Benalu untuk Pengobatan Kanker

Beberapa waktu lalu seorang sahabat menceritakan ada anggota keluarganya, perempuan, yang mengalami penyakit yang menjadi momok bagi kaum perempuan. Seorang dokter mendiagnosanya menderita kanker payudara. Jalan operasi ditolak karena ia terlalu takut, sehingga kini memilih pengobatan secara tradisional. Aku kemudian menyarankan anggota keluarga sahabatku itu untuk mengkonsumsi air rebusan daun benalu.

Daun benalu tentu hanya bagian dari ikhtiar. Fakta-fakta mengenai tanaman benalu (Macrosolen cochinchinensis) dan khasiatnya untuk melawan kanker bisa dibaca disini. Kebetulan dalam keluargaku ada tanteku yang pernah mengalami kanker serviks. Sebelum dilaksanakan operasi, beliau mengkonsumsi air rebusan benalu. Alhamdulillah, perdarahan hebat yang beliau alami bisa terhenti hingga saat akan dioperasi di RSUP Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Keluargaku kerap memperkenalkan tanaman benalu ini ke orang lain, karena belum banyak yang mengenal tanaman parasit ini. Kakakku beberapa kali mengirimkan contoh benalu kepada beberapa teman beliau yang tinggal di daerah lain, yang mengidap beberapa jenis kanker. Omku pernah pula melakukan hal yang sama. Kabar yang terdengar kemudian (alhamdulillah) menggembirakan, karena keluhan-keluhan yang dirasakan berkurang. Mengenai kesembuhannya wallahua’lam :)

Tanaman benalu bisa didapatkan di banyak tempat. Biasanya tumbuh di pohon-pohon besar atau pohon buah. Untuk kemudahan, omku ‘menanam’ benalu ini di pohon bengkudu yang ada di samping rumah. Jenis benalu yang ditanam omku ini ada 2 macam, yang berdaun lebar dan daun kecil.

Mungkin Sahabat ada yang sudah mengenali daun benalu ini. Bagi yang belum kenal, gambar daun benalu bisa dilihat di bawah ini.

Benalu daun kecil

Sengaja kupajang dengan ukuran gambar yang besar, supaya daun bisa terlihat lebih jelas :)

Kemudian yang berikut ini disebut benalu daun lebar. Aku kurang paham, jenis yang satu ini disebut apa atau di daerah lain biasa menyebutnya apa.

Benalu daun lebar

Benalu ini lebih lebar dibandingkan benalu daun kecil dengan tulang daun yang lebih keras :)

Hingga sekarang tanteku masih terus mengkonsumsi benalu, meskipun rahim beliau sudah diangkat, untuk menghindari pertumbuhan kembali sel-sel kanker. Biasanya beliau merebus beberapa lembar daun benalu lebar dan kecil, ditambah ranting/batangnya sekalian.

Benalu daun kecil dan lebar, bila dibandingkan :) *hasil nyomot dari panci*

Sebagai tambahan, keluarga kami juga menyarankan untuk menambahkan bawang hutan kedalam rebusan. Bawang hutan juga dipercaya mengandung zat antikanker.

Bawang hutan ini biasanya juga turut dikirimkan bersama daun benalu :)

Alhamdulillah, di lahan kosong samping rumah, selain untuk beternak ayam kampung, omku juga memanfaatkan untuk menanam berbagai jenis pohon termasuk tanaman obat. Selain untuk konsumsi pribadi, juga bisa untuk membantu sahabat lain, seperti yang kuceritakan diatas.

Tanaman bawang hutan, yang mirip rumput atau serai ya… :D

Sekali lagi, daun benalu hanyalah sebagai salah satu ikhtiar, karena kita wajib berikhtiar. Kesembuhan merupakan hak Allah Ta’ala untuk menentukannya. Semoga kita sehat selalu ya, Sahabat :)

About these ads

73 thoughts on “Benalu untuk Pengobatan Kanker

  1. Amiiinnn…..

    2 tahun lalu, Kakakku bilang dia punya bengkak kecil di payudaranya, kata dokter sih kanker. Tapi ya itu, dia takut untuk ke dokter lagi (untuk memastikan), apalagi dioperasi. Wong jumpa dokter aja udah takut.

    Om-ku jugalah yang akhirnya menyuruh minum air rebusan benalu seperti yang Kakaakin tulis ini (tanpa bawang hutan). Entah si Om tau darimana. Tapi berita terakhir dari kakak, bengkaknya udah mengecil dan kadar sakitnya juga jauh berkurang. Alhamdulillah…

  2. Ternyata benalu pun sangat berkhasiat ya Kak…
    selain benalu kabarnya skrg yg lg booming infonya juga daun sirsak ya kak…

    dan aku baru tau ttg bawang hutan itu…

    makasih informasinya Kaka Akin.. :-)

    • Beberapa tahun lalu benalu teh sempat populer ya, Mbak…
      Padahal sebenarnya di pohon mana saja boleh juga kok. Tapi saya belum tau, apakah ada beda khasiat benalu kalo tumbuh di pohon yang beda :D

  3. demen deh kalo baca-baca tentang manfaat tumbuhan bagi kesehatan. Kalo di daerah jawa tengah benalu sudah cukup populer untuk pengobatan, kalo bawang hutan aku baru tau manfaatnya..

