Blogger Samarinda di ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 (Part 2)

Berkumpulnya blogger se-ASEAN boleh dibilang merupakan sebuah hal yang langka, karena event ASEAN Blogger Festival tidak diadakan setiap tahun, melainkan dua tahun sekali. Tahun ini Indonesia masih berlaku sebagai tuan rumah dengan Kota Surakarta sebagai tempat penyelenggaraan, sebagaimana halnya 2 tahun yang lalu di Bali. Adanya ASEAN Blogger Festival Indonesia (ABFI) 2013 kemudian menjadi sebuah kesempatan baik bagi lebih dari 200 blogger yang hadir sebagai peserta. Setiap peserta mendapatkan porsi waktu yang sama, yaitu sekitar 4 hari yang telah disediakan oleh panitia. Para blogger hanya perlu meniti setiap sesi yang telah disusun dalam jadwal. Aku merasa bangga bisa menjadi bagian dari ABFI 2013.

ABFI 2013 memfasilitasi berkumpulnya berbagai komunitas blogger yang ada di negara-negara ASEAN. Berdasarkan pemberitahuan resmi di website ASEAN Blogger, ABFI 2013 diikuti oleh 100 perwakilan dari berbagai komunitas blogger di Pulau Jawa, 50 perwakilan dari berbagai komunitas di luar Pulau Jawa, 50 blogger perwakilan dari 10 negara ASEAN, 15 praktisi sosial media di Asia Tenggara, serta 15 orang ahli dan nara sumber. Melalui ABFI, diharap bisa terjalin kebersamaan untuk membentuk komunitas blogger ASEAN, yang mana nantinya akan menjadi bagian dari Komunitas ASEAN 2015.

Membayangkan bisa bertemu dengan rekan-rekan blogger dari komunitas-komunitas yang ada di Indonesia, sangatlah menyenangkan. Hal ini membuatku mendapatkan ide untuk membuat semacam kuis mini di sela-sela kegiatan ABFI 2013, dengan tujuan mempererat persahabatan antar blogger. Bila mengikutkan seluruh peserta ABFI, tidaklah mungkin karena jumlah yang cukup besar. Karenanya dari Samarinda aku merencanakan menggelar kuis bagi komunitas Warung Blogger(WB), sebuah grup di Facebook dengan anggota mendekati angka 3.000 orang, wadah dimana aku juga menjadi anggotanya (selain di komunitas blogger Samarinda). Bila tidak salah hitung, ada sekitar 15 orang anggota WB -yang juga merupakan utusan dari komunitasnya masing-masing- yang menjadi peserta ABFI 2013. Menurutku jumlah itu cukup sebagai peserta kuis mini. Akupun melakukan woro-woro. Setelah medapat restu dari Sang Pionir WB dan melihat antusiasme rekan-rekan, kami memutuskan untuk mengadakan kuis pada hari kedua ABFI, Jum’at malam (10/5), usai kunjungan ke Mangkunegaran Art Festival.

Juri Kuis Mini di ABFI 2013Aku sebagai penyelenggara kuis mini merangkap juri, menggandeng blogger Ila Rizky untuk berpasangan denganku sebagai juri. Konsep kuis sudah kupersiapkan. Bila biasanya blogger berbicara melalui tulisannya, maka kali ini aku menantang blogger untuk berbicara secara langsung, memverbalisasikan pikirannya. Aku membuat dua buah gulungan kertas yang masing-masing berisi angka yang mewakili tema ringan yang yang sudah kusiapkan. Setiap peserta memilih satu gulungan dan mendapat kesempatan selam 3 menit untuk berbicara.

Tema 1: Ceritakan hal apa yang membuat Sahabat merasa homy (nyaman) saat sedang berada jauh dari rumah.

Tema 2: Ceritakan tentang teman sebangku Sahabat waktu masih duduk di sekolah dasar.

