PR Sekolah Dasar

Pagi tadi aku merujuk pasien ke rumah sakit. Salah satu kasus terparah yang pernah masuk ke UGD puskesmasku. Seorang laki-laki paruh baya tersetrum listrik tegangan tinggi, luka bakar yang cukup luas tersebar dari kepala hingga ujung jari kakinya. Diperparah dengan luka besar di sekitar dagunya dengan perdarahan aktif. Kapasitas puskesmasku yang terbatas, mengharuskan kami mengirim pasien tersebut ke rumah sakit. Pasien itu sudah mulai mengalami penurunan kesadaran, ia mulai gelisah dan setengah mengamuk. Berbagai umpatan keluar dari mulutnya. Aku dan rekanku menjaga pasien di dalam ambulan dan kami juga ditemani 2 bapak-bapak teman pasien untuk memegangi pasien.

Ambulan yang berjalan menggila, melaju membelah kota, melewati kendaraan lainnya dan menerobos lampu merah, agar dapat segera tiba di rumah sakit. Kuacungi jempol pada Pak Ali, supir ambulan kami yang sigap. Namun tentu saja hal ini ada efeknya bagi penumpang ambulan tersebut. Terutama aku dan rekanku. Kulihat wajah temanku pucat. Tangannya sambil menekan balutan di wajah pasien, sementara tanganku memeras botol infus agar lebih banyak cairan yang dapat masuk ke tubuh pasien. Kuyakin wajahku juga pucat, dengan keringat bercucuran. Kami mabuk! Kondisi jalan yang berliku-liku dan naik turun gunung, menyebabkan perut kami teraduk-aduk, sehingga isinya tak sabar untuk keluar. Sudah bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya.:mrgreen:

Waktu aku kecil dulu dan sekolah di Sekolah Dasar, aku tak pernah membayangkan pekerjaan apa yang akan kugeluti saat dewasa. Ternyata takdir membawaku menjadi seorang perawat dan bisa merasakan salah satu sensasi luar biasa dalam menjalankan tugas seperti yang kuceritakan diatas. Tetapi sebenarnya aku sudah terbiasa bersentuhan dengan luka dan darah sejak aku di Sekolah Dasar dulu. Aku terpilih untuk mewakili sekolahku dalam program dokter kecil yang diadakan oleh puskesmas setempat. Saat ada teman yang terluka, aku segera dipanggil ke ruang kepala sekolah, tempat kotak P3K disimpan karena sekolahku tidak mempunyai ruang UKS.

Kini aku mendapatkan tugas dari Mbak Nchie Hanie a.k.a Mama Olive  untuk mengerjakan PR Sekolah Dasar. Langsung saja memoriku berlompatan ke lebih dari 20 tahun yang lalu, masa-masa aku bersekolah di salah satu Sekolah Dasar Negeri di kampungku. Aku teringat halaman sekolah yang luas, guru-guru dan teman-teman, termasuk jari temanku yang terluka gara-gara terjepit kayu yang kemudian kurawat. Kemudian ada juga buku favoritku di perpustakaan sekolah dan tempatku biasa memarkir sepeda, yaitu di belakang kelas dan kurantai ke tiang sekolah. Tentu saja perawat yang bernama Akin ini juga punya kenangan yang memalukan waktu Sekolah Dasar, tetapi tak elok rasanya bila kuceritakan disini karena terlalu malu-maluin.:mrgreen:

Berikut ini adalah daftar PR tentang Sekolah Dasar-ku yang harus kujawab.😀

1. Guru favorit.

Wali kelasku waktu kelas V SD adalah Bu Sari. Menurutku beliau baik banget, karena dulu membolehkanku tidak ikut pelajaran karena aku dianggap salah satu anak yang pandai. Tetapi sebenarnya beliau memintaku menjaga anak beliau di rumah beliau yang berada dalam kompleks sekolah. Menurutku sih menyenangkan, karena bisa bermain-main dengan anak beliau yang lucu.

2. Guru Killer.

Alhamdulillah guru-guru SD-ku baik semua terhadapku.

