Book Review : Suami Istri Berkarakter Surgawi

Judul : Suami Istri Berkarakter Surgawi
Judul Asli : Shifat Az-Zauj Ash-Salih wa Az-Zaujiah Ash-Shalihah
Penulis : Syaikh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi
Penerjemah : Ibnu Barnawa, Lc
Editor : HM. Yasir Abdul Muthalib, Lc
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Cetakan : Keempat, Agustus 2009
Tebal Buku : 430 halaman

Barang siapa yang mengerjakan amal-amal shaleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya sedikitpun” (An-Nisaa’: 124)

Sebuah ayat Al-Qur’an yang diambil dari Surah An-Nisaa ini ditampilkan pada sampul buku “Suami Istri Berkarakter Surgawi”. Ayat tersebut berisikan janji Allah Ta’ala bagi laki-laki atau wanita yang beramal shaleh, akan mendapatkan ganjaran surga. Siapa yang tidak menginginkan surga?

Dalam rangka menginginkan kehidupan bahagia di akhirat, laki-laki dan wanita shaleh menyatukan diri menjadi suami istri shaleh. Sebuah keluargapun dibentuk dan dibangun secara bersama untuk menuju surga. Dalam buku yang terdiri dari 4 BAB ini berisi cara membangun sebuah rumah tangga. Pada BAB I diuraikan apa sebenarnya tujuan pernikahan dalam pandangan Islam. Pernikahan bukan hanya mengenai penyatuan dua insan, namun kelanjutannya kemudian adalah kehadiran anak-anak yang merupakan takdir dari Allah Ta’ala. Jika orang tua shaleh, makan akan membentuk kepribadian anak yang shaleh pula. Sedangkan anak yang shaleh akan banyak manfaatnya bagi kedua orang tua. Salah satu manfaatnya adalah do’a anak shaleh dapat menolong orang tua setelah orang tua meninggal.

Kemudian timbul pertanyaan, bagaimana sebenarnya karakteristik suami yang shaleh dan istri yang shalehah ini sehingga surga adalah ganjarannya?

Pada BAB II diuraikan 16 butir sifat-sifat yang dimiliki oleh suami shaleh, salah satunya adalah ‘selektif dalam memilih’. Hal yang penting salam memulai membangun sebuah rumah tangga adalah memilih calon pasangan hidup. Wajah cantik atau memilki harta berlimpah masih sering dijadikan dasar untuk memilih istri, padahal sebenarnya agama dan akhlak yang mulia adalah yang terutama.

Pada BAB III diuraikan 15 butir sifat-sifat yang dimiliki oleh istri shalehah, salah satunya adalah ‘tidak berhias, kecuali untuk suaminya’. Banyak perempuan yang berhias secara mencolok sehingga menarik perhatian laki-laki. Dalam buku ini dikatakan bahwa perempuan yang dipenuhi dengan perhiasan dan menampakkan keindahannya, itu berarti perempuan tersebut bukan perempuan baik-baik dan diragukan kesuciannya. Salah satu yang perlu digaris bawahi juga adalah mengenai kebiasaan perempuan yang ingin mengubah ciptaan Allah Ta’ala dengan cara menghiasi wajah menggunakan berbagai warna yang mencolok. Setelah ia membersihkan wajah, terlihatlah wajah aslinya. Hal ini dianggap sebagai penipuan terhadap orang lain dan terhadap dirinya sendiri, karena berusaha mengubah ciptaan Allah. Hendaknya seorang istri berhias untuk suaminya, namun tanpa mengubah bentuk yang telah diciptakan Allah.

Buku ini sangat kaya akan pengetahuan mengenai karakter-karakter orang shaleh. Bukan hanya secara umum, namun lebih spesifik mengenai pribadi seorang suami  dan istri untuk membentuk keluarga Islami. Penulis juga melengkapi buku ini dengan fatwa-fatwa yang penting bagi pasangan suami istri, pada BAB IV. Salah satunya adalah mengenai alat pencegah kehamilan. Alat kontrasepsi yang banyak dikampanyekan, tak jarang menimbulkan kontroversi. Kemudian ada juga fatwa mengenai wanita yang bekerja dalam Islam, hukum memotong rambut wanita, serta fatwa mengenai pakaian wanita.

Syaikh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi (16 April 1911 – 17 Juni 1998) adalah seorang ulama besar dari Mesir. Pada usia 11 tahun sudah menghapal Al-Qur’an. Beliau diberi gelar Imam Ad-Du’ati ( pemimpin para da’i), karena beliau memiliki kepribadian muslim yang lebih mencintai dan menghormati Mesir dan dunia arab. Selain buku Shifat Az-Zauj Ash-Salih wa Az-Zaujiah Ash-Shalihah ini, banyak karya beliau yang telah dibukukan. Karya beliau yang fenomenal adalah Tafsir Asy-Sya’rawi, yang berasal dari kumpulan ceramah-ceramah beliau. Beliau menikah saat usia masih sangat muda, yaitu kelika beliau duduk di bangku sekolah dasar atas dasar kemauan orang tua beliau yang telah memilihkan seorang istri. Beliau dikaruniai 3 orang putra dan 2 orang putri. Menurut beliau, yang terpenting dalam mendidik anak adalah suri tauladan. Orang tua sebagai suri tauladan bagi anak-anak, hendaknya mendidik anaknya secara islami dan menunjukkan perilaku yang sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. (sumber)

Buku ‘Suami Istri Berkarakter Surgawi’ ini sangat baik untuk menjadi panduan dalam mebina rumah tangga. Baik bagi yang baru akan memilih pasangan hidup, ataupun yang telah menikah. Bahasa yang lugas, dilengkapi dengan berbagai kisah yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadist, serta adanya dalil-dalil yang shahih.

