Mungkin Inilah Saatnya

Siapa sih Akin itu?

Jika Sahabat diminta untuk mendiskripsikan, mungkin ada yang menyebutkan bahwa Akin adalah penggemar hal-hal yang berbau Korea, atau kadang disebut Korean Addict. Jelas banget sih, karena beberapa tulisanku di blog ini adalah mengenai hobiku yang satu itu, entah mengenai film, drama, bahasa, kebudayaan maupun tentang kulinernya. Lagi pula aku juga menyebutkan hal ini di halaman about me😀

Umumnya penggemar Korea memang satu paket (setahuku). Maksudnya, misalnya saat mulai tertarik dengan dramanya, biasanya juga akan tertarik dengan hal-hal lain yang berkaitan dengan Korea. Seperti halnya diriku. Pada awalnya aku tertarik dengan drama Korea (K-drama), kemudian turut menikmati OST yang ada pada drama tersebut, semisal OST di drama Winter Sonata yang menyentuh banget.😀

Setelah menyukai OST, kemudian aku mulai melirik ke musik/lagu Korea yang biasanya disebut K-pop. Penyanyi solo ataupun boyband/girlband tak luput dari pengamatan. Berbagai macam lagupun diunduh dari internet. Sementara itu, keinginan untuk mempelajari Bahasa Korea juga muncul. Beberapa buku cara belajar Bahasa Koreapun dibeli dan situs/blog yang menyediakan pelajaran Bahasa Korea juga kerap dikunjungi. Meskipun sampai sekarang sama sekali nggak ada kemajuan dalam kemampuanku berbahasa Korea😥

Tak ketinggalan soal kuliner. Seingatku aku sudah pernah membuat beberapa tulisan tentang pengalamanku saat pertama kali membuat makanan Korea, antara lain kimchi, kimbab dan tteokbokki.

Pokoknya, Akin itu Korea banget! (meminjam istilah temanku):mrgreen:

Namun lambat laun aku mengurangi hobi itu satu persatu. Sudah sejak beberapa tahun yang lalu aku mengurangi kegemaran pada musik. Kini aku tak peduli lagi entah berapa jumlah penyanyi yang baru bermunculan di Korsel, atau FT Island mengeluarkan album baru, atau Jang Geun Seok yang ikut-ikutan jadi penyanyi, dll.😀 Bahkan OST drama yang kusukaipun tak lagi kuunduh. Alhamdulillah, aku bisa mencoret K-pop dari daftar addict-ku.🙂

Ketertarikanku pada budaya, kuliner dan bahasa Korea merupakan hal yang positif menurutku. Sehingga (insya Allah) akan sangat bermanfaat. Namun kini aku mempertimbangkan mengenai drama Korea kegemaranku. (ngelirik Mbak Erry😀 )

Kalau tidak salah hitung, sudah lebih dari 3 bulan aku tak menyelesaikan menonton satu judulpun drama Korea. Menurutku ini adalah rekor bagi seorang penggemar K-drama. Seperti yang kubilang pada Mbak Erry saat berkomentar di blognya, bahwa mood-ku untuk nonton drama Korea belum kembali. Entah sudah berapa judul drama yang bagus-bagus dan ratingnya juga tinggi, kulewatkan begitu saja. Bahkan drama yang dibintangi oleh aktor berwajah tampan, Lee Min Ho, yaitu City Hunter, juga tak seselai kutonton.

Biasanya aku menonton drama Korea terbaru secara online, dengan english subtitle (salah satu alasan mengapa aku memilih memasang SPEEDY di rumah adalah agar dapat menonton K-drama secara online). Atau bila DVD-nya sudah tersedia di pasaran, aku juga membelinya. Namun, setelah membeli beberapa judul drama, termasuk yang baru-baru saja direkomendasikan oleh Mbak Erry yaitu Scent of A Woman yang dibintangi oleh Kim Sun Ah dan Lee Dong Wook, mood-ku untuk menonton belum juga balik. Baru beberapa episode awal kuputar kemudian aku berhenti, padahal ceritanya sangat menarik. Semangat menonton drama sedang redup.