3. Teman Bolos.

Aku tidak pernah membolos, namun pernah memandang temanku yang bolos itu keren, karena mereka berani. Itu sih menurutku yang masih lugu dulu. Oh iya, mungkinkah yang kusebut pada poin 1 terhitung membolos juga?😀

4. Teman Berantem.

Sesekali aku pernah terlibat pertengkaran dengan teman sekelasku, tetapi kemudian berbaikan lagi, karena pada dasarnya aku cinta damai.:mrgreen:

5. Jajanan Makanan/Minuman Favorit

Singkong goreng empuk yang dijual di salah satu warung selalu menjadi rebutan antara aku dan siswa sekolahku lainnya. sayang sekali waktu itu belum ada warung bakso. Bahkan di kampungku juga masih sangat jarang penjual bakso keliling. Minuman yang populer dulu kami sebut ‘beruap’, semacam air bersoda dengan berbagai rasa, ditambahkan dengan es batu. Yang paling kusuka adalah yang rasa kopi. Meskipun rasa pemanis buatannya sangat jelas, tapi aku dan teman-teman tetap saja suka.😀

6. Jajanan Mainan Favorit

Dulu lumayan banyak penjual mainan yang mangkal di halaman sekolahku. Mungkin Sahabat tahu sejenis kertas bergambar boneka cantik dengan aneka pakaian? Aku dan teman-teman menyebutnya ‘gambar bepe’. Aku cukup suka membeli gambar tersebut, namun tak terlalu banyak mengoleksinya.🙂

7. Sepatu Favorit

Aku bermimpi orang tuaku membelikan sepatu merek Kasogi yang ramai dipakai oleh teman-temanku. Apa daya, bapakku hanya sanggup membelikanku sepatu merek Famous yang berwarna hitam dan solnya berwarna merah.

8. Tas Favorit

Seingatku aku pernah punya tas seperti koper. Namun yang paling kusuka adalah tas selempang dari bahan kain kanvas yang tahan hingga lebih dari setahun, sampai warnanya kusam.

Demikianlah jawabanku atas PR Sekolah Dasar ini. Aku tidak meneruskan PR ini karena sepertinya sudah banyak diantara Sahabat yang selesai mengerjakannya. Maaf ya, Mbak Nchie😀

25 thoughts on “PR Sekolah Dasar

  1. Kak Akin makanan fav singkong..
    samaa,kalo sekarang mungkin terkenalnya singkong keju meletus..

    Hehhe..makasih ya dah ngerjain PRnya meskipun agak telat hahhaa..
    makasih ya Kak sudah berbagi semasa sd nya..

  2. Minuman beruap itu kayaknya cuma ketemu di Kaltim ya Kin.
    Masa SMP itu jajanannya , ada kopi bir, temulawak ya. Jajana favorit duluitu di Bpp ya singkong pake kuah kacang. Enak banget.

  3. Yang namanya bolos dan berantem itu nggak saya banget… kan anak baik…🙂

    Masa SD itu sudah sekitar 20 tahun yg lalu, tapi yang 8 item ini mungkin masing-masing kita masih ingat karena memori yang masih fresh.

  4. Saya jg pernah naik ambulan sekali kak,,
    bener2 luar biasa pokoknya ya supir ambulance..😀

    minuman beruap?? SIngkong?
    kalau singkong sih malahan ga ada yg jualan di tempatku, mungkin karena sudah punya singkong sendiri2 ya di kebunnya.😀

  5. Kenangan masa SD, dulu pernah digelar acara secara nasional. Sekarang digelar dalam dunia blog.
    **kakaAkin waktu kecil cara buang ingusnya gimana?😀

  6. jajanan waktu SD emang aneh-aneh, tapi lebih anehnya lagi kok kita suka ya?
    padahal pewarna, pemanis, pengawet buatan, semuanya nyampur jadi satu. ckckck..
    dulu aku jajannya es serut. padahal cuman es, trus dikasih sirup abal-abal (merk murahan banget).
    duuuhhh heran deh kenapa suka ya?
    haha.
    jadi kangen SD…..😀

  7. Guru killer tidak harus galak tetapi jika getol emberi PR tanpa pandang bulu bisa disebut guru killer oleh anak2, bukan.

    Saya pernah menyarakan agar hari Jumat guru tidak memberi PR supaya anak2 bisa weekend dengan tenang.
    bagaimanapun juga mengistirahatkan pikiran itu perlu juga.

    OOT, selamat atas kejayaan ibu pada kuis Una.

    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

