Budaya Tertib Makan yang Terabaikan pada Penderita Asam Urat

Pak Agus tampak lahap menyantap hidangan Coto Makassar di sebuah warung. Irisan-irisan jeroan sapi yang terdiri dari babat, limpa, jantung, usus hati itu dikunyah dengan mantap sebelum melewati kerongkongannya. Paduan kuah hangat, gurih, pedas dan segar karena diberi perasan jeruk nipis, sesekali diseruput Pak Agus. Tak lupa ketupat mini yang dihidangkan sebagai pelengkap coto Makassar menjadi penghuni sementara perutnya. Pak Agus lupa akan pesan anaknya, agar ia menjaga kebiasaan makannya agar lebih tertib dan sesuai dengan pantangan-pantangan penyakit asam urat yang dideritanya. Namun karena budaya tertib yang sering terlupakan, maka Pak Agus tak mengindahkan pesan tersebut.

Kebiasaan untuk tidak tertib terhadap peraturan atau anjuran pola makan yang diberikan, memang sering terjadi pada orang yang mengidap penyakit tertentu. Contohnya saja Pak Agus. Budaya tertib makan yang seharusnya diterapkannya demi menghindari kekambuhan penyakitnya, juga diabaikan. Jeroan yang harus dihindari, malah dimakan dengan lahapnya. Sering kali hal ini dikarenakan pemikiran menggampangkan penyakit. Saat masih sehat dan tak ada keluhan apa-apa, penyakit dilupakan. Makanan yang semestinya dipantangpun dibabat habis.

“Ah, gampang… Kalau mau makan, ya makan saja. Kan ada obatnya. Kalau kambuh, tinggal berobat saja ke dokter”.

Ucapan diatas seringkali diucapkan orang-orang yang mengabaikan anjuran makanan yang baik untuk menghindari kekambuhan penyakitnya. Padahal, saat kambuh, rasa nyeri yang dirasakan tak terkira. Cara jalan yang biasanya tegap bak tentara, mesti terpincang-pincang karena sendinya sedang radang dan bengkak akibat kadar asam urat yang tinggi di dalam darah dan penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendiannya.

Gambar dari sini.

Biasanya saat berobat ke tempat pelayanan kesehatan, pasien akan diberi penjelasan tentang makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan bagi penderita penyakit asam urat. Makanan yang dipantang adalah makanan yang mengandung asam urat (purin) tinggi, seperti jeroan, otak, daging, lemak, alkohol, kerang-kerangan, kacang-kacangan, melinjo, cumi, udang, kepiting dan lain-lain.

Mestinya bila telah mengetahui bahwa kita menderita penyakit asam urat, hendaknya kita mematuhi anjuran dan pantangan. Sehingga bila budaya tertib makan diperhatikan, insya Allah kekambuhan kembali serta berbagai komplikasi penyakit asam urat bisa dihindari.

__________________________

Tulisan ini diikutsertakan pada ADUK yang diadakan oleh BlogCamp.

24 thoughts on “Budaya Tertib Makan yang Terabaikan pada Penderita Asam Urat

  1. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Tak lupa saya mohon maaf atas segala kesalahan lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

  2. loh bukannya coto makassar tuh penuh rempah yang ngebantu buat ngilangin penyebab asam urat ya?.. eumm.. kan coto makassar ada yang daging, pak aguus siih milih yang isinya jeroan. hahah..

    moga menang dengan ketertibannya ikut kontesnya pakdee ^_^

  3. Hampir kesemuanya pantangan buat penderita asamu urat itu jadi makanan favorit saya . Moga saja saya gak terkena asam urat sehingga gak perlu dipaksa tertib makanan-makanan itu.

  4. sama kayak ayah dhe, susaaaaaaaaaaaaaahh kali kalo diingetin untuk menjaga pola makannya.. tapi kita sendiri yang masih sehat harus tetap menjaga pola makan, biar gk kena penyakit yang aneh2.. betul kan kak??

  5. kayaknya tertib itu bukan cuma buat yang sakit asam urat doang deh, tapi buat semua penyakit yang agak kronis~ :roll:k kronis~🙄

  6. Hmm..memang sebaiknya kita menjaga makanan kita…karena kesehatan itu mahal, ya waktu, ya biaya, dan yang jelas kalau sakit tidak enak.

    Ini untuk kontes ya Akin…semoga menang

  7. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,MATA MINUS,autis,epilepsi,asam urat ,kolesterol,stroke,kista,PENYUBUR KANDUNGAN,keloid,keputihan,asma,maag,kanker rahim,serviks,penyakit menular seksual,kanker otak,KANKER PAYUDARA,insomnia,diabetes,hiper/hipo tensi,,TBC,radang paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pengobatantradisionalalami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s