Bumil adalah Ibu Hamil

Suatu pagi, selembar post it tertempel di meja konter perawat.

Pengumuman:

Ibu Silfi dinyatakan positif hamil

Terima kasih.

Tulisan itu aku sangat yakin ditulis oleh rekanku yang iseng. Namun berita yang tertera di kertas itu ternyata benar. Aku dan beberapa rekan mengucap hamdalah. Setiap kehamilan adalah hal yang patut disyukuri, karena merupakan rizki dari Allah Ta’ala. Silfi mengandung anak keduanya. Aku teringat saat baru menginjak 3 bulan usia pernikahannya, ia begitu gelisah karena tidak kunjung hamil. Kemudian ia berusaha mencari informasi tentang cara cepat hamil, alhamdulillah tak seberapa lama iapun hamil anak pertama.

Ada hal unik yang menjadi mitos di tempat kerjaku. Sebenarnya hal ini memang lazim terjadi di tempat manapun yang terdapat  beberapa perempuan yang telah menikah dan dalam usia subur. Salah seorang temanku nyeletuk, “wah, kalau ada satu yang hamil, biasanya ada gandengannya.” Maksudnya adalah, bila ada seseorang yang hamil, biasanya ada rekan yang lain juga hamil di saat yang tidak terlalu berjauhan.

Setelah celetukan rekanku itu, aku dan beberapa rekan yang duduk di sekitar meja konter perawat saat itu berpandang-pandangan sambil tersenyum. Sepertinya benak kami mengira-ngira, siapa yang akan hamil berikutnya. Alhamdulillah, beberapa waktu kemudian terdengar kabar kehamilan salah seorang bidan dan seorang petugas laboratorium. Kemudian ada lagi, dokter gigi kami pun hamil. Subhanallah.

Ada 3 orang bumil di antara mereka😀

Jadinya dalan satu kurun waktu, di puskesmasku ada 4 orang ibu hamil, yang biasa disebut “bumil”. Mereka kesana-kemari berjalan dengan perut yang membuncit. Adanya bumil membuat tempat kerja menjadi lebih seru. Biasanya mereka suka makan, terutama rujakan. Bahkan tak jarang acara rujakan dimulai sejak pagi. Biasanya beberapa rekan ada yang membawa buah-buahannya dari rumah, terkadang ada juga yang diberi oleh pasien. Untuk bumbunya, biasanya petugas cleaning service kami yang membuatnya.

Puskesmasku terbagi 2, ada bagian rawat jalan dan rawat inap. Untuk rekan yang bekerja pada bagian rawat inap (dengan 3 shift), bila hamil hingga usia kehamilan memasuki trimester III, biasanya tidak dibebani giliran jaga malam. Hanya jaga pagi dan sore saja. Saat menjelang cuti melahirkan, barulah mereka ditugasi jaga pagi saja.

Berita tentang kehamilan rekan-rekanku di atas itu adalah kejadian berberapa bulan yang lalu. Sejak beberapa pekan yang lalu, hingga beberapa hari yang lalu, berturut-turut 3 orang rekanku melahirkan. Ada yang normal dan ada yang dioperasi. Alhamdulillah semuanya sehat. Kini tinggal Ibu Dokter Gigi yang menunggu persalinan. Semoga nanti persalinannya lancar juga.🙂

Sebagian besar pegawai di puskesmasku adalah perempuan. Jadinya saat membicarakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan rekan-rekan kerja, sangat menyenangkan. Namun ada satu hal yang membuat tertawa geli, ada salah seorang rekan yang berkata padaku, “Mbak ini, belum hamil saja badannya sudah besar. Lihat saja nanti setelah hamil, sepertinya bakal tambah besar (gendut) lagi deh.”😀

_______________________________________

Tulisan ini diikutkan pada Giveaway Awal Maret 2012 yang diadakan oleh Mama Sedja.