_________________________________

Artikel ini diikutsertakan pada Book Review Contest di BlogCamp.

33 thoughts on “Book Review : Suami Istri Berkarakter Surgawi

  1. Tema kita sama kak ttg pernikahan,, hihihi

    bagus sekali ni kak buat panduan dalam mengarungi rumah tangga,
    dengan kembali kepada ajaran2 yang telah Allah & Nabi ajarkan, mudah2an nantinya bsa benar2 menjadi suami istri yg berkarakter surgawi..

    smoga sukses

    Kaka Akin : Insya Allah bisa menjadi panduan🙂

  2. wuuiih mantap ka…..dikupas tuntas dalam buku ini yah tentang karakter suami, istri yang berkarakter surgawi…..pengen beli bukunya ahh…mudah2an saya dan suami juga kelak menjadi penghuni surga…aamiin…….

    Kaka Akin : Hehe, mau ikutan juga ah, masuk surganya…😀

  3. Ulasannya baguus Kak..
    Bener2..buku panduan buat suami dan istri..
    Hmm..aku termasuk istri sholeh ga ya..*semoga*
    *tanya papa Olive dulu ahh..* hueheh..

    Sukses ka..

    Kaka Akin : Keknya kalo dilihat dari masakannya, sudah masuk hitungan tuh😀

  4. Pas banget dibaca untuk semua yang mendamba rumah tangga sakinah mawadah warahmah ya… baik yang sudah menikah dan yang belum menikah, lengkap😉

    Sucses ya ikutan kontesnya…

    Kaka Akin : Alhamdulillah saya dapat buku ini dari, Pakdhe Cholik. Semoga bisa saya aplikasikan🙂

  5. Saya telah membaca dengan cermat artikel sahabat.
    Segera saya catat sebagai peserta kontes.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Jombang

    Kaka Akin : Terima kasih ya, Pakdhe🙂

  6. Wow, jd pgn baca deh Ka, tapi agak2 khawatir nih, udah berkarakter surgawi belom yaa ^^

    Gudlak ngontesnya Ka😉

    Kaka Akin : Hehe… semoga bisa berkarakter surgawi ya…🙂

  7. wah, bagus banget buku ini ya Kak
    pingin baca, kayaknya aku masih jauuuuuuuh banget dr karakter surgawi ..hiks ..😦

    Semoga sukses diacara book review nya Kak ………
    salam

    Kaka Akin : Semoga kita bisa menjadi wanita sholehah ya, Bunda…🙂

  8. aku istri sholeh bukan ya tante Akin ? #loh siapa suaminya LOL
    semoga aja deh aamiin #jadi numpang doa😀

    Kaka Akin : Hehe… Semoga Tiara kelak bisa jadi istri shalehah.
    Sekarang, jadi anak shalehah dulu ya…😀

  9. Akhirnya mbak Akin ikutanjuga mereview buku, pinjem dong bukunya yang bisa saya review dengan mudah😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Kaka Akin : Hehe… silakan dipilih dari rak buku saya, Pak Sugeng😀

  10. Mbaaaak, reviewnya menarik banget!
    Menjadi suami atau istri berkarakter surgawi itu pasti nggak mudah, karena menjadi seseorang yang lebih baik itu harus melewati proses…selamat ikutan lomba ya, sukses!
    😀

    Kaka Akin : Prosesnya bisa lama, bisa pula sebentar ya, Mbak…🙂

  11. pengen baca tapi besok aja deh pas bener2 kalo udah mau nikah..😀

    salam kenal dari saya..

    Kaka Akin : Hehe… hayuk dibaca dari sekarang #maksa😀

  12. meskipun belom jadi istri dan belom punya suami, sepertinya buku ini tetep harus dibaca ya Mbak…
    hunting aaah

    Kaka Akin : Hehe… semoga ntar bukunya bermanfaat ya…😀

  13. Lumayan tebal ya sampek 4oo halaman lebih. Pas buat panduan hidup berumah tangga. SMoga bisa membelinya🙂

    Kaka Akin : Hehe… memang tebal sih, Mbak. Masih ada BAB yang belum saya selesaikan membacanya🙂

  14. subhanallah semoga saya dan nantinya dengan *calon* istri bisa meneladani tokoh dalam buku tersebut🙂

    Kaka Akin : Aamiin…
    Banyak contoh2 kisah di buku ini🙂

  15. wah mantap sekali mbak, pas untuk saya nih. insyaAllah ah beli. wow sekali 430 halaman yah..hihihi banyak uy😀

    moga sukses juga kontesnya ya, amin..

    Kaka Akin : Hehe… siip, insya Allah bermanfaat buat pengantin baru😀

  16. Berkunjung perdana ke blog ini…
    semoga menang kontesnya ya…. salut berhasil membaca dan me-review buku setebal 430 halaman… saya kayaknya belum pernah berhasil me-review buku deh hihihi….. *malu

    Kaka Akin : Salam kenal ya, Mbak…
    Makasih sudah mampir kesini😀

  17. Dari tulisan ini, saya lebih merenungkan akan sosok Syaikh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi yang sudah hapal Al-Quran pada usia 11 tahun. Jadi teringat dengan Imam Syafi’i yang sudah hapal pada usia 9 tahun. Subhanallah wallahuakbar …

    Kaka Akin : Subhanallah… Allah memberikan keunggulan memori dan pemahaman bagi beliau ya…🙂

  18. Wuih, ikutan kontesnya Pakdhe juga to, Mbak?
    Selamat deh, semoga menang. Bukunya sepertinya bagus, soalnya review-nya bagus banget sih. Jadi kepengen beli juga. Hehehe..

    Kaka Akin : Alhamdulillah sempat juga ikutan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s