Apa Rencanamu pada Ramadhan Ini?

Kemarin aku berbincang-bincang dengan seorang kawan kuliah di jendela fesbuk. Selain mengucapkan “selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dan maaf lahir batin”, ia juga menanyakan apa rencanaku dalam menghadapi Ramadhan kali ini. Aku kemudian menjawab, “pokoknya beribadah sebanyak-banyaknya😀 “.

Yups, apalagi sih yang dilakukan selain beribadah? Bahkan segala aspek dalam kehidupanpun adalah dalam rangka beribadah kepada Allah Ta’ala, asalkan diniatkan🙂 Tentu saja bukan hanya dalam bulan Ramadhan, tapi juga pada bulan-bulan yang lainnya. *Ehm…uhuk uhuk… Ini merupakan pengingat bagi diriku banget nih🙂

Jika saja ada visualisasi level ibadah dalam bentuk semacam lampu indikator yang bergradasi dari warna merah hingga hijau (low, medium, high), mungkin levelku selama ini tak jauh dari seputaran warna merah yang artinya ‘low’ (rendah)😦 Hiks…

Daftar panjang hal-hal yang mesti dilakukan/diperbaiki dalam diri, sudah tercatat dalam memori. Pertama-tama tentu saja memohon ampunan dari Allah Ta’ala yang mesti dilakukan secara kontinyu. Kemudian dilanjutkan dengan ibadah, mulai dari sholat wajib, sholat sunnat, bacaan Al-Qur’an, ikut pengajian, bla bla bla, dan hapalan Al-Qur’an.

Untuk hapalan Al-Qur’an, aku berencana ingin menambah hapalan surah-surah pendek dalam Juz ‘Amma. Nyadar banget, hapalanku cekak. Mungkin bila dibandingkan anak temanku yang sekolah di SDIT, hapalannya boleh jadi lebih banyak dibandingkan diriku😦 Ngiri banget saat melihat teman ngaji, padahal sudah berumah tangga dan sibuk kerja juga, tapi hapalan surahnya banyak (subhanallah). Di saat aku terbolak-balik menghapal Al-Balad, beliau dengan mulusnya menghapal An-Naba’.

Awalnya aku milih-milih, dari surah pendek yang ada di juz ‘Amma, surah yang mana yang akan kuhapal. Thanks to Ari yang nyaranin agar me-murajaah (mengulang) hapalan, mulai dari An-Nas saja. Bener juga sih, hapalan yang dulu-dulu banyak yang hilang karena gak diulang-ulang. Belum lagi bacaannya yang nggak bener, misalnya lupa beda antara huruf sin dengan syin, atau tentang panjang pendeknya🙂

Semoga kita selalu diberi kekuatan oleh Allah Ta’ala dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini🙂

Siip banget. Insya Allah masih dengan semangat penuh, membuka surah An-Nas.😀

Bismillah…

(gambar dari sini)

39 thoughts on “Apa Rencanamu pada Ramadhan Ini?

  1. Mbak…say abelum puasa n i…tapi insyallah bisa puasa…puasa di Bali apa lagi kerja di sini berasa gimana gitu kalau bisa nglewatin…nyolong2 waktu sholat karena intensitas kerja yang tinggi, trus menahan diri buat gak marah2 atau emaosi karena gak jarang dibikin grrrrrrgghh😀

  2. Asyikkk,,,ada temannya nih yang masih belum fasih membaca Al-Quran,,semoga dibulan ramadhan ini kita bisa menambha kwalitas dan kwantitas ibadah kita AMIN

  3. Rencana kita semua untuk beribadah sebanyaknya di bulan Ramadhan ini, semoga terlakasana dengan baik ya Kin, bukan dengan tujuan berburu pahala besar, tetapi sadar diri sebagai makhluk ciptaan Allah yang sudah begitu banyak dilimpahi nikmat.

  4. Sebenarnya aku gak pernah punya rencana khusus, tapi sepertinya memperbanyak hafalan ayat sepertinya cukup menarik untuk dilakukan.

  5. rencana yang mantap
    kalo saya pribadi sih punya rencana untuk lebih sering tarawih dan tadarus
    soalnya kuliah saya malam yakni sehabis pulang dari kantor
    dan saya selalu beralasan capek ketika hendak tarawih
    *eh ko malah curhat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s