Kursus Singkat Membuat Kimbab

Pekan lalu salah seorang rekan kerjaku memberiku sebungkus kim. Katanya kim itu adalah oleh-oleh teman ibunya yang baru pulang dari Korea. Kim adalah rumput laut yang dikeringkan, berbentuk lembaran lebar. Aku sangat bersyukur, karena akhirnya aku nemu juga kim yang berasal dari Korea. Biasanya saat membuat kimbab, aku hanya menggunakan nori yang kubeli di supermarket. Pengalaman pertamaku membuat kimbab beserta resepnya pernah kutulis disini.

Kim yang ini spesial, karena berasa kimchi, jadi agak pedas. Rasa kimbab jadi tambah enak😀

Aku sangat suka membuat kimbab, karena kimbab adalah masakan Korea yang gampang banget cara pembuatannya dan rasanya enak. Sudah sering aku membawa kimbab buatanku ke puskesmas dan banyak rekanku yang menyukainya. Beberapa hari yang lalu mereka meminta agar aku membuat kimbab di puskesmas saja, agar mereka sekalian bisa belajar cara membuatnya. Jadilah aku mengadakan kursus singkat membuat kimbab di puskesmas, tetapi tentu saja ini hanya untuk petugasnya, bukan untuk pasien.:mrgreen:

Kami membagi tugas, siapa yang harus membawa bahan apa. Ada rekan kami yang tidak suka makan kepiting, jadinya crabstick diganti daging sapi goreng. Bahkan temanku menambahkan baso ayam yang diiris-iris kemudian digoreng. Untuk sayurannya ada timun dan wortel. Nasi putih sudah dimasak di magic com. Enaknya membuat kimbab adalah kita bisa berkreasi apa saja untuk dijadikan isian di dalam nasi.

Setelah semua bahan-bahan siap, kamipun mulai beraksi di ruang perawat. Untuk lembar kim yang pertama, aku memberi contoh kepada rekan-rekanku. Kim di letakkan diatas alas, letakkan nasi putih yang sudah dibumbui diatas kim, kemudian susun isian yang diinginkan. Lalu gulung dan padatkan. Selesai. Sangat gampang dan enak. Cara-caranya bisa dilihat disini.

Setelah contoh dariku, kemudian satu persatu rekanku mencoba untuk menggulung kimbab. Sayang sekali aku lupa mengambil gambar mereka yang sedang belajar menggulung.

Untung saja tak lupa berpose dengan kimbab yang telah dibuat😀

Pernah ada temanku yang menanyakan bagaimana cara memakan kimbab. Biasanya bila kita menonton drama Korea, kimbab dimakan dengan cara langsung dimasukkan ke dalam mulut dengan sekali hap, tanpa pakai cocolan apapun. Tentu saja kulitnya tak perlu dikupas seperti makan lemper. Karena kimbab yang kami buat kali ini menggunakan kim yang ada rasa kimchi-nya, jadi sudah ada rasa pedas cabe yang cocok banget di lidah kita yang suka pedas.

Foto diatas adalah foto close-up kimbab buatan kami, masih terlihat kurang rapi. Tampak komponen pengisi, yaitu wortel, timun, telur dadar, daging sapi goreng, ada juga baso goreng. Hmmm… Rasanya masih terngiang-ngiang (eh?) di lidah, nasi yang gurih karena telah ditambah garam, lada bubuk dan minyak wijen. Kemudian di tengah-tengahnya ada wortel renyah dan timun segar serta daging-dagingan yang gurih, kemudian ditambah rasa pedas dari kim-nya. Pokoke maknyuss!:mrgreen:

_______________

Tulisan ini sekaligus merupakan usaha dalam menularkan kegemaran akan Korea kepada Pasangan Bulan Sebelas (Masbro dan Apikecil). Nonton drama Korea bakalan lebih seru sambil mengunyah kimbab.:mrgreen:

20 thoughts on “Kursus Singkat Membuat Kimbab

  1. Kimchi enak ya mbak?~ Bentuknya kayak aneh gitu soale.
    Kapan-kapan ke Jakarta mbak, banyak supermarket Korea lhooo, ada Mu Gung Hwa, New Seoul😀😀

  2. Ahhhhh jadi kepinginnnnn buat.. tapi ngegulungnya pake alat untuk gulung sushi gitu ya?? segera meluncur ke postingan KakaAkin ttg cara bikin kimbab ahh…. makasi inpohnya

  3. Annyeong Haseyo Kakak Akin.. hihi.. aku abis baca2 blok Kk nih yg tentang Korea. penggemar korea ya Kak? ^ ^

    Kimchinya gpp jd warna ijo, tapi rasanya tetep enak kan… hihihi…

    Salam kenal yah.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s