Peringatan Pada Kemasan Produk

Peringatan yang terdapat pada kemasan suatu produk, merupakan nasihat atau anjuran yang diberikan oleh pihak produsen kepada pihak konsumen. Hal ini merupakan hak konsumen untuk mendapatkan keamanan saat mengkonsumsi produk tersebut. Biasanya peringatan yang dicantumkan pada label produk berkaitan dengan kesesuaian sasaran produk, efek negatif yang mungkin ditimbulkan oleh produk, ketepatan cara penggunaan produk dan lain-lain.

Produk-produk yang beredar di pasaran, tidak dipungkiri sangat bermanfaat bagi kehidupan konsumen. Misalnya produk makanan yang tersedia untuk bayi hingga orang dewasa. Salah satu contohnya adalah susu. Berbagai jenis susu yang menyehatkan beredar di pasaran, namun tidak semua susu aman dikonsumsi semua usia. Pada kaleng susu kental manis biasanya kita temukan peringatan bahwa susu tersebut tidak cocok untuk bayi. Kandungan gula yang tinggi dan protein yang rendah menjadikan susu kental manis tidak baik untuk kesehatan bayi.

Produk kontroversial dengan kotak peringatan yang cukup jelas pada setiap kemasannya adalah rokok. Beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh rokok ini selalu dicantumkan pada kemasannya sejak beberapa tahun yang lalu. “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”, demikian peringatan yang tertulis disana. Dengan ini diharapkan konsumen dapat memahami bahwa produk rokok ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan kini ada ide untuk menyertakan gambar pada kemasan rokok untuk menyertai kalimat peringatan, misalnya gambar paru-paru yang terserang kanker.

Demi keamanan konsumen, penting sekali adanya peringatan tentang bahaya suatu produk pada kemasannya. Jangan sampai penggunaan produk menjadi salah sasaran, misalnya yang sebenarnya tidak boleh dimakan, malah digunakan untuk bahan makanan. Disamping itu, diharapkan juga para konsumen sendiri memperhatikan setiap produk yang digunakannya. Hendaknya kotak peringatan pada kemasan juga diperhatikan, karena ini demi keamanan dan keselamatannya juga. Namun sering kali konsumen tidak membaca peringatan yang tertera, sehingga dibutuhkan kampanye atau iklan yang lebih banyak lagi dengan kotak peringatan yang lebih jelas agar konsumen jadi lebih ‘melek‘.

__________________

Tulisan ini diikutkan pada ASKAT di BlogCamp🙂

45 thoughts on “Peringatan Pada Kemasan Produk

  1. hanya saja terkadang banyak yang tidak mengindahkan peringatan itu. Soalnya kadang ditulis cuman kecil sih, kayak minum obat misalnya : peringatan obat keras, sesuai dengan resep dokter misalnya.. langsung lebh aja, nggak pake kira-kira..

  2. saya baru denger klo kemasan rokok bakal disertai gambar segala disamping tulisan yang sudah lama ada. Tapi rasanya kurang bijak juga klo itu dilakukan, menurut saya kata2 peringatan di kemasan rokok sudah cukup jelas dan lumayan besar. Tidak mungkin orang2 gak melihatnya, orang2 Indonesia juga tidak bodoh tapi kurang sadar aja😛

  3. Aku ada di sini untuk memberi peringatan. Hahaha…
    Kalo dah rokok yg dibahas pasti tak ada habisnya. Dia bilang ini kita bilang itu.
    Nunggu hidayah aja, :d

  4. Selamat ikut sayembara pak de😉 … semoga menang ya😛

    btw peringagtan bahaya rokok itu hanya ditayangkan oleh tivi sekilas saja – kita gak sempat membacanya …😦

  5. tanggal kadaluarsa juga merupakan pringatan penting suatu kemasan yah mba.
    bisa gaswat kan klo nggak ada batas kadaluarsanya.
    soal rokok, tulisannya peringatannya kecil atau besar nggak ngaruh apalagi yang dah kecanduan.
    alhamdulillah, ayah, kakak, adik dan suami nggak ada yang merokok…

    salam hangat

  6. wah kakaakin ikutan nechh…baru sekali ya ka….smoga sukses di Askatnya Pakdhe…

    kalo saya beli produk yg dicari peringatan tanggal kadaluarsanya dulu…soale pernah kejadian beli susu kemasan siap minum…pas sampe dirumah mau diminum…tau2 isinya belatung semua…..hiyyyy….ngeriii dechh…smpe sekarang msh trauma mau beli susu kayak gitu lagi…….

  7. Salah sasaran ya kak kalo gak ada peringatan. Yang kudunya gak boleh dimakan malah dimakan, yang seharusnya sekian biji malah diminum sekian biji, walaupun ada peringatan juga terkadang suka dilanggar. Contohnya peringatan pada merokok, tetap aja pembelinya merokok…. wakakaka….

  8. kayaknya kalau sudah jadi pecandu mau ada peringatan segimana juga cuek aja, peringatan tinggal peringatan tapi ngerokok jalan terus, akhirnya semua kembali kepada diri masing-masing…..

  9. Saleum
    saya sangat salut pada perokok, karena sudah melihat peringatan akibat merokok dibungkusannya, namun tetap merokok…. salut banget ah🙂
    saleum dmilano

  10. Itulah tujuan di cantumkannya peringatan terhadap efek samping yang akan ditimbulkan jika kita mengkonsumsi salah satu produk tapi dasarnya kembali lagi pada individunya apakah dia mau mengikuti pemberitahuan itu atau malah mengabaikanya

  11. mantab mantab udah mengingatkan.
    saya juga secara reflek suka baca2 kandungan dan peringatan yg ada di kemasan produk konsumsi kemasan (makanan, minuman, obat)

    dan biasanya suka waspada dengan kalimat “monosarium glutamat / MSG”🙄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s