    • Saya lupa mencantumkan nama daun ini dalam bahasa Jawa :D
      Kalau tidak salah sampai ada pula yang menjualnya dalam kemasan ya…

      Bawang hutan setahu saya tanaman dari Kalimantan :)

  4. wah tetanggaku ada loch yg kena kanker payudara…mana masih muda…dah gitu anak2nya msh kecil…..kayaknya udah parah, soale rambut dikepala udah pada rontok….kira2 msh bisa ngga yach terapi pake daun benalu ini? tp di jakarta dimana cari daun benalu ini yach?

    • Kalau di Jakarta banyak kok, Mbak.
      Dulu waktu tante saya berobat di RSCM Jakarta, sambil ikhtiar minum benalu juga. Ada terus kok stoknya. Biasanya di pohon2 besar adanya :)

  5. Al Hamdulillah saya udah berkali2 mengobati Kanker Payudara dg Daun Jarak Hijau yg saya beri tulisan2 special, sembuh tanpa bekas, dan udah puluhan pasien yg merasakan.

    Namun sayang, butuh waktu minimal 1 bulan.

  6. inilah salah satu bukti lagi, bahwa Allah swt tidak menciptakan sesuatu itu sia sia ……..
    padahal , kalau dipikir2, benalu itu kan tumbuhan parasit yg jahat, bisa mematikan induk yg ditumpanginya ya Kak.
    ternyata ada manfaatnya juga.

    satu lagi Kak, ikhtiar itu wajib, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt
    salam

  7. Akiiiiiiin…
    aku kangen…aku kangeeeeen…

    belakangan ini album barunya si Suju ituh…telah mengalihkan ku dari dunia maya…hihihi…

    Lagi nonton apa Kiiiiiin…
    Aku lagi ngulang nonton lagi Lee to me niiiiih…
    sambil nungguin dvd nya scent of woman keluar…
    *gak sabar liat Lee Dong Wok yang katanya baru selesai wamil body nya jadi asoy asoy gimanaaaa gitu…hihihi*

  8. Kiiiiin…
    Bagus lah kalo memang ternyata kanker udah ada obatnya…
    Walaupun mungkin sifatnya masih alternatif yah…

    Soalnya sekarang aku rada parno nih…jajanan anak kalo gak pake msg…pake pewarna semua…*sigh*

  9. sepertinya pernah melihat daun itu mbak
    biasanya ibu yang sering memperhatikan tiap tanaman yang bisa jadi obat, dan sil biasanya tinggal disuruh minum atau makan tanpa memperhatikan lebih detail..

    seperti bunga rosella, sil sering disuruh meminum itu…

    makasih infonya mbak… :)

  10. baru tau benalu ternyata bisa jadi obat yaa
    sempat mikir, duluuuuu….. kan Allah tidka mungkin menciotakan segala sesuatu dengan percuma aja gitu
    aku bertanya tanya, apa fungsinya benalu ya
    ternyata…bisa jadi obat kanker
    HEBAT deh

  11. ngasih masukan sedikit..benalu itu kalo gag salah adalah kata sifat, bukan kata benda..jadi semua tanaman yang sifatnya menumpang/ merugikan tanaman lain disebut sebagai tanaman benalu. mungkin bisa lebih dispesifikkan lagi [lewat riset googling] daun dari tanaman apa yang dimaksud.. :D
    Maaf kalo saya yang salah, dan ternyata benar ada tanaman yang namanya benalu..

    Salam MagaHaya!

    • Mungkin yang dimaksud sebagai kata sifat adalah ‘parasit’ ya. Kalo benalu sih memang nama tanaman dan merupakan kata benda (udah ngecek di kamus online :D ). Disini juga ada http://www.artikata.com/arti-321341-benalu.html
      Saya juga telah mencantumkan nama latin benalu ini, untuk memudahkan jika ada yang ingin browsing dengan tag nama latin benalu :)
      Terima kasih telah mampir ya :)

  12. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,MATA MINUS,autis,epilepsi,asam urat ,kolesterol,stroke,kista,PENYUBUR KANDUNGAN,keloid,keputihan,asma,maag,kanker rahim,serviks,penyakit menular seksual,kanker otak,KANKER PAYUDARA,insomnia,diabetes,hiper/hipo tensi,,TBC,radang paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pengobatantradisionalalami

  13. numpang coret mba,sbnry sdh lama sy dengar benalu bisa mengobati kanker dan tumor tpi sy bingung ni banyak yng merekomendasikan untuk jenis benalu yang bagaimana seharusnya,trus bagaimana takaran air dan jmlh daun benalu yang direbus….trims.mhn di email

  14. alhamdulillah makasih infonya….
    tapi masih bingung benalu mana ya yang cocok untuk kanker otak???
    om saya menderita kanker otak masih stadium awal kata herbalis disuruh minum air rebusan dau benalu n daun sirih hitam…
    tapi daun benalu yang mana ya yang cocok untuk itu???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s