Komik YANG PENTING RATING

Kehidupan masa kini sudah sangat lekat dengan televisi. Di beberapa perkampungan, meskipun rumah hanya gubuk, tak jarang kita temui pula antena televisi berdiri menjulang di atap rumah. Hal ini menunjukkan bahwa televisi hampir menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap keluarga.

Aku mengambil contoh dari rumahku sendiri. Salah seorang pamanku yang kini sedang tinggal dengan ibu, suka menonton sinetron. Meskipun beliau termasuk lansia, hampir setiap malam beliau tak ketinggalan menonton sinetron yang ditayangkan di stasiun televisi berlambang rajawali. Usai sholat Isya dan makan malam, depan televisi adalah daerah kaplingan beliau. Beranjaknya hanya saat akan mengambil minum, atau saat sinetron striping selesai ditayangkan pada pukul 24.00 wita.

“Tenang saja, Nagila. Nanti aku akan menyelamatkanmu.” Ucap pamanku suatu ketika, sambil tatapan beliau mengarah ke televisi.

Aku yang sedang online di ruang tamu, dimana tempat televisi berada, terheran-heran dengan ucapan beliau. Kemudian aku menanyakan apa maksud ucapan beliau.

“Itu, Nagila lagi disiksa oleh Aleska. Biar paman yang menolong Nagila.” Kata pamanku sambil menunjuk adegan di layar televisi. Ekspresi beliau tampak serius. Di layar televisi terlihat seorang tokoh perempuan antagonis beserta anak buahnya sedang menyiksa pemeran tokoh protagonis.

Aku mengeleng-gelengkan kepala. Betapa invasi televisi telah membuat kehidupan nyata tercampur dengan tontonan.😦

Yang kuceritakan diatas hanya salah satu gambaran kecil dari efek tayangan televisi, terutama sinetron yang sangat mendominasi prime time. Sebuah tayangan bisa berdampak positif, namun tak jarang juga berdampak negatif. Sayangnya kini pertimbangan tayangan pada stasiun televisi adalah rating. Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin panjang pula durasi acara tersebut. Bahkan stasiun televisi lain tak jarang ikut-ikutan membuat acara yang mirip, gara-gara rating.

Kehidupan bertelevisi dalam keluarga Indonesia inilah yang berusaha diangkat dan dibuat parodinya oleh empat komikus yang tergabung dalam Komunikitik, dengan membuat kumpulan komik strip yang berjudul “Yang Penting Rating”.

Salah satu penulis komik tersebut adalah Alisnaik, seorang blogger yang kini lebih fokus kepada penulisan komik. Pertengahan tahun 2011 silam aku dikabari Alisnaik bahwa ia sedang mengerjakan proyek kompilasi komik. Aku berjanji untuk membeli komik tersebut bila sudah terbit di pasaran. Alhamdulillah, Desember kemarin komiknya sudah terbit.

Aku minta tolong Muam untuk dibelikan di Bekasi/Jakarta, sayangnya belum tersedia. Syukurnya aku tak perlu membeli buku ini secara online. Aku menemukan komik tersebut di Book Fair yang sedang diadakan di GOR Segiri Samarinda.

Aku langsung membeli 4 (empat) buah komik “Yang Penting Rating”. Mengapa banyak sekali? Karena satu buku untukku, lalu tiga lainnya adalah untuk tali asih giveaway yang insya Allah akan kuadakan beberapa hari lagi.

Komik YANG PENTING RATING

Masing-masing penulis dalam komik ini, memiliki ciri khas. Kisah-kisah yang ditulis, merupakan parodi kehidupan keluarga yang berkaitan dengan televisi dan dunianya. Ada parodi kisah infotainment, sinetron, ajang pencarian bakat dan lain-lain. Saat membacanya, mungkin kita akan senyum-senyum sendiri, atau manggut-manggut sambil dalam hati berucap “benar juga ya…”.😀

Bagi sahabat yang ingin mendapatkan buku ini dariku, silakan ikuti giveaway yang akan kuadakan.😉

Review komik “Yang Penting Rating” bisa dibaca disini.

35 thoughts on “Komik YANG PENTING RATING

  1. hadeehhh,,
    bisa sparah itu pengaruh sinetron ya kak?? ckckcc
    Sebagai antisipasi terhadap pengaruh negatif itu, di wilayah saaya, kabupaten Brebes, sedang menggalakkan program 2 jam tanpa televisi, yaitu tidak menyalakan TV dimulai sejak pukul 6 sore sampai 8 malam kak. Tujuan ini terutama agar anak2 lebih fokus sama kegiatan2 positif, seperti mengaji dan belajar. Dan sepertinya program ini sudah dijadikan Peraturan daerah, tinggal mensosialisasikannya kepada masyarakat.

    Ditunggu pengumuman GAnya..😀😀

  2. baru kelar baca *eeett dah lama yak hahaha*

    jadi mo ada GA beneran di sini? Hadiahnya buku itu?
    mau mau … tapi jangan suruh bikin cerita ala komik ya mba😀 *nawar*

  3. wahh ternyata nagila dan aleska haha😀
    sebenarnya saya juga tidak suka sinetron, tapi karna ibu saya tiap malam nonton, tidak mau pindah channel. terpaksa deh…

  4. aleska?? hmm, kayaknya dhe pernah denger tuh nama.. kalo gk salah sinetron ANUGRAH ya kak?? hahahahaha, neneknya dhe juga suka nonton itu.. dan tiap malam pasti kedengaran dari kamar dhe..😀

    GA?? mana GA nya?? hahaha, udah gk sabar aja.. ayoo buruan di launching GA nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s