Sup Udang

Mari kita makan-makan lagi!!!😆

Setelah eneg makan daging beberapa waktu lalu, aku mencoba menu yang lain. Kebetulan tanteku beli udang galah, pas benget deh. Udang galah perkilonya di kisaran harga Rp 70.000. Bila makan di rumah makan, bisa-bisa seekor udang yang berukuran lumayan diberi harga Rp 50.000, mahal banget kan… Mending beli mentahnya saja di pasar dan dimasak sendiri di rumah🙂

Kami paling suka bila udang galah dimasak sup. Kuahnya yang segar apalagi bila ditambah perasan jeruk nipis, hmm… bisa nambah terus makannya. Bagian kepala udang yaitu otaknya juga terasa enak banget😀

Karena kami adalah wanita pekerja, jadinya terbiasa memasak yang praktis-praktis aja. Kalo lagi bersemangat ngulek-ngulek, bumbu akan diuleg. Bila lagi malas, bumbu cuma dikeprek atau dirajang saja. Waktu memasaknya juga singkat, GPL deh🙂

Ini dia resep sup udang ala chef Akin😀

Bahan-bahan:

  • ½ kg udang galah, dibersihkan
  • Kentang dan wortel, diiris-iris
  • Sohun secukupnya, direndam air hingga lunak.
  • ± 8 siung bawang putih, diuleg/dicincang halus
  • Garam, gula dan merica secukupnya
  • Daun sop dan daun bawang secukupnya.
  • Air untuk merebus

Cara Membuat :

  • Rebus air hingga mendidih
  • Tumis bawang putih bersama daun bawang. Masukkan ke dalam air yang mendidih.
  • Masukkan udang, daun sop. Tambahkan garam, gula dan merica bubuk. Biarkan ± 15 menit.
  • Rebus wortel dan kentang secara terpisah.
  • Sop udang siap dihidangkan dengan irisan kentang dan wortel serta sohun.

Catatan: lebih enak lagi bila dimakan pedas-pedas, bisa ditambah sambel atau irisan cabe… HOT! Udang jenis lain juga bisa diolah dengan cara yang sama🙂

This is it… Sup Udang Ala Chef Akin…:mrgreen:

Sepertinya kurang menggugah selera😦

Hohoho… Sajikan di piring/mangkok…

Apakah cukup menggugah?:mrgreen:

Hmm… beginilah jadinya bila sebenarnya nggak bisa masak, tapi kepedean nampilin postingan resep masakan😀

Semoga bisa bermanfaat…

Happy Cooking…😀

40 thoughts on “Sup Udang

  1. saya biasanya masak udang hanya digoreng crispy, disambel balado n bikin bakwan…soup belum pernah nyoba…wah jadi pengen nyoba resepnya mbak akin, paling enak selagi hangat ya mbak🙂

  2. Fuih … Udang, Makanan favorit ane.
    Sayangnya di sini cuma seukuran jari manis.Jarang yang gede gitu. Kalopun ada, di pasar itu se-on cuma 4 ribuan.
    Hmmm … tiap liat makanan di sini jadi laper!😆

  3. jujur saya kurang suka udang
    kalau si bungsu paling suka udang goreng tepung atau
    biasanya saya masak di irisin tomat, bawang merah dan putih +irisan kunyit+serai+laos

    makasih tambahan resepnya Kak..pasti si bungsu suka🙂

  4. hai kaka..salam kenal ya..
    baru sempet mampir nih..

    uhh..pertama berkunjung di suguhin udang,jadi laper..
    sst..masih ada kan sup udangnya,kirim donk *ngelunjak baru aja kenal*
    hehhe..

  5. Assalaamu’alaikum Kakaakin..

    Hmmm… resep yang mudah dicoba dan enak dilihat.😀 karena hanya bisa liat aja dari maya. maka tidak bisa dimakan lho mbak.

    Nanti saya coba resepinya. nampak sekali ada bedanya dengan sup udang yang saya selalu masak. nanti saya kongsikan resep saya pula ya Mbak.

    Salam sayang selalu dari saya di sarikei, Sarawak.😀

  6. aku juga suka masak udang goreng mentega kin,sempat beli udang galah 250gr seharga 40 ribu,terus diitung2 cuma dapat 8 potong,berarti 1 potongnya 5000 ya hehehe

    akhirnya sekarang beli udang peci super aja,40 ribu dapat 1 kg kin,lebih puas,bisa masak 5 kali tuh sebulan hihihi😀

  7. Uho~ Uho~ Kalo seafood berkuah saya kurang suka kk, lebih enyak di goreng. Kalo udang sih enakan ebi, dimasak pedas! Cocok u/ cuaca dingin kaya gini, endang is bambang *ngutip tweetnya kk raditya* #plak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s