Pengumuman Pemenang GA Cerita di Balik Aroma

Aku sangat suka berenang dan pantai. Sayangnya di Samarinda tidak ada pantai. Karenanya warga Samarinda biasanya pergi ke Balikpapan sebagai kota terdekat yang memiliki pantai. Di tepi pantai-pantai wisata di Balikpapan ditumbuhi oleh banyak pohon pinus. Entah memang demikian atau sengaja ditanam. Biasanya aku bermain dengan orang-orang yang datang bersamaku ke pantai. Di pantai itulah pertama kali aku mengetahui bagaimana bentuk buah (atau bunga?) pinus. Entah bagaimana dengan aromanya, hanya rasa segar yang terasa kala berada di bawah naungan bayang pohon pinus.

Jarak antara Samarinda-Balikpapan lebih dari 100 Km. Setiap kali ke pantai atau ada urusan lain, aku lebih senang naik bis daripada angkutan lainnya. Sayangnya, saat di bis terdapat berbagai aroma minyak-minyakan atau balsem. Dulu aku akan mual saat mencium aroma tersebut, namun sekarang aku sudah belajar membiasakan diri dan memahami mungkin saja ada orang yang memang butuh rasa nyaman dengan adanya aroma tersebut, semacam aroma terapi. Ada  yang suka mengantongi minyak kayu putih, minyak angin, atau balsem-balseman. Seperti halnya almarhum abahku dulu yang suka membawa balsem merek Rheumason kemana-mana. Memang orang tua wajar saja bila beraroma Rheumason, asalkan tidak beraroma minyak telon saja ya.😀

Aroma minyak telon itu adalah aroma milik bayi. Sangat khas. Minyak telon dianggap lebih cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Orang tua yang peduli terhadap kondisi bayinya tentu sangat menjaga kesehatan si bayi. Terlebih lagi bila sang ibu sudah melewati masa kehamilan yang tidak mudah, lalu di ujung kehamilan masih harus diberi satu-satunya pilihan bahwa sang ibu harus menjalani operasi caesar. Karenanya, kehadiran si bayi kemudian menjadi tanggung jawab yang diemban oleh orang tua. Namun tentu saja tanggung jawabnya berupa hal yang manis, karena si bayi menjadi cahaya bagi kedua orang tuanya.

Orang tua bertanggung jawab atas anak-anaknya. Bukan hanya sebatas hamil dan melahirkan mereka saja, namun hingga membesarkan mereka juga. Kedua orangtuaku membesarkanku dan kakak-kakakku dengan cara yang sederhana, karena kami memang keluarga yang sederhana. Gaji seorang buruh dicukupkan untuk kami semua, karena kami memang tak ingin apa-apa. Seingatku kami memang tidak pernah mengalami pahitnya hidup, seperti rasa secangkir kopi pahit. Kami sudah terbiasa untuk menyantap hidangan sup telur, menu andalan emak. Sebutir telur ayam, dimasak seperti memasak sayur bening dengan kuah yang banyak, cukup untuk semua anggota keluarga. Alhamdulillah, kami masih punya lauk untuk menemani makan nasi. Yang penting semua dapat, semua mencicipi.

*****

Alhamdulillah, penjurian untuk GA Cerita di Balik Aroma sudah usai. Membaca kisah masing-masing peserta membawaku berkelana ke berbagai aroma dan membayangkan peristiwa yang ada di sebaliknya. Pada tulisan di atas, aku sudah merangkum cerita-cerita 4 orang pemenang utama dan menulis kembali cerita mereka versiku. Belum terlihat? Baiklah, kuucapkan selamat untuk Zuhanna Priit Apikecil, Mbak Thia, Mbak Sandy dan Abiinya Noofa yang masing-masing akan mendapatkan sebuah kaos “Cool ‘n Smart Blogger” dan pulsa Rp 10.000.

