Es Jeruk Rasa Nano-nano

(sumber)

Sebentar… #ngelap iler

Saat melihat jeruk, cenderung air liurku serasa akan menitik. Sudah terbayang bagaimana rasa manis, kecut dan segarnya. Kebetulan kemarin ada jeruk (apa ya namanya, yang biasa untuk sambal) seperti gambar diatas, di kulkas kamar perawat di puskesmasku. Salah seorang temanku berinisiatif untuk membuat es jeruk. Pas banget dengan cuaca yang lumayan gerah.

Ada hal yang baru kuketahui, ternyata penambahan garam pada es jeruk itu bisa meningkatkan cita rasanya. Lebih nikmat lagi bila jeruknya kecut segar, seperti jeruk diatas atau jeruk nipis. Ada sensasi seperti nano-nano, yaitu manis asem dan asin, menjadi satu.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah jeruk kecut, gula, garam, air secukupnya dan es batu. Oiya, untuk penambahan garam, tidak perlu banyak-banyak.

Cara pembuatan es jeruk segar:

  • Peras jeruk, tampung airnya. Sisihkan.
  • Larutkan gula dalam air panas, tambahkan garam. Jangan lupa sertakan kulit jeruk saat mengaduk, agar aroma jeruk lebih kuat.
  • Masukkan larutan gula garam ke dalam perasan jeruk. Sertakan pula kulit jeruknya. Aduk rata.
  • Tambahkan es batu. Sajikan

Alhamdulillah, rasanya sangat menyegarkan dan berbeda dengan es jeruk biasa. Bagi sahabat yang belum pernah mencobanya, silakan dicoba dan rasakan sensasinya.😀

Jempol untuk es jeruk ini. Aku sangat suka dengan rasanya. Jempol lagi deh.:mrgreen:

Terima kasih untuk Ronney atas foto-fotonya.🙂

38 thoughts on “Es Jeruk Rasa Nano-nano

  1. JEMPOL juga udah bikin air liur saya ngeces mba
    dan jadi mbayangin air jeruk itu dicampur air kelapa
    kayak apa coba rasanya
    suegerrr pwooolll pas panas2 gini😀

  2. klo aku nyebutnya di Pontianak jeruk sambal kakak😀

    dan klo es itu namanya es jeruk kecil aku nyebutnya.. Emang seger banget dah.. dan katanya penambahan garam itu juga mengurangi asam lambung kah gitu😀

    • Kami memang nyebutnya jeruk sambal. Bentuknya kecil2 yang biasa dijual tukang sayur berbentuk ikatan2.
      Oo… saya baru tau kalo penambahan garam bisa ngurangin asam lambung. Tapi memang enak sih, jadi nggak terlalu kecut🙂

  3. kalo ditempatku bisa disebut “jeruk purut” juga “jeruk sambel”, aku tanam pohon jeruk ini pada pot dari ex kaleng cat besar (tabulampot). Manfaat buahnya selain untuk sambel jg bisa untuk obat tradisional. Daunnya bisa untuk penambah aroma pada rempeyek.

  4. untungnya baca ini pas malam hari begini, coba kalau lagi tengah hari panas menyengat dapat dibayangkan efeknya. walau aselinya sekarang tetap ngeces pun 😦
    dan es jeruk atau jeruk hangat ini semacam jadi minuman wajib kalau lagi makan di luar, lebih bagus dari pada teh kalau sambil makan.

  5. Memang menambahkan garam sedikit bisa menjadi penguat rasa. Pernah mencoba minum sprite ditambahkan garam sedikit? Rasanya seperti air kelapa muda, dan konon katanya mengurangi risiko masuk angin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s