Cara Membuat Kimchi

Sekitar lebih dua tahun yang lalu, pertama kali aku belajar membuat kimchi. Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas (sumber: Wiki).

Menurutku, bagi penggemar hal-hal yang berbau Korea, sudah sepantasnyalah pernah mencicipi bagaimana rasanya kimchi. Karena tidak di semua kota terdapat restoran Korea, maka mencoba membuat kimchi sendiri menjadi salah satu pilihan.

Pada tulisanku yang ini, dulu aku belajar membuat kimchi dengan resep yang menurutku mudah. Namun beberapa waktu yang lalu, di youtube aku menemukan cara yang berbeda dalam membuat kimchi. Sepertinya cara ini yang lebih tepat, karena setelah kulihat beberapa video lainnya, juga menggunakan cara yang mirip.

Kemudian aku mencoba membuat kimchi dengan resep yang baru kutemukan, tentu saja tanpa mengikuti takaran yang dianjurkan, mengingat sayuran yang kupakai hanya dalam jumlah kecil. Bagi Sahabat yang ingin mengetahui step by step pembuatannya, silakan simak yang berikut ini. (Resep di bawah adalah berdasarkan bahan-bahan yang tersedia di rumahku, untuk versi lengkapnya silakan lihat video di bawah postingan).

Bahan-bahan:

1 buah sawi putih berukuran sedang
Garam secukupnya
± 4 sdm tepung beras
2 tangkai daun bawang, dipotong-potong
± 3 sdm bubuk cabe (pilih yang berwarna merah cerah)
± 3 sdm gula pasir
± 50 cc kecap ikan
Bawang putih secukupnya, haluskan
Jahe secukupnya, haluskan
Sarung tangan plastik

Cara membuat:

1. Cuci bersih sawi putih. Lalu potong sesuai dengan keinginan. (Aku hanya membelah sawi putih tersebut menjadi dua bagian)

 2. Taburi garam pada helai demi helai sawi. Rendam dalam air garam selama ± 4 jam. Setelah itu, cuci bersih sawi dari garam, sebanyak 3 kali. Tiriskan.

Menggarami helai demi helai sawi putih

Sawi menjadi lunak

3. Buat bumbu untuk kimchi. Larutkan tepung beras dalam ± 300 ML air. Rebus hingga menjadi bubur yang agak kental, tambahkan gula pasir dan aduk hingga rata. Matikan api. Masukkan bawang putih, jahe, bubuk cabe, kecap ikan dan daun bawang. Aduk hingga rata.

Sayang sekali bubuk cabe yang kugunakan kurang merah😦

4. Beri bumbu pada setiap helai sawi putih.

Oleskan secara merata

5. Masukkan sawi putih yang sudah dilumuri bumbu ke dalam wadah yang bersih. Tuangkan sisa bumbu ke dalam wadah itu. Lalu tutup rapat.

6. Diamkan kimchi minimal selama 2 hari untuk memperoleh fermentasi yang bagus. Bila pada cairan bumbu kimchi terlihat gelembung-gelembung kecil, hal itu menandakan fermentasi berlangsung.

Penampakan setelah 2 hari

7. Kimchi siap untuk disantap.😀

Bagi orang Indonesia, mungkin makan kimchi adalah sesuatu yang aneh. Namun bagi yang terbiasa makan acar atau asinan, maka kurasa akan menyukai kimchi. Rasanya kecut sebagai hasil dari fermentasi dan juga pedas.

Lalu cara memakannya bagaimana? Di Korea, kimchi dimakan sebagai pembuka atau pendamping hidangan utama. Ada juga berbagai masakan yang menggunakan kimchi sebagai bahan tambahan, misalnya nasi goreng kimchi, dll.

Saatnya mencicipi kimchi…

Saat kutunjukkan kimchi buatanku pada teman yang tinggal di Korea, “terlalu matang dan kurang merah” katanya. Hmm… mungkin aku terlalu banyak menggunakan garam, atau waktu perendamanku yang terlalu lama. Maklum saat itu aku sedang ada acara😀 Kemudian tentang warna yang kurang merah, karena bubuk cabe yang kugunakan tidak berwarna merah cerah seperti bubuk cabe Korea.

Ini adalah video yang kumaksud. Silakan disimak🙂

57 thoughts on “Cara Membuat Kimchi

  1. bubuk cabenya mungkin harus dituang banyaaakkk banget ya kin.. biar warnanya merah menantang.

    #belum pernah makan kimchi.. di bukik gak ada resto korea😛

  2. biarpun ada tutorialnya yang namanya engga bisa masak tetap saja hanya menjadi penikmat saja….antar mbak ke tempat saya

  3. Aku pernah sih makan kimchi, kebetulan dikirim oleh temanku yang kerja di korea, jadi penasaran, gimana ya rasanya kalau buat sendiri..salam kenal

  4. Kiiiiiiin….
    lumayan lah kimchi nya kalo buat pemula mah…

    kalo aku pernah bikin ramen kimchi lho…
    ehm…oke deh…sebenernya beli di Hypermart sih…hihihi…
    yang kayak indomie gitu lho Kin..tapi namanya ramen kimchi…
    lumayan lah…tapi 8 ribu an…mahal juga yak…

  5. Kalo bbrp resep yg ak baca pakek cabe giling chingu…bukan cm cabe bubuk….trus g pakek tepung dan tdk dimasak…tp Gomawoyo bt sharingnya ya…jd pnya resep kimchi baru…:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s