Istilah-istilah

Sebuah pesan singkat masuk ke ponselku.

“Kak, apa sih artinya a.k.a?”

Dengan lincah jempolku mengetikkan huruf-huruf sebagai balasan.

“A.k.a itu kepanjangannya ‘Also Known As’, sama dengan ‘alias’.”

“Oo… baru tau aku. Itu bahasa blogger ya, Kak?”

“Bukan. Itu istilah dari Bahasa Inggris. Digunakan secara luas kok”

Kira-kira itulah kutipan balas-balasan pesan singkat antara aku dan seorang sahabat😉 Mungkin banyak diantara kita yang tidak memahami istilah-istilah atau singkatan-singkatan yang selama ini sering kita dengar. Demikian halnya dengan diriku. Bersyukurlah banyak sumber informasi yang bisa kita gunakan dalam mencari informasi. Salah satunya adalah dengan bertanya ke Google.

Setelah mengakrabi internet a.k.a dunia maya, semakin bertambahlah perbendaharaan istilah yang dipergunakan. Misalnya kata blogosphere cukup sering ditulis blogger di blognya. Menurut Mbah Wiki, kata blogosphere ini mencakup semua blog dan interkoneksinya dalam wadah yang bernama internet. Mungkin Sahabat juga telah banyak mengetahui istilah-istilah lainnya yang sering beredar di dunia maya.😀

Ada satu istilah yang baru beberapa bulan ini sering kubaca pada judul tulisan di blog Koreanindo, yaitu ‘selca‘. Saat melihat konten tulisan, ternyata berisikan gambar seorang selebriti Korea yang diambil sendiri oleh yang bersangkutan dengan gaya yang kiyut-kiyut. Jadi kesimpulanku selca itu mungkin kependekan dari self camera.

Saat kucoba gugling, ternyata benar. Kata Mbah Wiki, selca adalah istilah yang diciptakan oleh netizen yang mengacu pada “self camera“, yang dengan kata lain foto potret diri. Nah, ada lagi istilah netizen. Netizen merupakan penggabungan kata “internet” dan “citizen” yang berarti seluruh orang yang terlibat secara aktif dalam komunitas online dan merupakan pengguna internet.

Kembali ke selca. Umumnya selca dilakukan karena sedang iseng, misalnya saat sedang menunggu sesuatu. Dari pada bete, penggemar selca cenderung berkreasi dengan camdig atau kamera ponselnya dengan pose-pose imyut bin kiyut ala anak-anak alay bin lebay. Terkadang bibir dibuat manyun supaya tampak imut, padahal tujuan sebenarnya adalah berusaha membuat wajah tampak ramping dan tidak chubby.:mrgreen:

Tentu Sahabat tahu bagaimana yang disebut dengan ‘selca‘ itu? Mungkin mirip-mirip dengan yang di bawah inilah...:mrgreen:

Hayoo… siapa diantara Sahabat yang suka selca, acungkan tangan!:mrgreen:

37 thoughts on “Istilah-istilah

  1. wah jadi tambahan ilmu nih,,maklum saya males tanya sama Mbah gugel,,soalnya koneksinya sering ngadat hehehe

    berarti imnyut-imnyut itu gaya foto 4l4y ya Kak hehehehe

  2. mertua saya pinter banget ber selca ria kak, kadang kita jadi nanya ini moto sendiri atau ada yang poto ma? karena kalo papa mama lagi jalan pake mobil, papa nyetir mama di sampingnya dan mama sibuk berselca, tapi selcanya ga liat kamera jadi seolah ada seseorang yang mempotonya. tapi katanya lah ini kan udah jendela, siapa juga yang moto mobil jg lg jalan. jadinya itu selca…salam PU ya kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s