Emak Sudah Pulang dari Tanah Suci

Emak tampak kinclong!

Itulah kesan pertama saat aku melihat emak turun dari bus yang mengantar jamaah haji kloter 16 Kota Samarinda, di halaman parkir GOR Segiri Samarinda. Kamis sore itu emak yang biasanya tampil sederhana dengan jilbabnya, kali ini mengenakan kerudung dengan hiasan payet berwarna cerah. Penampilan seperti ini memang telah menjadi tradisi orang-orang di kampungku saat pulang berhaji. Saat kupandangi jamaah haji perempuan lainnya, penampilan mereka kurang lebih sama juga dengan penampilan emak, bahkan lebih heboh lagi. Entah bagaimana dengan kebiasaan di daerah lain.

Aku serta beberapa orang keluarga dan tetangga berangkat menjemput emak. Kami berebut untuk menyalami emak. Maklum saja, sekitar 40 hari emak berangkat ke Arab, kerinduan kami sudah menggunung. Sepertinya bukan hanya aku yang memiliki genangan di pelupuk mata. Kulihat mata penjemput yang lain juga berkaca-kaca saat menyalami dan memeluk emak.

Alhamdulillah, emak tiba kembali di tanah air dalam keadaan sehat. Hanya suara beliau sedikit serak karena batuk. Ada guyonan yang sering diucapkan orang, “di Arab sana, cuma onta saja yang tidak batuk”.😀

Sepanjang jalan menuju rumah, tak henti-hentinya emak bercerita tentang pengalaman beliau selama menunaikan ibadah haji. Tiada disangka, ternyata selama di Saudi Arabia Allah memberikan sahabat untuk emak, yaitu sepasang suami istri paruh baya yang menjadi teman sekamar beliau. Pasangan suami istri itu adalah petani yang tinggal di Kab. Kutai Kartanegara. Mereka menabung sedikit demi sedikit agar dapat melaksanakan ibadah haji. Mereka juga membawa bekal beras hasil panen sawah mereka dan selalu mengajak emak untuk makan. Alhamdulillah, emak tidak kelaparan.🙂

Selama ± 40 hari berada di Saudi Arabia, emak ngapain aja? Pelaksanaan rukun-rukun haji tidak memerlukan waktu selama itu. Alhamdulillah emak melaksanakan sendiri setiap rukunnya. Selain untuk beribadah di masjid, emak juga sempat jalan-jalan selama di Makkah. Seorang saudara laki-laki nenekku ada yang menetap di Saudi Arabia sejak puluhan tahun yang lalu, emak akhirnya berkesempatan juga bertemu dengan beliau. Kakek itu beserta istri beliau, mengajak emak berkeliling Makkah dan belanja-belanja tentunya.🙂

Sepertinya emak tak kehabisan bahan untuk diceritakan. Misalnya mengenai pengalaman saat beliau tawaf dan mencium hajar aswad. Atau kisah saat beliau terpisah dari rombongan dan diantar pulang ke hotel oleh jama’ah lainnya. Kisah emak di Madinah dan Jeddah juga tak kalah seru.

Hingga hari ini saja emak masih bercerita banyak tentang perjalanan haji beliau. Namun satu hal yang kuperhatikan, beliau masih kelelahan usai perjalanan jauh. Sebentar-sebentar beliau tidur, bila tak ada tamu. Padahal kata beliau, alhamdulillah selama berada di Saudi Arabia beliau sangat bersemangat. Lelah tak terasa. Bahkan beliau turut berlari, jika memang diperlukan gerak cepat. Semoga tenaga beliau bisa pulih kembali.🙂

Satu hal yang paling ditekankan emak kepadaku dan saudara-saudaraku, serta tamu yang datang mengunjungi beliau, adalah hendaknya kami menabung mulai sekarang, agar kelak bisa merasakan betapa indahnya melaksanakan ibadah haji. Menabung yuk!😀