48 thoughts on “Bumil adalah Ibu Hamil

  1. Emang nikah, hamil dan melahirkan seringnya bergandengan..
    Pas bulan Haji banyak orang menikah, hamil juga barengan, giliran melahirkan kalau satu melahirkan anak perempuan, semuanya perempuan, hanya beberapa yang laki-laki

  2. Ada lagi manusia yang diberi kesempatan untuk menjadi orang tua yang baik.
    Btw kok bisa barengan yah mbak, saya juga heran dengan peristiwa seperti ini:)

  3. Hihi,,,
    Barakallah ya buat bumil2 yang pada hamil😀
    Semoga prosesnya nanti lancar dan saling memotivasi.

    -Jenuh kak?
    hihihi..saya juga sudah merasa itu makannya berhenti dulu. mungkin terlalu semangat ya.
    Tapi sekarang saya suka nulis2 lagi, bebasin dari tema apapun, saya ingin menulis apa yang ingin saya tulis. itu yang tidak membuat saya bosan😀

    • Kalo dipikir2, itulah siklus hidup dan menjadi bagian di sebuah tempat kerja. Ada rekan yang menikah, lalu hamil dan melahirkan. Kemudian anaknya ulang tahun. Lalu ada anak kedua dan seterusnya😀
      Siip deh, Rian😉
      Insya Allah memulai lagi perlahan🙂

  4. hehhe.. kehamilan di puskesmas seringnya menular dari satu ruangan ke ruangan lain.

    semoga semua teman² Akin lancar dalam persalinan,
    juga sukses wat kontesnya.

  5. ah, mitos yang sama di kantorku ka..
    sekarang ini ada 3 orang bumil dikantor termasuk saya. Usia kehamilannya pun hanya berjarak sekitar 2-4 minggu saja. Kata teman-teman hamil itu nular hehe…

  6. Hehe..selamat untuk teman- teman mbak akin yang lagi hamil…
    memang anak adalah rezeki..

    sil juga sekarang di kampus tempat kerja, awalnya ada satu yang hamil, terus dengan yang lain juga hamil..
    sekarang juga ada 3 teman yang lagi hamil..
    hehhe

  7. mitos memang macam² dan kadang² lucu. ada juga di sini, yg katanya kalau diinjak di kaki oleh si ibu hamil, maka akan ketularan hamil juga. tapi ini rupanya tidak terbukti, isteri saia belum hamilpun, mungkin gara² yg diinjak adalah kaki saia, sementara saia tak mungkin hamil.

    oh ya, selamat buat rekan kerja kakaakin yang menjadi ibu
    berkah yang indah itupun.

  8. Trus kalau hamil bersamaan ntar yang jaga Puskesmas siapa atuh Kak hehe,,enaknya di puskesmas Kak Akin jika ngomongin kehamilan nyambung soalnya pada cewk semua,..

    Sukses kak GA nya🙂

  9. Dulu, ketika awal sekali mengenal Plurk, ada teman yang pakai nama Bumil…
    Saya pikir namanya Mila atau siapa…
    Setelah sekian waktu dan dia menghilang, saya baru paham jika Bumil itu adalah Ibu Hamil…
    Kalau nggak salah rumahnya di Kalimantan. Punya blog tapi setelah punya anak semuanya nggak dilanjutkan…

  10. setuju kalau hamil itu menular.. dikantor aku juga gt.. selama setahun aku kerja.. udah ada 4 orang yg melahirkan.. belum termasuk istri dr bapak yg kerja dikantor juga.. hehehe

  11. Mbak..jika memang semua perawatnya wanita, mending buat jadwal kehamilan🙂 entar kalau hamil semua hahahahah ngak bisa saya bayangin mbak…salam hangat dari jembrana, maaf kalau komentarnya ngawur,,,salam buat teman2nya mbak

  12. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Akin…

    Hehehe… posting ini bikin saya ingin hamil juga, mbak Akin.😉
    Masa hamil adalah masa paling membahagiakan dan dunia kehamilan mempunyai identiti yang tersendiri kerana ramai yang bilang waktu hamil, wajah sang ibu semakin cantik, manis dan ceria.

    Sama juga di tempat kerja saya mbak. sekarang ini ada yang 3 orang dosen wanita yang hamil. seorang sudah melahirkan dan dua masih menunggu dalam waktu terdekat ini. Saya saja yang masih belum dikhabarkan Allah.😀, Bercanda aja mbak…hehehe.

    Salam hangat selalu dan satu pertanyaan buat mbak Akin.. apa mungkin jadi giliran mbak Akin juga ya selepas teman itu semuanya bersalin. ? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s