Produk Unggulan Diri

Lulus sekolah atau kuliah merupakan pintu gerbang menuju tahap kehidupan selanjutnya yaitu dunia kerja. Sebelum dapat bekerja, langkah yang harus ditempuh adalah melamar pekerjaan. Alangkah baiknya bila setiap orang dapat mengenali dan mempersiapkan ‘produk unggulan’ yang terdapat dalam dirinya. Setiap orang mengidam-idamkan memperoleh pekerjaan yang bagus, dengan gaji lumayan dan tunjangan yang besar. Karena itu diperlukan untuk mempersiapkan produk unggulan diri yang baik, agar dapat ditawarkan kepada tempat kerja atau perusahaan yang akan dikirimi surat lamaran.

Mengapa produk unggulan diri kini perlu dimiliki untuk melamar pekerjaan? Seperti kita ketahui, setiap tahunnya terdapat ribuan lulusan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dengan persaingan yang sedemikian besar, kita akan tersingkir jika hanya berbekal ijazah yang kita peroleh dari kampus tempat kita kuliah. Dengan adanya kelebihan atau keahlian yang lebih unggul dari orang lain, maka akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan untuk memilih kita untuk bergabung dengan mereka.

Produk unggulan diri yang perlu dipersiapkan, antara lain:

1. Nilai yang bagus.

Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang bagus masih merupakan salah satu pertimbangan perusahaan. Hendaklah  belajar dengan sungguh-sungguh sejak masa kuliah, agar bisa memperoleh nilai yang bagus, karena tidak dipungkiri ini merupakan modal awal dalam mencari kerja. Kira-kira, yang mana yang akan dipilih, pelamar kerja dengan IPK 3,4 atau 2,5?

2. Pelatihan-pelatihan

Banyak pelatihan yang diadakan untuk mahasiswa dan biasanya diberikan sertifikat untuk setiap peserta. Terlebih lagi bila pelatihan yang diikuti sangat mendukung atau diperlukan pada tempat kerja yang dituju, maka pengalaman pelatihan tersebut akan menjadi satu produk unggulan bagi diri kita. Misalnya untuk bekerja di sebuah rumah sakit, pelamar dengan sertifikat pelatihan kegawatdaruratan akan lebih dipilih dibanding yang tidak memiliki sertifikat tersebut.

3. Kemampuan lain

Kemampuan mengoperasikan komputer kini telah lazim dimiliki semua orang. Namun kita akan menjadi lebih unggul bila memiliki kemampuan yang lebih khusus, misalnya pada program-program tertentu. Kemampuan berbahas asing juga menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan, kerena sekarang adalah masanya kita sering bersinggungan dengan orang asing. Bahasa Inggris sudah umum. Pilihlah bahasa lain selain bahasa Inggris, maka lagi-lagi akan menjadi produk unggulan bagi diri kita.

Dengan memiliki produk unggulan diri, maka kita berani maju bersaing untuk mendapatkan kesempatan bekerja di tempat kerja impian kita.

___________________________

Tulisan ini disertakan pada ADUK di BlogCamp.

Gambar pinjam disini.

41 thoughts on “Produk Unggulan Diri

  1. Hehehe..tampil belakangan nih..tapi emang bnar kemampuan dasar yg kita miliki harus kita asah shgga menjdi investasi untk diri sendiri..

    Semoga menang Kak..

    • Hwah… sudah ada yang komen nih…😀
      Hehehe… tadi ngantuk sih, jadi tidur dulu. Ternyata kemampuanku membuat postingan cukup buruk. Tulisan ini memerlukan waktu sekitar 45 menit😦

  2. jangan lupa rajin olah raga dan jaga kesehatan… karena perusahaan tertentu juga melihat kondisi kesehatan calon pegawainya… semoga sukses, buat yang nulis, yang lagi baca, dan kontesnya.

  3. kita harus mengasah keunggulan kita supaya terlihat “menjual”, cara-caranya ya saya sepakat dengan postingan ini, IPK dan tentu saja softskill

  4. selain berusaha, tentu aja bekerja keras dan bekerja cerdas biar semuanya bisa tercapai. kalo kata bang anies baswedan sih, IP bagus itu cuman kunci pintu pembuka ke tahapan tertentu.. tapi yang paling menentukan yaa kemampuan interpersonalnya

  5. Saleum
    membaca sambil menghisap intisarinya, bagus untuk dijadikan referensi buat saya. semoga artikel ini terpilih di acara ADUKnya blogcamp
    saleum dmilano

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Akin…

    Mencari kerja masa kini sangat sukar kerana persaingan yang banyak. Oleh itu, saya setuju bahawa mempunyai produk unggulan diri menjadi kelebihan bagi seseorang bukan sahaja bagusnya result ijazah tetapi sokongan yang lain juga diutamakan.

    Keyakinan dan percaya diri menjadi sumber utama

    Senang dapat bersama mbak lagi. Semoga berhasil dalam lombanya Pak Dhe, mbak.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

  7. dan bila ternyata kita gagal mendapatkan pekerjaan karena lapangan kerja yang sempit tidak ada salahnya bila kita menciptakan lapangan kerja sendiri yang siapa tahu kedepannya kita bisa memberikan langan pekerjaan buat orang kain…🙂

    selamat berkompetisi kaka semoga menang…🙂

  8. Benar banget kak. Kita harus memiliki keterampilan agar bisa bersaing dengan yang lain. Disamping itu juga perlu usaha keras utk mencapainya diiringi dengan doa kepada Tuhan. Jika masih gagal ya bersabar saja. Belum rejeki mungkin. Btw, semoga menang dalam kontes yang diikuti🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s