Diet 3 Gram Emas

“Akin ternyata gendut ya?” ucap seorang sahabat maya yang akhirnya kujumpai nyata, pada suatu hari.

“Ah, masa’ sih?” sahutku sambil pura-pura amnesia bahwa bobotku mencapai 50 Kg plus 20 Kg.

“Iya lah. Lihat aja lipatan lemak di perutmu. Aku gak suka cewek gendut.”

“Hehehe…” akupun (terpaksa) hanya terkekeh karena speechless.

Percakapan itu mengingatkanku pada resume Medical Check-Up yang kujalalani beberapa waktu yang lalu. Aku disarankan untuk memangkas 10 Kg kelebihan bobotku. Terlebih lagi kadar kolesterol dalam darahku agak sedikit melebihi level normal. Aku pun disarankan untuk melakukan olah raga dan mengatur pola makan.

Hehe… aku menyalahkan kesibukanku dalam beberapa bulan ini, seperti persiapan pernikahan sepupu, kesibukan beranjangsana-anjangsini dan kebanyakan makan di luar, sehingga body-ku seperti ditiup saja. Seingatku, hanya dalam beberapa bulan ini, jarum penunjuk di timbangan sudah melebihi 5 skala dibanding bobot sebelumnya.

Beberapa hari yang lalu, saat aku sedang jaga di puskesmas, tiba-tiba dari percakapan beberapa orang temanku tercetus ide untuk berlomba dalam diet. Ya,  kami para peremuan yang berbobot agak lebih ini memutuskan “barang siapa yang bisa paling banyak menurunkan bobotnya, maka akan diberi reward“. Tujuan pemberian reward dimaksudkan agar kami lebih bersemangat dalam melaksanakan diet. Tidak tanggung-tanggung, temanku menyarankan emas 3 gram sebagai reward. Bagi yang kalah, mereka urunan untuk pembelian reward ini.

“Supaya aku lebih semangat, Mbak. Kalau hadiahnya cuma jilbab, aku bakalan melempem deh,” ucap salah seorang temanku.

Akhirnya disahkanlah lomba mini tersebut. Berlaku sebagai dewan juri adalah salah seorang dokter kami yang imut dan cantik, namun tentu saja langsing. Diputuskan waktu perlombaan adalah 3 bulan. Bobot ‘before’-pun ditimbang dan dicatat. Tak ketinggalan kami berfoto ‘before’ juga.😀

Syarat lomba ini adalah tidak boleh menggunakan cara curang dalam menurunkan bobot, misalnya menggunakan obat-obatan untuk mengurangi nafsu makan, dll.

Dalam perjalanannya, beberapa orang temanku mengundurkan diri. Entah karena tidak yakin bisa menurunkan bobot, atau karena hadiah yang harganya dianggap lumayan mahal, sehingga dirasa cukup berat bila mereka kalah. Aku termasuk orang yang tetap berada dalam daftar peserta. Bukan karena aku mengharapkan akan mendapat emas 3 gram, atau agar disukai oleh seseorang, namun karena memang sudah seharusnya aku menurunkan bobot. Mau tidak mau, aku harus siap bila aku kalah. Namun, bila aku tak ingin mengeluarkan uang untuk membeli reward, maka aku harus serius dalam melakukan diet.

Bila dihitung-hitung, aku telah lumayan banyak melakukan penghematan, karena aku mengurangi porsi jajan.

No gorengan

No kripik

No coto makassar

No bakso (tapi kalo lagi pengen banget, boleh deh…😀 )

Tulisan ini sengaja kubuat, juga dengan tujuan sebagai pengingat bagiku. Kalau temanku, ada yang berencana memajang gambar bentuk emas (cincin/kalung/gelang) di kulkasnya.

“Supaya ingat bahwa sedang diet berhadiah 3 gram emas, ” katanya.:mrgreen:

Sekalian saja pada tulisan ini kupajang juga fotoku beberapa tahun yang lalu. Kalau tidak salah, bobotku waktu itu ‘hanya’ 55 Kg. Semoga berhasil. Jangan lupa olah raga, Akiiin!! <— ngomong ke diri sendiri😀

Masih (agak) langsing :D

Masih (agak) langsing😀

Goal: Badan langsing dan sehat, emaspun didapat. Aamiin🙂

41 thoughts on “Diet 3 Gram Emas

  1. Ikut mengaminkan. Semoga dapat berhasil dan meraih hadiah emasnya Mba. he,,,,x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    • Haha… salah satu foto jadul, Prit😀
      Teman-teman pada milih emas. Makslum, mereka adalah emak2. Biasanya emak-emak doyan emas kan ya? Aku ngikut aja dah. Kalo menang kan lumayaan😀

  2. Haha! Sejak bobot saya 45kg hingga plus plus plus sekarang, belum pernah ada yg blg saya langsing Mbak. Krn bentuk bempernya gede wkwkwk
    Jadi dibilang gendut mah udah biasa🙂
    Cuman akhir2 ini yg saya khawatirkan memang kolesterolnya.
    Harus mulai hati2 nih.

    Itu teman maya Mbak Akin, gak sopan banget komentarnya😛

  3. Waaahhh …
    Ini perlombaan yang luar biasa nih …
    dan kalau menang dapat dua hadiah sekaligus …
    Badan lebih langsing …
    plus emas 3 gram …

    Ayo Kak … diatur pola makannya …
    banyak olah raga ..
    (supaya nanti lebih disukai oleh seseorang itu ) (qiqiqiqi)

    Salam saya Kak
    (Januari 70 kg)
    (April : 65 kg)
    (asik gak … asik gak …)(padahal nggak diet lho ?!)

  4. Uhuk, diriku pun sudah overweight banget2 kak, tapi ga bisa rutin olahraga coz udh tepar duluan pulang kerja, makan udah dijaga padahal, tapi alhamdulillah kolesterol mah aman2 aja sih hihihihi

  5. Berat badanku 45 Kg sejak aku masuk SMP dan itu berkelanjutan sampai skarang🙂, dan sekarang tinggiku mencapai 170 CM … jadi aku manusia langsing🙂

    Semoga bisa memenangkan lomba ini Kak, andai aku bisa ikut, pasti aku juaranya, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s