SOLITAIRE DAN SENDIRI

Soltaire adalah sejenis permainan kartu yang dimainkan sendiri. Permainan ini sering kulihat dimainkan oleh teman-temanku di komputer. Mungkin semua orang mengerti cara memainkan permainan ini, tetapi tidak denganku. Aku tidak mengerti dengan hal-hal yang menyangkut kartu remi atau yang sejenisnya.

Seingatku, tak ada hal yang lain lagi yang kuketahui yang berkaitan dengan istilah solitaire. Kecuali mengenai makna kata solitaire itu sendiri, yaitu seseorang yang hidup sendiri. Menurut pemahamanku, maksud dari hidup sendiri disini adalah menyepi di tempat yang tidak banyak orang dan menikmati kesendiriannya.

Umumnya manusia suka hidup bersosialisasi, karena mereka bisa beraktivitas bersama-sama. Namun tidak menutup kemungkinan, ada orang yang suka melakukan berbagai hal sendirian. Ada pula orang yang selektif, memilah-milah kegiatan yang lebih nyaman dilakukan sendiri atau dilakukan bersama orang lain.

Sejak beranjak dewasa, aku terbiasa melakukan berbagai hal sendiri. Misalnya jalan kesana-kemari, aku cenderung lebih suka sendiri. Namun aku juga tidak masalah bila pergi bersama teman atau anggota keluarga. Hanya saja seringkali jadwal yang bentrok, atau tidak ada teman yang free, sehingga aku melangkah sajalah sendirian.

Ada temanku yang mengatakan tidak bisa pergi ke mall atau ke pasar sendirian, katanya tidak nyaman. Aku sebenarnya heran dengan ungkapan itu, karena menurutku bila kita sudah tau kita akan kemana, apa target yang kita cari, mudah saja. Kurasa diri kitalah yang paling bisa memahami apa yang kita butuhkan. Misalnya saat kita akan membeli sepatu, tentu kita akan membeli sesuatu yang sesuai kebutuhan, warna yang kita inginkan, sesuai pula dengan isi dompet dan tentu saja sesuai dengan ukuran kaki. Jadi, menurutku tak perlulah menyeret-nyeret orang lain ke toko sepatu untuk kita tanyai, sepatu warna apa yang bisa dipakai untuk keperluan kita.

Ada satu hal yang sering dikeluhkan beberapa orang yang kukenal, yaitu saat akan pergi ke suatu undangan. Mereka selalu berusaha mencari teman untuk pergi ke tempat acara (untuk yang belum memiliki pasangan). Pergi saja sendiri, kataku. Nggak enak kalau pergi sendiri, kata mereka. Selama ini aku merasa nyaman-nyaman saja saat pergi ke suatu acara, asalkan aku benar-benar diundang untuk datang. Apalagi kita memang diwajibkan menghadiri undangan. Jadi, tidak perlulah malu, toh kita tidak melakukan hal-hal yang memalukan.

Ada yang mengatakan, kebiasaanku melakukan apa-apa sendiri adalah karena aku belum memiliki pasangan. Mungkin juga seperti itu. Namun kurasa, sifat mandiri itu merupakan kepribadian seseorang dan tidak akan berubah setelah seseorang memiliki pasangan.

Aku sendiri, namun bukan solitaire. Banyak kegiatan yang kulakukan sendiri dan rasanya aku belum menemukan kegiatan yang tidak bisa kulakukan sendiri. Namun tentu saja banyak kegiatan yang lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Misalnya saat makan di rumah, kebersamaan dengan keluarga sangatlah bermakna.

_____________________________________

Tulisan ini diikutkan pada perhelatan GIVEAWAY :  PRIBADI MANDIRI yang diselenggarakan oleh Imelda Coutrier dan Nicamperenique.

35 thoughts on “SOLITAIRE DAN SENDIRI

  1. bener banget Mba Akin, aku juga paling gregetan tuh, ada yang timbang ke warung aja ga mau lho klo sendiri. kebangetan ya klo dipikir2. tp itulah, manusia memang beda2 hehehe

    MAKASI atas partisipasinya ya mba🙂

  2. Berarti kesendirian menurut pengertian Kak Akin itu indah ya Kak, semoga suatu saat atau besok akan ada orang yang selalu menemani Kakak untk pergi kemana² khususnya ke acara pernikahan hehe..AMIN

  3. ada saat-saat tertentu pengen sendiri, dilakukan sendiri. dan ada saat tertentu pula yang lebih nyaman dilakukan bareng-bareng. 🙂

    5 tahun yang lalu waktu saya menjadi pendatang baru dipulau borneo, ke warung aja pengen ditemenin.he…

  4. GAme solitaire ini baru terasa nyaman apabila gak ada orang disamping kita mbak, karena dgn begitu kita gak akan malu – malu tekan F2 untuk memulai game yang baru lagi.

  5. lihat update sahabat di blogroll banyak sekali yang posting tentang solitaire dan sendiri, salah satunya Kakaakin ikut juga. Saya termasuk orang yang nda suka main game baik di pc maupun ps. Dan bicara soal kesendirian, saya banget. tapi apakah saya mandiri? saya masih harus banyak belajar lagi. Sukses untuk kontesnya, Mbak

  6. Akin, ternyata saya ada temannya, nggak ngerti game solitaire….hehehe…
    Tapi cuma tahu artinya solitaire, yaitu menyangkut melakukan sesuatu sendirian.

    Banyak juga perempuan yang sungkan atau tak berani kemana-mana sendirian, namun sekarang saya lihat telah banyak kemajuan, bahkan di kota-kota kecil sekalipun banyak kaum perempuan yang melakukan kegiatan sendirian tanpa merasa malu. Dulu mungkin karena masyarakat juga belum terlalu mendukung, karena kawatir akan keselamatan perempuan tersebut.

  7. kalo saya sih tergantung kebutuhannya karena ada juga hal2 yang tidak bisa kita lakukan sendiri, dan selama masih bisa sendiri ya lakukan sendiri aja hehe..

  8. jika suatu saat nanti menikah,pasti ga kan hilang kemandiriannya tuh
    yang aku rasa juga begitu,karena aku dari dulu suka dengan kesendirian,setelah menikah pun tetep aja hhe..
    Betul kata kak akin,kemandirian ada dalam diri kita,meskipun kelak ada pasangan ya ga kan merubah sifat kemandirian itu..

  9. Melakukan banyak hal sendirian bisa dilakukan orang orang yang memiliki rasa percaya diri yang sangat baik, dan sebagai manusia sosial kita juga tetap membutuhkan orang lain dalam keseharian. Maka jika rasa PD dan sosial tealah menjadi satu maka hidp kita Insya alloh bermakna

  10. yg jelas kalo maen monopoli kita ga bisa sendiri😀😀

    saya kalo ek ondangan ga suka kalo sendiri kak, soalnya saya rada introvert kalo di tempat ramai dan asing ._.

  11. aku loh ka…ngga bisa pergi kondangan sendirian…dan selama ini ngga pernah kondangan sendirian…soale aku kan ngga bisa makan diluar rumah sendirian…jd imbasnya ke kondangan hihiih…..

  12. wah ..kak akin..kalau pergi ke undangan sendirian mendingan ga deh…kecuali kita tahu bakalan banyak teman2 yg akan hadir…pernah berangkat sendiri…sampai di tempat undangan koq ga ada muka yg dikenal…akhirnya langsung pulang lagi begitu habis salaman….

Leave a Reply