39 thoughts on “Emak Sudah Pulang dari Tanah Suci

  1. Saya ikut bahagia Kak …
    Mendengar emak baik-baik saja …
    ya memang betul … batuk itu adalah fenomena umum para jemaah haji yang baru pulang dari tanah suci …

    Sekali lagi …
    perkenankan saya untuk ikut berbahagia ya Kak …

    Salam saya
    ___________________
    Kaka Akin: Alhamdulillah suara emak masih bisa terdengar saat bercerita, Om :D 

  2. sudah daftar kok tahun 2019. kalo ada rejeki mau yang plus. tapi sekarang ada dana talangan waiting listnya lamaaaa
    ___________________
    Kaka Akin: Sekarang mesti sabar nunggu antrian yang panjang ya, Mbak. Haji plus juga gak bisa langsung berangkat di tahun yang sama saat mendaftar…

  3. waaah.. udah jadi Hj.Emak donk..
    selamat ya buat Emaknya😀

    so, mari menabung😀
    ___________________
    Kaka Akin: Keponakanku punya panggilan yang lebih unik untuk beliau. “Nenek sarung haji” :D 

  4. hihi, onta saja yang gak pernah batuk. memangnya kalau onta batuk seperti apa ya?:mrgreen:
    salam buat emak, semoga sehat selalu~🙂
    ___________________
    Kaka Akin: Haha… semoga onta gak batuk deh. Keknya bakalan muncrat kemana-mana tuh liurnya😀

  5. Peluuuuk Emak😉

    Alhamdulillah ya Emak sehat dan bahagia selama di AS.

    Ikut bahagia…
    Semoga jadi hajjah mabrur ya Mak …

    Yuuuk daftar…
    ___________________
    Kaka Akin: Kirain emak cuma di hotel aja selama disana, eeh ternyata jalan-jalan juga😀
    Alhamdulillah :) 

  6. Allhamdulillah emak sudah pulang, menangis haru kalau orang terdekat pulang dari haji kak
    ___________________
    Kaka Akin: Bener, Mbak. Apalagi kita tahu perjuangan disana tidaklah mudah :) 

  7. duh senengnya udah kumpul lagi bersama Emak yang telah selesai menunaikan ibadah haji…
    ikut berbahagia dan semoga menjadi haji yang mabrur.
    ___________________
    Kaka Akin: Kangen euy🙂

  8. selamat kembali pulang ke rumah buat eMak,
    meskipun rasa hati Emak pasti ingin di sana terus.
    ___________________
    Kaka Akin: Bener banget. Berasa ingin beribadah melulu disana, Bundo🙂

  9. alhamdulillah Emak sampai di rumah dengan sehat tak kurang satu apapun ya mba Akin ….
    batuk2nya itu rupanya merata ya, bener kali cuma onta doang yg ga batuk? HEhehe soale temenku yg baru pulang juga batuk2 terus tuh katanya

    aduh jadi bimbang itu celengan gentong saya duitnya mo buat nabung haji apa dipake plesir ke Jepang yak hahahaha
    ___________________
    Kaka Akin: Haha… Kalo cukup buat dua-duanya, why not😀

  10. ah,. alhamdulillah😀
    eh kak, maap kemarin lupa bales sms😀 hehehe
    semoga bukunya bermanfaat yaa😀
    ___________________
    Kaka Akin: Hehe… Gakpapa. Ehm, bukunya baru baca sampulnya doang. Makasih ya, Mel🙂

  11. Alhamdulillah, sudah sampai…

    Kira2 kalo onta batuk, suaranya gimana ya…?

    Biasanya banyak oleh2nya nih…:mrgreen:
    ___________________
    Kaka Akin: Haha… Emak pulang dengan selamat saja, sudah menjadi oleh-oleh yang sangat berharga😀

  12. Alhamdulillah…
    iya, hayuk menabung!! InsyaAllah🙂
    nunggu oleh2 dari emaknya ka akin ahhhh =D
    ___________________
    Kaka Akin: Heh? Oleh-oleh? Mana ya?
    Haha…

  13. Alhadmullilah emak sudah pulang dengan selamat, sehat ya Kakaakin. Saya bila menjadi kakakakin pun pasti tidak sabar dan ingin selalu berada di dekatnya saja.

