Berburu Tas Etnik Unik di East Kalimantan Center

Blogger Samarinda mengadakan investigasi! Itulah acara yang kuhadiri pada hari Minggu, tanggal 10 Juni 2012. Acara investigasi ini bertempat di East Kalimantan Center, sebuat pusat penjualan berbagai macam souvenir khas Kalimantan, terutama Kaltim. East Kalimantan Center yang berada di Jl. P. Antasari, Samarinda ini bekerja sama dengan dtepian.blogdetik.com. Acara ini terbilang unik karena memadukan antara blogger dan sebuah tempat penjual kerajinan khas daerah. Serunya lagi, acara ini dilombakan. Setiap blogger yang hadir diharapkan menulis hasil investigasinya di blog masing-masing dan akan dipilih 3 juara. Aku segera melirik-lirik tas etnik khas Kalimantan yang sangat menarik.

Sayang sekali aku lupa kapan batas terakhir pengiriman tulisan, sehingga aku tak jadi menyertakan tulisanku pada lomba itu. Namun tak mengapa, karena ada pengetahuan lain yang bisa kubawa dari East Kalimantan Center, yaitu aneka ragam tas etnik unik yang dipajang disana.

Tas-tas etnik ini tak kalah cantik dengan tas KW yang sedang marak digunakan di kalangan perempuan. Misalnya saja yang satu ini. Tentu tak kalh cantik dibanding Tas Furla Candy Bag yang sedang mewabah itu kan?😀

Aku sempat menunjukkan foto tas di atas kepada seseorang dan aku menyebutkan kisaran harganya. Aku terhenyak saat mendengar tanggapannya, “…mendingan beli Hermes KW…”. Menurutku tas berbahan rotan dan dihias dengan detil manik-manik itu sudah sangat cantik. Kualitas bahan yang bagus dan pembuatan yang rapi, tentu merupakan salah satu produk asli Indonesia yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tas-tas bermerek tapi palsu. Pilihan warna yang beragam, bisa disesuaikan dengan warna pakaian yang kita miliki.

Jenis tas yang lebih casual juga ada. Seperti yang diperagakan oleh model di bawah ini. (dilarang protes😀 )

Selain berbahan dasar rotan, ada pula tas yang berbahan kulit kayu yang juga dilengkapi dengan detil manik-manik. Tas yang berbahan manik-manik secara keseluruhan juga ada. Rasanya tepat sekali bila tas-tas tersebut dijadikan oleh-oleh bagi yang bertandang ke Samarinda.

tas berbahan kulit kayu

tas berbahan manik-manik

Tentu merupakan sebuah kebanggaan saat dapat menggunakan tas yang diproduksi oleh perngrajin-pengrajin kita. Seperti halnya tas etnik khas Kalimantan yang ada di East Kalimantan Center.

16 thoughts on “Berburu Tas Etnik Unik di East Kalimantan Center

  1. wah beneran bikin ngiler tas -tas nya Kaa… tapi yang foto keempat alhamdulillah udah dapet hasil nodong oleh2 temenku, hihhi. apa kabar ka? Maap lama ga mampir sini

  2. Wah,,, fotonya bagus bagus, ujung ujungnya tumpul dan tidak lancip seperti gambar pada umumnya, terutama pada gambar gadis manis berkerudung yang mengapit tas dan tidak boleh diprotes itu, hehe… Ajarin dong bikinnya,,, trims.

  3. bagus kak …..
    Cumn syangnya pra wnita sekrng lebih mersa gaoolll ‘ ktanya ‘ klau mreka pke tas yg branded lah ….
    Kyk harmes dn kwn-kwnnya ..
    Pdahal , kan ada tu slogannya
    ” aku cinta produk indonesia ”
    hahaaa …., tpi sekrng mah ganti sudh slogannya ” aku cinta produk branded ” xixiii …
    Ooo yaa , kalo di balikpapan , tas etnik bgni d jualnya d psar tradisional khusus pernik2 , kalo di samarinda d mna yaa kak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s