Mungkin inilah saatnya untuk melakukan perubahan

Di saat mood sedang redup, kupikir mungkin inilah saatnya untuk berhenti, atau setidaknya mengurangi secara perlahan-lahan kegemaran terhadap drama Korea. Sedangkan bagi penggemar sejati, menonton K-drama adalah kewajiban (lebay :D ). Kuakui, menonton K-drama itu cukup menyita waktu. Bila dihitung-hitung, rata-rata per drama ada 16 episode, bila dikalikan dengan 1 jam per episode maka waktu yang diperlukan untuk menonton satu judul adalah 16 jam. Padahal dalam satu kurun waktu saja ada banyak drama Korea yang diproduksi. Total ada berapa jam yang didedikasikan untuk menonton K-drama?

Hei, drama Korea itu sangan menarik dan bisa mencadi candu, Kawan! Sekali kau terjerat, akan sangat susah melepaskan diri.

Aku membicarakan tentang diriku sendiri disini. Ketidakmampuanku memanfaatkan waktu dengan baik serta menyeimbangkan antara kegiatan bermain-mainku dengan kewajiban-kewajibanku, membuatku memutuskan untuk mengubah kebiasaanku dalam menonton drama Korea yang porsinya terlalu besar. Aku tidak mengatakan bahwa aku akan berhenti sama sekali, namun (insya Allah) aku berusaha menguranginya secara bertahap. Semua butuh proses bukan?😀

Aku membayangkan bila kelak ada yang merekomendasikan kepadaku sebuah judul drama Korea yang sangat menarik, dengan rating yang sangat bagus, aku akan mengatakan “Maaf, aku tidak menonton drama Korea lagi sekarang…”

Mungkinkah?

Wallahu a’lam…

Semangat!!!😀

_________________________

Tulisan ini diikutsertakan pada Kontes Make That Change yang diadakan oleh Pendar Bintang.

Gambar dari sini.

49 thoughts on “Mungkin Inilah Saatnya

  1. He..he..aku juga berenti nonton K. Drama karena kecanduannya itu ganggu pikiran dan waktu istirahat, padahal kerjaan kita kAn nuntut stamina prima ya Kin
    _______________
    Kaka Akin : Hehe… Sering banget begadang gara-gara keasyikan nonton😀

  2. Korea ?
    Again ?
    Oh No … Oh No …

    Salam saya Kakaakin
    semoga sukses ya
    _______________
    Kaka Akin : Terima kasih ya, Om…
    Hehe… ini sih namanya ‘the confession of a K-drama lover’😀

  3. aku dulu pecandu berat Anime, klo sekali duduk sekali judul langsung selesai, akibatnya begadang tapi positifnya pembendaharaan kosa kata bahasa Inggrisku nambah sih dan mendorong untuk les bahasa jepang😀

    tapiii … sekarang intensitasnya berkurang, sesekali aja dan berhari-hari untuk selesai satu judul😦 tapi aku rinduu sih😀

    apapun bisa selama kita meniatkannya ya🙂
    _______________
    Kaka Akin : Hmm… Tiara, keknya sih rasa rindu itu boleh ada, tapi tetap mesti dikendalikan ya…😀
    Keren dong ya, Tiara jago bahasa Jepang sekarang😀

  4. semua ada masa-masanya ya Kin.. kesukaan kita pada sesuatu tidak pernah akan abadi.

    segalanya bila untuk kebaikan, bundo ikut dukung Akin🙂
    _______________
    Kaka Akin : Bener juga ya, Bundo…
    Kalo dipikir-pikir, mungkin karena manusia yang juga terus berubah😀

  5. Oh, sama Mbak, saya juga mulai mengurangi frekuensi nonton dorama dan anime…😀

    Well, bukan berarti saya gak ngunduh sama sekali. Kegiatan ngunduh mereka tetap, hanya saja nggak saya tonton.:mrgreen:
    _______________
    Kaka Akin : Hahaha… menuh-menuhin harddisk doang ya, Sop😀

    • asop jadi kolektor aja nih critanya😆
      _______________
      Kaka Akin : Mungkin menurut Asop mending jadi anime kolektor daripada jadi debt collector😀

  6. “Mungkin Inilah Saatnya ……………………..” (isi titik itu .. ?)
    _______________
    Kaka Akin : Hehe… inilah saatnya berubah, Om. #power rangers😀

  7. mba,,,saya mulai menyukai SNSD nih… abisnya banyak kawan udah pada nyetelin,,atau wondergirl…hahaaha..
    tapi saya tetep gak suka sama girl/boy band di Indonesia yang gayanya ikut-ikutan gaya girl/boy band korea..gak banget dehhh,,,
    _______________
    Kaka Akin : Jyaahh… semoga bukan karena suka hotpants-nya SNSD ya…😛

