Cara Membuat Jagung Keju

Pertama kali aku menyantap jagung keju adalah sekitar 8 tahun yang lalu. Waktu itu aku bepergian ke Pasar Pagi Mangga Dua, Jakarta, bersama beberapa orang rekan kerja. Kami tertarik saat melihat stan yang menjual jagung pipil yang disajikan dalam cup palstik. Jagung keju, namanya. Saat pertama kali kucicipi, aku sangat suka rasanya. Setelah kembali ke Samarinda, aku lalu mencoba membuat sendiri. Kucoba mengingat-ingat cara membuat jagung keju dengan meniru penjual yang sempat kulihat di Mangga Dua. Awalnya, jagung yang kugunakan adalah jagung pipil beku yang kubeli di supermarket. Namun belakangan aku baru menyadari bahwa harganya lumayan mahal dan jumlahnya sedikit. Akhirnya aku menggunakan jagung manis segar.

Tahun baru kemarin aku turut membeli jagung manis yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Karena aku tinggal serumah dengan para lansia (emak, tante dan paman), maka akan lebih bijak bila aku tidak mengolah jagung dengan cara membakar atau merebusnya utuh. Lalu aku memutuskan untuk membuat jagung keju.

Aku yakin di antara Sahabat ada yang sudah sering menyajikan camilan jagung keju ini di rumah. Kata keponakanku, di sekolahnya juga menjual jagung keju dalam cup berukuran kecil. Nah, bagi yang belum bisa membuatnya sendiri, berikut ini kutuliskan resep jagung keju.

Jagung Keju

Bahan-bahan:

3 buah jagung manis
Keju chedar parut secukupnya
Susu kental manis
Sedikit margarin

Cara membuat Jagung Keju:

  • Pipil jagung manis dengan cara menyisirnya. Lalu kukus hingga matang.
  • Siapkan wadah berupa gelas atau cup plastik. Masukkan beberapa sendok jagung yang masih panas, hingga setengah wadah.
  • Tambahkan margarin seujung sendok teh
  • Masukkan susu kental manis secukupnya, lalu taburi keju parut.
  • Masukkan lagi beberapa sendok jagung. Lalu tuangkan susu kental manis dan taburi dengan keju parut.

Tambahan: Bila menyukai rasa pedas, jagung keju ini bisa ditambahkan sedikit saus sambal.

Jagung kejuAh… Rasanya sungguh nikmat. Manis dan gurih. Tak cukup sekali, maunya tambah lagi dan lagi😀

Jagung keju ini merupakan salah satu jajanan khas mall. Kalau tidak salah, di mall Samarinda, harganya mencapai Rp 10.000 untuk tiap cup-nya. Dengan membuatnya sendiri, maka kita sudah menghemat puluhan ribu rupiah. Lagi pula kita bisa mengatur sendiri bila ingin menambah susu kental manis, atau keju parutnya.

Demikianlah tulisanku tentang cara membuat jagung keju. Tertarik untuk membuatnya, Sahabat?

25 thoughts on “Cara Membuat Jagung Keju

  1. aku suka banget sama jagung rebus, apalagi tinggal ngemplok gitu hehehe
    tapi senangnya masak sendiri, ngerasa rugi klo beli diluar hahaha … *pelit*
    abis cuma dapat sedikit. klo di rumah kan puas as as hehehe

  2. Resep jagung keju ini membuat saya lapar mbak, sedang puasa nih.😀

    Saya biasa menyajikan keluarga dengan jagung kukus, cuma ditambah garam dan marjerin sahaja. Tidak pernah dengan keju atau susu pekat (kental). pasti akan saya coba.

    Tapi kalau membelinya di Mall, saya selalu memilih jagung dengan taburan keju atau honey.

    Terima kasih atas kongsiannya.
    Saya copas postingan mbak Aakin ini, ya.😀

  3. Lima tahun lalu di mall batam sdh ada cemilan yg seperti ini, cuman harganya agak mahal, rasanya bervariasi ada jagung keju, jagung coklat, atau variasi keduanya, muaantep pool rasanya, aku suka banget…dan sampe sekarang anak2ku pada doyan..

Leave a Reply

