Nama-nama Ikan

Sangat menyenangkan saat mendengar cerita teman-teman tentang anak-anak mereka. Maklum, karena aku belum berkeluarga, jadi sementara ini aku cukup memperhatikan anak-anak orang lain saja dulu. Kebanyakan cerita-cerita itu lucu-lucu, karena berkaitan dengan tingkah laku anak kecil yang sering kali menggemaskan.

Kemarin Tia bukan nama sebenarnya menceritakan tentang Alif, anak pertamanya yang sekolah di Taman Kanak-kanak. Kata Tia, waktu itu Alif sedang bercerita kepada Papahnya. Tia juga mendengarkan sambil mengerjakan kegiatan lain.

Alif berkata, “Papah, tadi waktu di sekolah bunda bertanya tentang nama ikan. Kata bunda, siapa yang bisa jawab, angkat tangan. Alif langsung angkat tangan, Pah. Alif jawab ‘ikan pallu kacci’.”

Sontak saja papah dan mamah Alif tertawa mendengarnya, karena pallu kacci sebenarnya adalah nama sejenis masakan ikan khas Makassar.

Lalu Alif menambahkan, “Bunda bertanya, apa itu ikan pallu kacci. Alif bilang ikan yang warnanya emas-emas.”

Rupanya cerita Alif masih berlanjut, “Bunda bertanya lagi siapa lagi yang bisa menyebutkan nama ikan. Sebenarnya Alif mau angkat tangan, Pah. Tapi tidak jadi. Alif mau menjawab ‘ikan asin’.”

Tawa mamah dan papah Alif kembali berderai. Bagaimana tidak, rupanya Alif telah salah faham mengenai nama-nama ikan. Dia mengira nama ikan adalah nama masakannya. Lalu Tia menjelaskan yang sebenarnya dimaksud dengan nama ikan, antara lain ikan lumba-lumba, ikan hiu, ikan bandeng, dll.

Saat Tia menceritakan kisah Alif kepadaku dan teman-teman lain di Pukesmas, kami juga tertawa terpingkal-pingkal. Kami tahu bahwa ikan pallu kacci adalah salah satu masakan favorit keluarga Tia, karena suaminya yang berasal dari Sulawesi. Ikan asin juga cukup sering disajikan di rumah Tia.

“Sepertinya Alif ini menyebutkan nama-nama masakan ikan yang sering kumasak di rumah,” kata Tia sambil tertawa.

Lalu kami menimpali, “Jangan-jangan nanti Alif akan menyebutkan nama-nama ikan selanjutnya ikan goreng atau ikan bakar.”

Hehehe… Ah, Alif… ada-ada saja…😆

25 thoughts on “Nama-nama Ikan

  1. haha, ada2 aja ya, mba😀 kebayanglah anak-anak itu memang polos. kalo dulu adekku bilang, yang ikut kerja bakti kan cuma bapak2, dia jawab kayak gitu, disalahin sama gurunya pas jawab soal pilgan. jawaban yg benar ya semua orang ikut kerja bakti. wkwk. xD

  2. seringkali kita nggak pernah nyangka omongan, kosa kata baru yang keluar dari buah hati kita. Lucu, gemes, dan banyak hal menarik pada si kecil. Saya sudah melalui kelucuan anak-anak karena udah punya 3 momongan.
    Nggak percaya kalo anak kecil itu hiburan hati yang luar biasa ?. Coba buktikan sendiri qqq

  3. setidaknya Alif ‘berani’ menjawab ya hihihi…
    Oh iya Ka, ralat sedkit, lumba-lumba itu bukan ikan, karena dia mamalia laut bukan masuk ke kategori ikan, cmiiw🙂

  4. Sepertinya memang ada kesalahpahaman bahasa di masyarakat kita Ka. seringkali kita menyebut lauk = ikan. Contohnya: Hari ini saya bikin sayur asem dan ikan tempe”. Tempe kan buka kategori ikan

    Ada lagi, orang Surabaya biasa menyebut sayur = jangan. “Hari ini saya masak jangan asem dan ikan tempe”

    Mestinya kata yang benar adalah Hari ini saya masak sayur asem dan lauk tempe.
    Kata lauk sepertinya jarang dipakai di masyarakat kita hehe..

    Ya kalau Alif jawab begitu gak salah juga sih, tapi lucu jadinya..

  5. he..he..kosa kata sering diartikan lain sama anak2
    cerita anakku jaman dulu: ”
    salah bantal tuh adek, kok lehernya pegal
    lalu adek bilang. : nggak kok ini bantalku sendiri….

  6. waktu kecil saya juga begitu loh mbaa…kalo main ABC lima dasar…
    ikan bakar, ikan goreng, ikan sarden…
    nama-nama ayam, ayam goreng, ayam bakar, ayam rebus, ayam sate..hehehehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s