  8. Aku juga dulu Kak…
    penggemar berat k-drama… dan j-dorama…
    berjam2 dihabiskan buat nonton…
    memang addict… habis satu episode (yg biasanya dipotong ketika lg seru2nya…) langsung lanjut episode berikutnya

    dulu waktu kuliah aku pernah HER gara2 nonton meteor garden 19 jam… pas mau ujian… (niatnya cuma mau nonton 1 episode.. sungguuuuh)

    trus pas udah punya anak, malah sering lalai.. klo nonton malam pas anak tidur jadinya malah insomnia… soalnya nggak bisa berhenti di 1 episode,,,

    mendingan tak usah saja… hehehe…

    emang k-drama nggak jauh beda sama candu ya Kak…😀
    _______________
    Kaka Akin : Hahaha… pagi-pagi di sekitaran mata ada lingkaran hitam😀
    Dulu saya pernah nonton serial Jumong yang 80-an episode. Sampai-sampai ditegur ibu gara-gara kebanyakan nonton🙂

  9. Wuehehe, makanan tiap hariku, jam 1.30-2.30 didepan tivi ama mami nonton drama korea. Tp ga pernah tau judulnya huahaha
    _______________
    Kaka Akin : Hehe… dimana-mana ada drama Korea ya…😀

  10. untung saya ga terlalu tertarik, jd mending diem aja deh kak…😀😀
    kalau memang sudah tau dampak buruknya, ya lebih baik mulai dari sekarang harus berubah ..😀
    _______________
    Kaka Akin : Syukurlah karena Mabruri gak ikutan suka😀

  11. ini niat beneran apa cuma buat memenuhi persyaratan ngontes?😆
    _______________
    Kaka Akin : Insya Allah udah diniatin juga, sekalian ngontes juga. haha…😀

  12. cintaku pada korea cuma sama Han hyo joo…itu buktinya sampai saya jadikan header…
    _______________
    Kaka Akin : Hehe… Dia memang cantik ya…
    Eh, kirain itu fotone Song Hye Gyo loh…😀

  13. Semangat Kak!

    Terima kasih sudah berpartisipasi ya…

    Kegemaran menonton Film Korea ini memang sulit sekali dihindari, Hani juga ngerasa banget lho kalau menyita waktu makanya Hani gak mau nerusin, sekali-kali (tapi yang nggak serial) ya tidak apa…

    Semangat Kak!!! Jangan sampai waktu kakak akin di sabotase sama Korea😛

  14. Kesukaan terhadap sesuatu secara berlebihan itu memang gak baik yah. Aku juga kan dulu penggila Korea. Tapi sekarang, udah enggak lagi deh. Lagipula, boyband/girlband Korea yang sekarang, tidak sebagus yang dulu-dulu. Jadi saya sepertinya malas mengikuti perkembangan lagi😛

  15. Saya pernah sesekali nonton drama Korea, tapi nggak terus menerus, karena sampai rumah sudah malam.
    Pada akhirnya kegiatan kita jugalah yang membuat kita harus menyeimbangkan, hobi, pekerjaan, serta kewajiban sosial kita..dan buatku kewajiban sebagai ibu dan isteri.

  16. dhe juga belum nonton drama terbaru Lee Min Ho kak, lupa terus tiap mo beli dvd nya.. tapi dhe gk se-addict kakak, cuma sebatas suka sama dramanya aja, itu pun tergantung siapa yang main dan bagaimana ceritanya.. semoga bisa berubah yaa kak.. caiyou!!

  17. jd inget dulu jaman kuliah sm anak2 kos lembur sampe pagi namatin endless love…mata bengkak krn nangis mulu pas nonton dan ngantuk hehe… Mmg oke sih drama korea..pas kpn itu lg pengin nonton yg melow melow…beli dvd seri korea…namun smpe skrmg blm kesentuh…hehe.. Make that change nya sesuatu bgt ini akin xiixixi..sukses ya dikontesnya

  18. Kalo cuma sekedar nonton film aku sih masih suka film korea. tapi bukan drama korea.. dan tidak begitu suka dengan boys dan girlband asal korea..

    kalo masakan Kimchi jadi teringat film le grande chef II.. tentang lomba masak kimchi..

