Diet itu…

Apa kabar Diet 3 gram emas?

Peserta kompetisi ini memang hanya segelintir. Terakhir tercatat hanya 3 peserta, termasuk aku, namun kami tetap bersemangat. Bagi yang ingin tahu kisah tentang kompetisi kecil-kecilan ini, silakan klik saja link di atas.🙂

Apa sih diet itu? Diet sebenarnya merupakan pengaturan asupan makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Misalnya diet pada penderita Diabetes, disebut diet rendah gula. Lalu diet pada penderita Hipertensi, disebut diet rendah garam.

Kini istilah diet yang dipahami oleh masyarakat luas adalah mengenai seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, seperti yang sedang kujalani saat ini. Setelah membaca beberapa tulisan tentang diet untuk menurunkan berat badan, aku menyimpulkan beberapa hal.

1. Harus tetap makan, bukannya menahan lapar. Tujuannya kan untuk menurunkan berat badan, bukan untuk jatuh sakit.😀

2. Sarapan itu penting. Karena perut sudah terlalu lama kosong, sebaiknya diisi.🙂

3. Perhatikan makanan yang dimakan. Rendah gula, rendah garam, rendah lemak, tinggi protein.🙂

4. Imbangi dengan olah raga. Kalori perlu dibakar.🙂

5. Penurunan berat badan tidak bisa dicapai secara instan.

Berbekal pedoman di atas aku pun menjalankan diet. Aku makan sekitar 3 kali sehari. Kucoba untuk makan hingga kenyang, bukan kekenyangan. Pernah kucoba untuk makan sedikit, ternyata tak lama kemudian aku mulai melirik kripik dan jajanan. Lebih baik makan hingga kenyang, jadi tak perlu ngemil lagi. Di sela-sela waktu makan, aku mengkonsumsi buah-buahan. Oh iya, aku mengganti nasi yang kumakan dengan oat/havermut. Kebetulan aku sangat suka makan bubur, jadi aku tidak masalah dengan tekstur oat. Cemilan sudah tidak tersedia lagi di meja lappy-ku. Sekarang aku juga sudah sangat jarang beli martabak bila pulang kerja di malam hari.

Yang paling sulit bagiku adalah olah raga. Kakiku tak kuat untuk berlari. Aku tak punya sepeda untuk gowess. Aku tak punya kolam renang untuk kurenangi. Aku tak punya waktu untuk olah raga jalan cepat di stadion. Eh, bila ditelusuri, sebenarnya perihal ketidakmampuan membakar kalori ini adalah dikarenakan rasa malas. *mengakui😥

Belum genap lagi sebulan perjalanan kompetisi diet di tempat kerjaku. Aku bersyukur karena setidaknya sudah ada pergeseran jarum timbangan ke angka yang lebih kecil. Masih ada lebih dari 2 bulan hingga akhir kompetisi. Kuharap aku bisa melakukan cara yang sehat untuk menurunkan berat badan, yang artinya memasukkan agenda olah raga juga di dalamnya.😀

Tiga gram emas bukanlah sebuah tujuan. Aku ingin mencoba hidup yang lebih teratur dan sehat. Terlebih lagi angka kolesterol dalam darahku yang harus diturunkan.

Semoga berhasil, Kin!

:mrgreen:

36 thoughts on “Diet itu…

  1. Sepertinya saya harus memperhatikan jenis makan dan pola makan nih Mbak, soalnya bertambah hari pipi saya semakin tembem dan perut tambah endut. Kolesterol dan TG ku mulai meningkat nih Mbak.

  2. Ayoo semangat, kak
    aku aja pengen bgt bisa olah raga, tp rasa malas itu..deuuh..hihi

    atau sesekali jalan kaki jg bagus tuh, kak, berangkat ke kantor lebih pagi terus jalan kaki sampe mana…lalu lanjut naik angkot.. aku suka gitu😀

  3. Saya rasa jalan kaki rutin … akan sangat membantu kak …
    (kalau tidak sempat bersepeda )

    Cobalah sekali-sekali tidak membawa motor … dan coba untuk berjalan kaki …
    bertahap … jangan langsung jauh … step by step

    salam saya Kak

Leave a Reply

