Qorun Wannabe

Pernahkah Sahabat berdo’a kepada Allah Ta’ala agar diberi harta yang berlimpah?

Aku pernah!

Pada suatu masa di kala kesempitan yang begitu menyesakkan menimpa keluargaku, aku bermunajat pada salah satu sujudku di waktu menjelang subuh. Kira-kira redaksinya seperti di bawah ini.

“Ya Allah, karuniakanlah kepada kami harta yang berlimpah. Agar kami dapat beribadah dengan khusyuk kepada Engkau”

Namun beberapa kurun waktu kemudian, saat aku membaca status seorang teman di Facebook, aku jadi tersadar. Sebuah kalimat sederhana, tetapi benar-benar menamparku di wajah. Seingatku kalimatnya seperti di bawah ini.

“Apakah kamu yakin, bahwa kamu bisa lebih kuat dibandingkan Qorun?”

Aku memahami kalimat tersebut sebagai teguran, bahwa harta yang melimpah hanya akan membuat lalai dan sombong. Telah banyak contoh orang yang telah terlena oleh tumpukan harta, bukannya menjadi lebih tawadhu, malah semakin bermaksiat kepada Allah Ta’ala. Padahal yang terpenting adalah bagaimana cara agar bisa memperoleh pahala sebanyak-banyaknya dari Allah Ta’ala dengan menjadi orang yang beriman dan beramal shaleh.

Semoga kita tidak menjadi orang yang sombong.

Kisah Qorun bisa dibaca disini.

Gambar dari sini.

 

 

 

38 thoughts on “Qorun Wannabe

  1. “Apakah kamu yakin, bahwa kamu bisa lebih kuat dibandingkan Qorun?โ€

    Kalimat singkat tapi mak jleebh kak..๐Ÿ˜€
    Apa sih yang perlu disombongkan dari seorang manusia,,, yang pantas sombong hanya Allah SWT ya kak…

    semoga dengan saling mengingatkan, kita bisa menjadi orang2 yang tidak sombong

  2. Kalo doanya gini “Ya ALLAH kayakanlah aku, dan lindungilah aku dari sifat sombong dg kekayaan itu” boleh ga Ka? hihihi…

    tapi memang ya Ka, banyak yg lulus kalo ujiannya berupa kemiskinan, tapi banyak yg gagal kalo dikasih kekayaan atau kelapangan..

  3. Kakaakin … kalo disuruh pilih … harta banyak tapi tak berkah or harta dikit tapi berkah …๐Ÿ˜‰ … saya mantap memilih … ‘harta banyak tapi berkah … hehehe …๐Ÿ˜›

  4. Menikmati dan mensyukuri apa yang kita miliki dalam segal kondisi dan situasi merupakan suatu hal yang sederhana namun tidak mudah untuk melakukannya kecuali bagi orang yang telah ikhlas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  5. statusnya dalem banget :O kadang aku minta harta yang berlebih supya lebih rajin sedekahnya, tapi siapa yang tahu ya, Allah Maha Tahu tentang yang terbaik untuk hidup kita, nice share tante, makasih ya๐Ÿ™‚

  6. Yang namanya Harta itu … tak akan pernah cukup …
    Jika kita menuruti nafsu …

    So … kita harus banyak-banyak bersyukur …
    seraya terus belajar … dan berikhtiar
    Bagaimana meningkatkan income
    dan sekaligus
    Bagaimana memanagenya …
    Baik memanage secara fisik … maupun memanagenya secara spiritual

    Salam saya Kakaakin

  7. nurutin nafsu dunia memang nggak ada habisnya ya kin, heheheh…. Allah punya rencana sendiri untuk hidup kita masing-masing. disaat kita jatuh, disaat kita berada di bawah, perlahan-lahan Allah mengangkat derajat kita dengan berbagai cobaan. heheh… aku juga pernah ngalamin yg seperti akin alamin…. dan masa-masa itu udah lewat, alhamdulillah, Allah gak membiarkan kita sendiri kok๐Ÿ™‚

  8. Kakaakin, aku pernah berada di titik nadir. Sejauh ini aku terus-menerus bertaubat. Tentunya belajar teruuus. Untuk memulai hidup baru menurutku adalah dengan membantu orang lain semampu kita. Karena banyak yang lebih susah dari pada kita #miracleofgiving

  9. Jadi inget dengan pertanyaan gini:
    Mau harta berlimpah tapi ndak berkah apa harta dikit tapi berkah?

    Dan aku suka sama jawaban cerdasnya: Mau harta berlimpah dan berkah๐Ÿ™‚ Biar bisa lebih banyak sedekah, bisa leluasa ibadah. Aamiin…

    *Yeeeeeee… semua juga mau ya,hehe๐Ÿ˜›

    yang ndak mau itu, jadi Qorun, hiiiiii, nauzubillah dech… ;(.

  10. iya ya, kalo dipikir pikir… bener juga. kemungkinan besar aku gak akan sekuat Qorun yaa…
    duh, jadi gimanaaaaaa gitu, karena pernah berdoa gitu juga

  11. Satu kalimat yang… daleeem banget ya Kak…

    sepertinya aku nggak akan lebih baik dari Qorun… tapi nggak mau mengalami kejadian spt Qorun… Na’udzubillah…

    tapi manusiawinya qta selalu meminta “lebih” ya,… ah semoga qta selalu ingat supaya berdoa sampai tahap “cukup” saja… amin

  12. kaya yang sebenarnya adalah rasa โ€cukupโ€..
    Dan menurut saya orang yang kaya itu kalo di kasi uang ga mau..
    Kalo masi mau berarti blum kaya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s