*****

Karena ada sumbangan buku dari Ila Rizky, maka aku menambah 4 orang pemenang yang masing-masing akan mendapatkan sebuah buku(fiksi) dan pulsa Rp 10.000. Mari mengendus-endus kembali. Ada aroma kaos kakinya Mas Belalang, uugh… bauuu. Untungnya ditutupi oleh segarnya aroma sawah yang pernah digarap oleh Mbak Ririe Khayan. Mungkin segarnya sama seperti aroma Dija yang baru bangun tidur ya, Mbak Elsa? Ah, tidak semua orang seberuntung kita, karena penderita anosmia, tidak dapat mencium bau-bauan, seperti salah seorang sahabat yang dimiliki oleh Masbro.

*****

Yang terakhir, 4 orang yang masing-masing akan mendapatkan pulsa sebesar Rp 10.000. Pengendusanpun berlanjut. Sementara Mbak Puji Amirasih masih menantikan hujan yang turun ke tanah, aku mencium aroma pandan yang dikantongi oleh Mas Widodo. Berbeda dengan aroma lotion anti nyamuk yang sering dioleskan Mbak Enny di tubuh ayahnya. Berbeda pula dengan aroma cuko pempek buatan ibunya Mbak Mutia.

*****

Nah, kepada para pemenang, harap segera mengirimkan alamat serta nomor HP yang aktif, lewat email kakaakin@gmail.com atau lewat halaman kontak saya.

Terima kasih kepada Kang Sofyan yang telah bersedia menjadi juri pada event ini. Dan terima kasih juga kepada seluruh sahabat blogger yang berpartisipasi dan memberi perhatian pada GA Cerita di Balik Aroma.

Sampai jumpa pada event selanjutnya.:mrgreen:

65 thoughts on “Pengumuman Pemenang GA Cerita di Balik Aroma

  1. Ouw… Ouw… Gue aja yang pantai cuma 10 km gak pernah maen ke sana! Gue gak bisa renang! Bhahaha

    Btw, congrats ea wat fara femenang! \^_^/

  2. Aroma roti di Amerika keok.
    Malah kalah sama operasi kaisar
    Selamat kepada para pemenang semoga semakin memcau semangat untuk menulis.
    Selamat kepada shohibul kontes
    Salam hangat dari Surabaya

  3. KakaAkin bikin ceritanya kreatif, bisaaa aja…
    Kak, saya kirain pohon pinus itu adanya hanya di dataran tinggi loh.. Karena di sekitaran Jakarta ndak ada, dan di pantainya Jakarta (Ancol dan sekitarnya) hanya ada pohon kelapa..

    Begitu saya baca komentar KakaAkin di posting sy itu, langsung sy gugling.. Ternyata pohon pinus dapat hidup di ketinggian 0-2000 mdpl… Tapi utk tumbuh optimal di habitat diatas 400mdpl.. Dapat dari sini Kak: http://rumah2hijau.wordpress.com/2012/08/06/pinus-si-evergreen/ …Hihihi..

    Sumpaah saya ingin banget liat pohon pinus yg ada di pantai… Aaahhh apa cuma ada di Balikpapan?😀

    Alhamdulillah… Makasiiih kakaAkin.. makasih juga atas apresiasinya, Kang Sofyan…🙂
    Selamat utk semua pemenang… ^_^

    Semoga sukses selalu ya Kak… ^_^

  4. Weits, pagi-pagi ada yang ngambil kaos kaki saya di mare. Jadi batal ngantor deh. sayangnya, ga ada hiburan tahu campur. Terima kasih, Kak. Makasih Kang Sofyan. Idenya unik, jadi pengen nulis tema serupa lagi. Salam dari Kota Hujan..Brrr!

  5. mbak Akin dan panitia..ma kash banget. Serius gak nyangka jika saya akhirnya kutan dalam daftar pemenang.

    Selamat utk pemenang semuanyaa……………

    Selamat utk mbak Akin atas sukses event GAnya

  6. Selamat buat yang dapet hadiahnya🙂 Wah panitianya lagi sibuk nih beres2 bekas ngadain hajatan:mrgreen: tolong dicuci semua biar nggak ada aroma-aroma yang nggak sedap🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s