    Bahagia sekali tentunya emank ya , dimudahkan di sana dan di lancakna segal sesuatunya…moga emak selalu sehat ya.
    ___________________
    Kaka Akin: Bener banget, Mbak. Bawaannya pengen ngobrol aja sama emak :) 

  14. alhamdulillah ’emak nya @kin sudah tiba kembali di rumah (di tanah air) – semoga membawa ‘hajjah mabrurrah… Amin…
    (maaf, kalo tulisan salah, maksudnya ‘ibadah haji yang penuh berkah ..)😀
    ___________________
    Kaka Akin: Alhamdulillah, Om. Insya Allah menjadi hajjah yang mabrur :) 

  15. berdesiran hati saya membacanya
    makasih banyak ya telah berbagi
    dan…
    niat yang kuat, lalu menabung dari sekarang
    ___________________
    Kaka Akin: Pengalaman orang yang menunaikan ibadah haji, tiada bosan untuk didengar. Karena bisa menjadi pelajaran untuk diri sendiri juga ya, Pak :) 

  16. gimana doanya emak untuk sang buah hati yang paling cantik😀
    haha..smoga terkabul😀
    salam untuk emak
    ___________________
    Kaka Akin: Insya Allah, mengharap yang terbaik untuk sang putri tersayang. Hehe… 

  17. waah selamat yaa akhirnya emak pulang dengan selamat dan meskipun serak-serak dan batuk, tapi overall utuh tanpa kurang suatu apa.

    baca postingan ini jadi pengen ketawa dan mematahkan pendapat emak : pengen tahu kalo ke arab nyari onta batuk tuh kayak gimana.
    ___________________
    Kaka Akin: Haha… Kebayang deh, bibir onta yang berlebihan itu pasti lucu kalo batuk😀

  18. Alhamdulillah Emmak udah pulang dengan selamat walopun batuk sedikit. Semoga ajdi haji yang mabrur yah Mak🙂

    Btw emaknya umur berapa Ka?
    ___________________
    Kaka Akin: Emak sudah 70 tahun, Mbak 

  19. iya kak… subhanalloh… atsar dari pulang berhaji. semoga menjadi hajah yang mabrur.amiin

    yuuk nabung dari sekarang…
    semoga kita bisa segera dipanggil Alloh ke tanah suci makkah yaa

  20. Subhanallah,,pasti emak sangat berbunga bunga melihat Kakak Akin waktu pertama kali selepas pulang dari tanah suci..
    Semoga kesehatan emak cepat pulih mbak..
    Ayuk, nabung..biar kita bisa kayak emak…

  21. Sekarang pastinya masih nggak berhenti-henti ndengerin cerita emak yang nggak habis-habis ya, Mbak..

    Semoga kita juga bisa nyusul, seperti emak yang sudah Hajjah. Nabung? Sepertinya saldo kok terasa nggak nambah2 ya.😦

  22. Senengnyaaaaaa….

    Alhamdullillah emak sudah pulang dan baik baik aja ya Kiiiiin…

    Waktu papa mertua ku naik haji dulu juga kita banyak khawatir dan deg degan…takut kenapa napa gitu deh…tapi untunglah semua baik baik aja..

    Tapi kalo denger2 ceritanya aku suka merasa ngeri dan gak siap gitu buat naik haji Kin…berasa banyak dosa gituh…hihihi…
    Jangan jangan pas aku disonoh, aku dikutuk gara2 kebanyakan nonton drama korea sampai shalat nya suka detik detik terakhir …hihihi…

    Ampuuuuun🙂
    Aku kan segera bertobat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s