Writing Workshop Tulis Nusantara

Untuk pertama kalinya aku mengikuti semacam pelatihan menulis, yaitu kemarin, tanggal 8 Desember 2012. Pelatihan itu bertajuk Writing Workshop #Roadshow12kota dalam rangka Kompetisi Menulis Tulis Nusantara yang diadakan oleh Kemenparekraf bekerjasama dengan NulisBuku.com dan Plot Point. Aku ikut workshop yang terdekat dari Samarinda, yaitu Balikpapan, tepatnya di gedung Perpusda. Salut banget, karena kompetisi ini disertai dengan workshop untuk menambah pengetahuan orang-orang yang potensial menjadi peserta kompetisi.

Acara kemarin berjalan seru dengan pembicara Mbak Windy Ariestanty yang merupakan seorang penulis dan editor, serta Mas Ash Shiddiq dari Plot Point. Meskipun aku datang terlambat, aku berusaha menyerap sebaik-baiknya apa yang disampaikan oleh pembicara. Banyak hal yang sangat perlu untuk kugarisbawahi, karena memang pengetahuanku soal tulis-menulis ini memang sangat sedikit.

Kata Mbak Windy, “Penulis yang malas itu cenderung menggunakan kata sifat, misalnya kata bingung, dst.”

Aku terkikik dalam hati. Memang tulisanku selama ini tak banyak memiliki variasi kata atau kalimat. Padahal, menurut Mbak Windy, contoh kata bingung itu bisa dikembangkan dengan menggunakan kata-kata lain yang mendeskripsikan keadaan yang sesuai dengan kata bingung.

Tips dari Mbak Windy bila kita mengalami masalah pada diksi (pemilihan kata), yaitu sebuah latihan dengan cara membuka kamus Bahasa Indonesia. Banyak kata-kata dalam kamus yang belum kita ketahui. Silakan ambil secara acak, lalu gunakan kata itu dalam sebuah kalimat/tulisan.

Mas Arief juga memberikan pelajaran penting. Ia mengajarkan tentang konsep bagaimana cara membuat cerita yang baik. Pantas saja kebanyakan cerita yang kutulis berantakan, karena aku tidak mengerti bagaimana cara menulis cerita sebenarnya.

Lalu setelah workshop ini, apakah aku dapat menulis cerita dengan baik? Harapanku sih begitu. Tetapi selama rasa malas melingkupi, aku tak akan melangkah kemana-mana. Harus lebih semangat nih!😀

Ayo menulis!! :)

Ayo menulis!!🙂

Bagi Sahabat yang belum mengetahui informasi tentang Kompetisi Menulis Tulis Nusantara, silakan langsung ke web-nya tulisnusantara.com (ternyata link-nya langsung terarah ke NulisBuku.com). Ada 3 pilihan pada kompetisi ini, yaitu cerpen, puisi dan esai. Ayo ikutan, karena kompetisi ini berlangsung dari tanggal 17 November-15 Desember 2012. Deadline-nya sudah dekat. Jangan lupa ya…🙂 (eh, aku sendiri belum menulis untuk kompetisi ini😀 )

15 thoughts on “Writing Workshop Tulis Nusantara

  1. sebetulnya ingin ikut.. sayang masih 14 tahun (di syarat peserta usia dibatasi min 17 tahun)..😦 ….kalau masalah penulis yang malas itu.. mungkin aku masih termasuk di dalamnya😦 *akan mencoba lebih rajin lagi🙂

  2. Banyak kata-kata dalam kamus yang belum kita ketahui. Silakan ambil secara acak, lalu gunakan kata itu dalam sebuah kalimat/tulisan.

    Tips yang sangat jitu … I never think about it … !!!
    Thanks Kak

  3. Bicara masalah kamus besar bahasa Indonesia …
    maka saya ingat dua orang blogger … yang sering mengacu pada kamus ini …
    Pak Marsudiyanto dan Imelda Coutrier

  4. Wah sudah memulai langkah untuk menjadi pemulis terkenal nih mbak😕 aku sendiri masih tetap dengan polaku, meskipunitutidak baku dalam dunia perbukuan. Masalah kata ataupun kalimat baru yang jarang kita pergunakan, keknya masih banyak blogger yang melupakan hal ini. Dan aku adalah salah satunya😆

Leave a Reply

