Halaman Kontak Saya

Bila awalnya menulis di blog hanya untuk kepuasan pribadi atau semacam diary online, kini blog juga menjadi tempat untuk berbagi. Berbagai topik yang dibahas di blog seringkali berisi informasi yang sangat bermanfaat bagi penjelajah dunia maya, misalnya saja resep masakan, info kesehatan, tutorial dan lain-lain.

Contohnya saja blogku ini yang isinya gado-gado, tak ada niche tertentu. Namun beberapa kali blogku dikunjungi oleh netter yang kebetulan menemukan link blog ini di halaman pencarian Google. Terbanyak adalah pada tulisan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Korea, misalnya pada tulisan Belajar Membuat Kimchi.

Pernah pula ada komentar yang berupa pertanyaan masuk ke blog ini pada tulisan yang memuat tentang buah-buahan khas Kalimantan. Komentator tersebut adalah seorang mahasiswa yang sedang melakukan penelitian salah satu buah tersebut, namun ternyata bibitnya mati. Ia sedang tinggal di Pulau Jawa sedangkan buah yang diteliti tumbuhnya di Pulau Kalimantan. Ia meminta informasi mengenai buah tersebut. Syukurlah, setiap komentar yang masuk di blog WordPress, akan selalu disertai alamat emailnya, jadi dengan mudah aku dapat menghubunginya balik dan memberikan informasi yang aku ketahui.

Banyak pertanyaan yang masuk ke blog ini dan sebagian besar belum kutanggapi, karena tersebar di beberapa postingan dan keterbatasan waktu yang kumiliki. Kedepannya, aku berusaha lebih baik dalam menanggapi pertanyaan yang masuk. Karena itu aku mengambil langkah untuk memasang halaman baru yaitu halaman ‘Kontak Saya’. Bisa dilihat pada header blog ini.

Dengan adanya halaman ‘Kontak Saya’, kuharap penanya bisa lebih mudah bertanya dan menuliskan topik yang ingin ditanyakan kepadaku selaku penulis di blog ini. Sebenarnya bukan hanya untuk pertanyaan saja, bisa juga berupa kritikan atau saran. Jadi bila ada pengunjung blog yang sungkan menuliskan komentar pada postingan, bisa menuliskannya melalui kolom yang tersedia di halaman ‘Kontak Saya’ dan akan langsung muncul pemberitahuan di inbox emailku. Dengan demikian, insya Allah akan lebih mudah bagiku untuk menanggapinya.

Mungkin sudah banyak diantara Sahabat yang telah membuat halaman semacam ‘kontak saya’, ‘contact us’, atau istilah lainnya untuk menghubungi author/admin blog. Bagiku ini adalah pengetahuan baru dan ingin membagi-bagikannya kepada Sahabat yang belum memahaminya. Bagi Sahabat yang ingin membuat halaman seperti ini, silakan lihat tutorialnya disini. Tentu saja ini khusus untuk blog berbasis WordPress. Selamat mencoba😉

50 thoughts on “Halaman Kontak Saya

  1. Saya juga sering kewalahan menjawab pertanyaan para pengunjung blog yang tersebar di berbagai postingan. Kadang beru tahu setelah ngubek2 post2 lama.
    Nengok halaman kontak, ah…

      • Halaman kontak saya di blog saya menjadi halaman dengan komentar terbanyak; 630 buah komentar!. Danuntuk hal2 yang sifatnya privasi saya menyediakan alamat email yang saya cantumkan di halaman itu pula.

        Yang beginian bisa dicoba, ki.

    • Hahaha… Mungkin perlu juga dipasang, Rin…
      Siapa tau ada penggemar Orin yang pengen ngomen, tapi malu kalo kebaca orang. Kan bisa tuh menghubungi Orin lewat kontak khusus😀

  2. Yup, saya juga menyediakan halaman “Kontak” di blog saya dan itu emang berguna banget😀
    Jadi kalo ada yang lebih privasi, bisa ditanyain di form tersebut😀

  3. wahh aku belum ada tuch halaman kontak saya…tapi sm suami setiap komentar yg masuk, masuk juga ke inbox email….jd meskipun postingan udah lama, klo ada yg abru ngasih komentar, aku bisa tau….

    • Kalau di blogspot, agak sulit bila ingin membalas komentar ya, Mbak…
      Bila kita mengirim jawaban langsung ke email penanya, dia bisa langsung tahu saat mendapatkan tanggapan dari kita😀

  4. Maaf terlambat kak. Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    Saya sudah mengunjungi link tutorial yang diberikan. Sudah saya coba membuatnya. Dan ternyata berhasil. Tapi hanya untuk coba2 saja, lalu kuhapus. Soalnya sampai saat ini belum banyak yg nanya tentang sesuatu yg sifatnya personal

  5. Memang perlu kok, terutama untuk komunikasi pribadi atau yang memilih untuk tidak terlihat publik seperti di kotak komentar… Halaman kontak saya pake plugin contact form..🙂

Leave a Reply