  19. Emang sih.. nonton serial drama itu ngabisin waktu, belum lagi kalau nontonnya maraton.. kemarin malem aja mel ngabisin 5 episode, alhasil sekarang ngantuk2 nih di kantor

  20. Kalau sudah addict dengan drama korea memang sudah pasti akan merembet terhadap hal-hal yang berhubungan dengan korea, pasti akan dibela.
    Setelah drama korea nanti berakhir, maukah akin berpindah ke komik One Piece nemenin saya (beserta video nya xixixixxi)

  21. kalo saya seorang penggemar Anime terberat,
    dari mulai wallpaper,tema,ost,film,manga,apa yang berbau japan,semua di koleksi..
    Walopun sekarang udah mulai berkurang,tp tetep saya menyukai Ost anime atopun J-Pop

  22. saya juga udah mengurangi nonton film derama. sekarnag malah nonton film action. ahhh sama aja dong yah. ehehhehe.
    tapi film korea ato jepang gitu benar benar bisa kecanduan sih

  23. Nah. Baru saja tadi pagi seorang temanku cerita kalau dia tergila2 dengan K-Drama. Sampai jam 3 pagi baru selesai nonton. Aiihh…. saya tak maulah… nanti mata semakin sembab karena kurang tidur hahahaa…

  24. idem sama mbak put…dulu waktu heboh2nya meteor garden atau winter sonata…aku ngga tertarik sedikitpun untuk nonton apalagi nyandu…..biasa ajalahh….krna dari dulu utk segala hal aku ngga suka yang terlalu lebay…aku senangnya yang “sedang-sedang saja…..”

    dulu istri bos saya nyandu sm winter sonata bahkan kesemsem sm pemeran utamanya..sampai2 mrk bertengkar cuma gara2 drama korea itu hihih….

  25. kok kita bisa sama yah kak?😀
    3 bulan lalu, saya juga masih termasuk penggemar K-drama tapi saya sadar, itu menyita cukup banyak waktu dan perhatian saya padahal lagi sibuk ngurusin anak-anak terutama si kecil yang lagi belajar jalan. bahaya klo lagi asyik2 nonton, trus apa-apa sama si bungsu dan nggak ada yg merhatiin (nyadar diri).
    alhamdulillah sadar sebelum ada kejadian berbahaya🙂

    sukses kak, dan semangat untuk setiap perubahan positif!!!

  26. aku lumayan “Tae Han Min Guk”..prok..prok..prok
    tapi pelem mah ngga deh.. males nontonnya..kelamaan, kalo lagu juga jarang2.. sebatas nemenin anak2 biar nyambung *mungkin udah tuwir kali ye*

  27. saya sudah kecanduan berat, mulai dari drama, lagu, girlband, boyband, bahasa, budaya, bahkan khayalan. jika tidak nonton saya stress, tapi kalau nonton saya terhanyut. jika filmnya ending, saya seperti kehilangan dunia saya. saya bingung kadang ingin bunuh diri karena stress ini.
    sampai2 saya belajar bahasa korea agar bisa dapat beasiswa ke korea. Ada solusi gak biar saya gak terlalu addicted tapi masih tetap suka korea. hanya supaya semangat hidup tetap ada.dan bisa melakukan yang lain? saya seperti tak punya tujuan hidup lagi.

  28. Akiiiiiin…
    mengapa…oh..mengapa….
    Tapi AKin emang bener banget…

    Belakangan ini aku malah lagi sakau banget nih Kin…
    dan susah banget melepaskan diri dari jerat ituh….

    Tamat satu…langsung browsing nyari yang lain lagih…
    Malah sekarang aku lagi nyari nyari drama2 bagus yang jaman dulu….
    Sungkyukwan scandal udah belum Kin???
    Yoochun keren banget lhooooo….
    dan aku terpikat abis sama secon lead male nya…Moon JAe Shin…

    Entah mengapa aku selalu aja suka lebih terpikat sama yang namanya second lead male itu lho Kin dari pada peran utama cowoknya…Udah mah *biasanya* lebih keren…lebih kalem…eh segitunya ditolak…langsung menderita dengan gaya yang unyu banget…hihihi…
    *mencoba menggoda AKin untuk kembali ke jalan yang sesat…hihihi…*

Leave a Reply