Sekitar pukul 22.00 WIB rekan-rekan sudah berkumpul. Semula aku merencanakan mengadakan kuis di lobi Kusuma Sahid Prince Hotel. Kemudian beberapa rekan menyarankan untuk memindah tempat kuis ke halaman di sela-sela kamar hotel, supaya lebih nyaman, kata mereka. Ternyata benar, suasananya mendukung keakraban antar blogger. Gundukan tanah di halaman menjadi tribun tempat duduk para peserta/audien. Acara kuis diawali dengan perkenalan diri, termasuk penyampaian akun FB, twitter serta blog. Meskipun beberapa diantara kami sudah saling mengenal di dunia maya, namun masih ada yang belum tahu sosok sebenarnya. Acara yang semula direncanakan untuk anggota WB, kemudian menjadi berkembang dan bertambah seru dengan kehadiran rekan-rekan blogger dari komunitas lain, diantaranya blogger Aceh, Bali, Manado, dll.

Kuis Mini di ABFI 2013Makin dekat, makin akrab🙂 (Credit: Anazkia)

Kuis berlangsung sangat menyenangkan. Celetukan-celetukan ringan di sela-sela penampilan peserta, maupun saat peserta tampil, menyegarkan suasana. Ada yang merasa senang saat kebetulan mendapatkan tema yang pas di hati, ada pula yang agak merasa kecewa. Tidak semua rekan blogger yang hadir di halaman itu mau ikut sebagai peserta kuis. Ada yang mengeluh lelah dan mengantuk, adapula yang masih malu-malu. Aku mencatat keseluruhan jumlah peserta kuis mini malam itu adalah 20 orang. Sebuah angka yang mengejutkan untuk sebuah acara yang dipersiapkan dengan sederhana.

Peserta malu-malu yang berlindung di balik punggungku :D

Peserta malu-malu yang berlindung di balik punggungku😀 (Credit: Tengku Muda)

Usai proses penjurian di kamar 319, aku dan Ila Rizky langsung mengumumkan pemenang malam itu juga. Kami memilih 5 peserta terbaik. Masing-masing pemenang mendapatkan sebuah kaos bertuliskan “Cool and Smart Blogger” (sesuai dengan tagline blogku), yang sudah kupersiapkan dari Samarinda. Para pemenang tersebut adalah Kang Ade Truna (blogger Bandung), Mbak Alaika Abdullah (Srikandi Blogger 2013), Mbak Yuniary Nukti (dblogger Surabaya), Idah Ceris (blogger Banjarnegara), Mas Tengku Muda (blogger Aceh).

Penyerahan hadiahPenyerahan hadiah kepada pemenang. Kiri Tengku Muda, kanan Akin🙂 (dari kameranya Tengku Muda)

Alhamdulillah, acara kuis malam itu berjalan lancar. Supaya rekan-rekan WB yang tidak berada di venue juga bisa turut merasakan serunya kuis mini, salah seorang rekan WB melakukan live tweet dengan memanfaatkan jaringan wifi sekitar hotel yang disediakan oleh PT. Telkom.

Demikianlah cerita tentang kuis mini, sebuah acara informal yang kuselipkan di sela kegiatan ABFI 2013. Acara kecil di sela kamar-kamar Kusuma Sahid Prince Hotel ini memang tidak mencakup keseluruhan peserta. Namun semoga lingkup kecil ini dapat menjadi kebersamaan yang solid dan membawa pengaruh yang baik kepada komunitas blogger masing-masing yang terintegrasi dalam komunitas ASEAN Blogger menuju Komunitas ASEAN 2015.

18 thoughts on “Blogger Samarinda di ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 (Part 2)

  1. Kuisnya emang seru banget lho, K Akin! Keakraban para blogger peserta kuis ini kerasa banget, walo mungkin banyak juga yg blm pernah ketemu dan interaksi langsung di dunia nyata. Sukses deh kuisnya. Eh iya, trims utk kaos kerennya, yaaa.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s