. Lalu kota tempat kelahiran anak yang berbeda-beda, menggambarkan kehidupan mereka yang berpindah-pindah. Bisa jadi karena pekerjaannya yang berkaitan dengan kedinasan, atau hal lainnya.

Kemudian, bagaimana ceritanya sampai mereka akhirnya menetap bertahun-tahun di Kota Samarinda? Dan bagaimana kehidupan mereka di Samarinda? Karena ini adalah sebuah cerita rekaan, maka perlu dibuatkan sebuah permasalahan yang menjadi ruh cerita kita. Sip, jadilah sebuah kerangka/outline novel.

Jadi, kapan nih novelnya bakal di tulis? Sayup-sayup aku mendengar sebuah pertanyaan, entah dari siapa.

Aku terkekeh saja. Rasa “ma to the las” ini masih sulit untuk ditaklukkan.๐Ÿ˜€

29 thoughts on “Cerita di Balik Selembar Kartu Keluarga

  1. ternyata Akin bisa mendapatkan sisi menarik dari pekerjaan yang sekarang,
    yang biasanya melihat langsung drama pasien terluka, berdarah-darah.
    sekarang melihat yang tersirat.. sebuah kisah perjalanan dari balik sebuah kartu jamkesmas.

    selamat berkarya, Akin..!

  2. aaah.. betul Kin…,
    banyak cerita yang terungkap dari situ…, ada yg akhirnya terkuak ketika suami dan istri punya KK terpisah.., sang istri sendiri ya bercerita..
    selamat bertugas Kin dan semoga makin banyak dapat ide//

  3. Nanti kalau di berkahi tuhan aku akan buat KK yang setidaknya persis seperti itu.
    Terus aku buat novel.
    hahahhaaa *ngarep

    Bagus Tante, aku kembali mengacungkan lima jariku untuk tante.
    I Love You

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Akin…

    benar mbak, sungguh menarik sekali jika kartu keluarga itu diselidiki asal usulnya. Bisa menjadikan kita seorang yang perihatin dan menimbulkan rasa ihsan jika benar-benar tahu sejarahnya. Apa mbak, pernah menanya hal ini kepada pesakit yang membawa kartu keluarga yang meriah tempat lahirnya ?

    Semoga sukses di kantor baru ya. pasti lebih banyak tantanganya kerana sibuk di kaunter hadapan.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.๐Ÿ˜€

  5. Selamat menjalankan tugas di tempat baru, dari luka berdarah ke data murni. Asyiik ya menekuni data yang bercerita. Menunggu V Lestari nya Samarinda ah. Salam

  6. jadi ingat dulu sy pernah kerja di asuransi kak, banyak kartu Gakin data2 pasien dan diagnosanya.. terutama dari salah satu RS jiwa di jkt.. pernah kulihat ibunya Psikolog, dan kedua anaknya menderita schizophrenia.. kasian.. tapi kok kepikiran bisa jadi ide novel jg kali ini Kak *evil*๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s